BTS Menang Global Recording Artist of the Year Award IFPI 2 Tahun Berturut-Turut

Jadi artis pertama yang menang dua tahun berturut-turut!

Kembali cetak sejarah, grup idola asal Korea Selatan BTS berhasil memenangkan penghargaan IFPI Global Artist Chart 2021 dengan kategori IFPI Global Recording Artist of the Year Award. Bukan yang pertama, BTS telah membawa pulang dua piala IFPI selama dua tahun berturut-turut dengan kategori yang sama.

Advertisement

International Federation of the Phonographic Industry (IFPI) disebut sebagai organisasi yang mewakili kepentingan industri musik rekaman di seluruh dunia. Ajang penghargaan ini diberikan bagi artis atau grup di seluruh dunia yang berhasil dalam segi musik digital, album fisik, streaming vinyl, hingga karya artis yang berkaitan secara keseluruhan.

Untuk itu, maka tidak heran bila boygrup populer BTS kembali memenangkan piala IFPI untuk kedua kalinya. Bahkan, boygrup yang beranggotakan tujuh orang ini menjadi idol K-Pop pertama yang berhasil mencetak sejarah baru dalam memboyong penghargaan piala IFPI.

Bawa pulang piala IFPI, begini pencapaian yang diraih oleh BTS

Idol Grup BTS

BTS raih banyak pencapaian | Credit: @bts.bighitofficial via Instagram

Bukan hal asing lagi tentunya bila nama BTS sering terlihat dalam berbagai chart musik, tak terkecuali Chart Artist Global IFPI yang berhasil memasuki tangga lagu Billboard #2 Hot 100 pada tahun 2018. Selain itu, lagu “Butter” yang rilis pada Mei 2021 berhasil menempati urutan #1 selama tujuh pekan berturut-turut.

Advertisement

Masih dengan “Butter“, CD “Butter” yang dirilis oleh BTS juga berhasil puncaki tangga lagu akhir tahun Gaon dan menjadi kali keenam BTS dalam menempati posisi tersebut secara berturut-turut.

Tak berhenti sampai di situ, lagu “Permission to Dance” juga sempat debut di Billboard #1 Hot 100 dan digantikan dengan “My Universe” yang rilis pada bulan September lalu. Serta, album Jepang mereka yang berjudul “BTS, The Best” berhasil puncaki Year End Album Chart Oricon dan menjadi album non-Jepang pertama yang berhasil mencapai posisi tersebut sejak 37 tahun terakhir.

Tunjukkan daya tarik global, menjadikan BTS mampu duduki peringkat pertama

Advertisement

Melalui akun Instagram resminya, IFPI mengumumkan bahwa BTS memenangkan posisi pertama setelah mampu mengalahkan berbagai artis global lainnya.

Seperti pada posisi kedua diduduki oleh Taylor Swift, lalu menyusul Adele, Drake, Ed Sheeran, The Weeknd, Billie Eilish, Justin Bieber, SEVENTEEN, dan Olivia Rodrigo.

Chief Executive IFPI, Frances Moore mengatakan bahwa kesuksesan BTS selama setahun terakhir adalah bukti kreativitas dan kerja keras mereka dalam dunia musik. Apalagi BTS tampil dengan tiga bahasa sehingga membuat mereka menarik perhatian global.

“Kesuksesan fenomenal BTS selama setahun terakhir adalah bukti kreativitas, kerja keras, dan komitmen berkelanjutan mereka untuk terus menemukan cara membawa musik mereka ke dunia. Dengan tampil dalam tiga bahasa yang berbeda, mereka menunjukkan daya tarik global yang luar biasa unik, telah membantu menjadikan artis pertama dalam sejarah yang menduduki puncak Chart Artist Global dalam dua tahun berturut-turut,” ungkapnya.

BTS ucapkan terima kasih kepada para penggemar

Tangkapan layar pidato kemenangan BTS dalam IFPI

Tangkapan layar pidato kemenangan BTS | Credit: @ifpi_org via Instagram

Akun instagram IFPI @ifpi_org juga mengunggah video pidato kemenangan BTS yang berhasil mendapatkan penghargaan IFPI Global Recording Artis of the Year selama dua tahun berturut-turut. Video yang menampilkan tujuh anggota BTS tersebut terlihat mengenakan setelan berwarna putih dengan piala yang dibawa oleh Jungkook, maknae BTS.

“Kami benar-benar merasa terhormat menerima IFPI Global Recording Artist of the Year Award 2021. Kami mendengar ini pertama kalinya artis menerima penghargaan ini dua tahun berturut-turut. Kami sangat bersyukur dan terima kasih semuanya dan terutama ARMY,” ucap RM, leader grup BTS.

Wah, BTS keren banget ya, Sobat Hipwee! Selamat untuk BTS~

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Penikmat buku dan perjalanan

CLOSE