Kerap Dinyinyiri Sejak Jadi Ibu, Fitri Tropica Punya Cara Unik untuk Bungkam Komentar Usil

Cara Fitri Tropica jawab nyinyiran

Stigma buruk sering kali dialamatkan pada ibu-ibu Indonesia. Mulai dari cara melahirkan sampai pola pengsuhannya kerap menuai cibiran dan komentar usil. Bahkan mereka sampai ditunding belum menjadi ibu seutuhnya gara-gara hal sepele. Anggapan miring seperti itu nyatanya nggak cuma menimpa ibu-ibu dari kalangan biasa lo. Figur publik yang sudah menjadi ibu pun tak luput dari komentar buruk dan hujatan.

Advertisement

Seperti yang kerap dialami Fitri Tropica. Semenjak melahirkan Sada Amina Hanara, ia sering dinyinyiri warganet maupun orang-orang di sekitarnya. Lantaran terus-menerus menerima komentar usil, ia pun mencurahkan isi hatinya selama ini. Berbeda dengan artis lain yang biasanya menegur dan menyebut langsung pelaku (call-out) di media sosial, ia justru memilih cara yang unik. Namun, ‘sentilannya’ itu tetap mengena.

Bungkam komentar menjengkelkan perihal pola asuh dan cara melahirkan, Fitri Tropica pakai lagu “Welcome to Indonesia” yang tengah nge-tren

Fitrop, panggilan akrab Fitri Tropica, mengunggah video di Instagram baru-baru ini. Lewat video itu, ia mengubah sedikit lagu “Welcome to Indonesia” yang tengah populer di kalangan pengguna media sosial. Dengan kreativitasnya, ia mencurahkan pengalaman menjadi ibu di Indonesia. Alih-alih mendapatkan dukungan, ia malah menerima banyak cibiran soal perannya sebagai ibu selama ini. Pola asuh dan proses melahirkannya selalu salah di mata orang lain.

Advertisement

Welcome to motherhood di Indonesia, BB dan milestone anak jadi urusan tetangga. Berat berapa? Udah bisa apa?? Dah bisa nyobek Indomie apa nggak?” ujar Fitrop, Senin (5/7).

Selain ngomongin berat badan anak yang sering dipermasalahkan orang lain, Fitrop juga menyinggung soal proses melahirkan. Persalinan normal dan caesar menjadi perdebatan panjang. Sebagian besar orang masih menilai kalau persalinan normal lebih ‘mulai’ ketimbang persalinn  caesar. Sampai-sampai muncul anggapan, ibu yang melahirkan secara caesar belum bisa dianggap sebagai ibu seutuhnya.

Advertisement

Welcome to motherhood di Indonesia. Cara lahirin anak dan asuh anak jadi penanda… caesar, sufor dibantu ncus tuh katanya belum bisa dibilang ibu yang seutuhnya,” lanjut Fitrop.

Pemberian susu formula (sufor) pada anak pun menjadi salah satu bahan empuk untuk menghujat dan memberikan komentar buruk. Seolah ibu bersikap jahat karena tak memberikan ASI. Padahal banyak faktor di balik pemberian susu formula yang bisa jadi tak diketahui orang lain. Misalnya, lemungkinan air susu sang ibu tidak bisa keluar atau anak mengalami alergi. Semua tudingan miring tersebut menjadi keresahan Fitrop. Apalagi bukan cuma dirinya saja, banyak ibu di luar sana juga mengalaminya.

Lewat cara unik itu, Fitri Tropica berharap bisa mewakili suara hati ibu-ibu

Menyadari ibu-ibu lain punya nasib yang sama, Fitri Tropica berharap lagu tersebut mewakili suara hati mereka. Melalui lagu itu,  ia berusaha menyuarakan betapa susahnya jadi ibu di Indonesia dengan segala stigma buruk yang menyertainya. Selain mengunggah lagu, Fitrop menegaskan ia tetap menyayangi anaknya dan tetap menjadi ibu seutuhnya, meski ia melahirkan secara caesar dan merawat anak dengan bantuan tenaga pengasuh.

“Ini adalah sebuah nyanyian syahdu para mamah centhyl se-indonesia.. semoga cukup mewakili raungan hati kita semua ya.. Aku mamanya Sada, melahirkan caesar, masih asi dan pake bantuan nanny, tapi aku sayang anakku sepenuh hati dan aku tetap seorang ibu seutuhnya,” terang Fitrop.

Dalam sekejap setelah diunggah, video Fitrop pun banjir dukungan. Tampak beberapa artis menyatakan persetujuan seperti Ryana Dea, Annisa Azizah, Cut Meyriska sampai Sharena Delon. Bahkan ibu-ibu yang lain pun membagikan pengalaman serupa di kolom komentar. Apa yag diungkapkan Fitrop benar-benar mewakili raungan hati mereka.

“Sad but true 💔,” tulis Ryana Dea.

“Benerrrrr bangettt 😭😭😭😭,” ungkap Cut Meyriska.

“Aku mamanya Naira, aku kerja dan nitipin anak ku ke pengasuh. Ketemu anak cuma beberapa jam sehari. Tapi aku sayang anakku sepenuh hati ❤️ love teteh dan sadaaa 😘,” komentar akun@agustina.har***

“😂😂😂😂😂 terimakasih karena memanjakan gendang telingaku dipagi ini mama Sada .. liriknya sungguh mewakili raungan sanubariku ..,” tulis akun @andilulu.u***

“mewakili bgt bun 🔥👏😂.” Sipaa yang sepakat juga dengan akun @asyra.fun*** ini?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE