Aprilio Manganang Rayakan Satu Tahun Dirinya Sebagai Laki-Laki

Aprilio Manganang resmi dinyatakan sebagai laki-laki sejak 9 Maret 2021

Maret ini, tepat satu tahun Aprilio Manganang menjalani hidupnya sebagai laki-laki. Tahun 2021 di bulan yang sama, Aprilio Manganang berhasil melakukan operasi pada saluran kemih (hipospadia) dan resmi berstatus sebagai laki-laki.

Advertisement

Kelainan hipospadia yang dialami Aprilio ini memang tergolong jarang diderita banyak orang. Apalagi Aprilio baru berkesempatan melakukan operasi saat dirinya sudah dewasa. Tidak heran kalau momen perubahan jenis kelamin ini sangat membekas di hatinya.

Aprilio Manganang mengucap syukur atas satu tahun dirinya menjadi laki-laki

Pada Selasa (1/3) lalu, Aprilio mengunggah potret terbaru di laman Instagram pribadinya. Dengan berlatarkan gedung-gedung tinggi, ia berdiri santai sambil mengenakan setelan kaus.

Advertisement

Lewat unggahan itu pula ia mengenang genap satu tahun perjalanan hidupnya sejak dinyatakan sebagai laki-laki. Tidak hanya Aprilio, rekan sahabat dan warganet turut bahagia atas perjalanan mantan atlet timnas voli putri ini dalam menemukan jati diri yang sebenarnya.

“Happy Birthday Aprilio perkasa manganang” hari ini gua genap tahun jalanin status seorang laki-laki semoga semua ada berkatnya,” tulis Aprilia.

Advertisement

Baca konten seputar produk perawatan: Teka-teki di Balik Produk Perawatan Laki-laki dan Perempuan. Gimmick atau Memang Kebutuhan?

Sehari sebelumnya pada Senin (28/2), Aprilio mengunggah potret lawas dirinya saat masih menjadi perempuan. Rambutnya masih tergerai sebahu dan dikucir satu ke belakang. Saat itu ia tengah menghadiri Festival Kota Buah di Tahuna Sulawesi Utara tahun 2011 bersama seorang teman.

Aprilio Manganang selalu canggung saat dulu diharuskan berdandan

Aprilia Manganang resmi jadi laki-laki

Aprilio Manganang resmi jadi laki-laki | Credit: Instagram @manganang92

Saat dirinya masih menjadi perempuan, Aprilio sering merasa kesulitan melakukan beberapa hal yang justru dianggap lumrah bagi kebanyakan perempuan. Seperti memoles makeup, mengenakan gaun saat acara formal, dan memakai high heels.

Dilansir dari Kompas.com, Aprilio sangat tidak terbiasa berdandan. Meskipun saat itu statusnya masih perempuan, ia kerap berpenampilan tomboi seperti laki-laki kebanyakan.

“Pas difoto itu saya kelihatan kaku banget. Kalau anggota Kowad (Korps Wanita Angkatan Darat) yang cewek kan memang wajib makeup saat acara resmi. Sudah lama sekali tidak berdandan seperti itu. Dulu pernah pakai gaun saat peneguhan sidi (baptis), itu pun sudah lama sekali,” kenangnya, dikutip dari Kompas.com.

Namun, Aprilio tetap berusaha profesional saat bekerja. Ia juga sering memakai rok, sepatu high heels setinggi 5 cm, bahkan cara berjalannya pun dituntut harus feminin. Ia sampai harus cedera di pergelangan kaki karena tidak terbiasa memakai sepatu hak tinggi.

“Bayangkan saja, saya sampai cedera ankle karena pakai sepatu high heels. Kan tahu sendiri, basic aku tuh cowok banget, lalu tiba-tiba harus berpenampilan cantik,” kata Aprilia.

TNI AD menemukan kejanggalan saat Aprilio Manganang melakukan pemeriksaan medis perdana

Aprilia Manganang saat menjadi Kowad

Aprilio Manganang saat menjadi Kowad | Credit: Instagram @manganang92

Sejak lahir tahun 1992, Aprilio mengidap hipospadia atau kelainan pada saluran kemih atau uretra dan penis. Karena keterbatasan peralatan medis dan ekonomi keluarga Aprilio, akhirnya ia diputuskan berjenis kelamin perempuan hanya dari penampilan fisik saat itu tanpa ditangani secara medis.

Pada 3 Februari 2021, Aprilio menjalani pemeriksaan medis pertama sebagai prajurit TNI berpangkat serda (sersan dua). Pejabat TNI melihat adanya kejanggalan dalam kondisi fisiknya kemudian menawarkan untuk diperiksa di RSPAD Gatot Subroto.

Hasil dari pemeriksaan di rumah sakit tersebut menunjukkan Aprilio lebih condong ke laki-laki. Hal ini karena kadar testosteron yang identik dengan laki-laki ditemukan lebih tinggi dalam tubuhnya. Kemudian, Aprilio melakukan operasi untuk menangani kondisi hipospadia yang dideritanya.

Jenderal Andika Perkasa yang pada Maret 2021 lalu masih menjabat sebagai KSAD (Kepala Staf Angkatan Darat) resmi menyatakan Aprilio sebagai laki-laki pada konferensi pers (9/3/2021).

Sejak resmi menjadi laki-laki, TNI AD membuka kemungkinan penempatan kerja yang baru untuk Aprilio. Seperti di bagian perbekalan, angkutan, atau kesehatan. Aprilio juga sudah melamar perempuan pilihannya dan resmi bertunangan Januari 2022 lalu.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Writing...

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE