Menilik Cara Kerja Dispatch sebelum Rilis Berita. Apakah Semua Informasi Bisa Dipercaya?

cara kerja dispatch

Dispatch belakangan sering terdengar dan familier di telinga publik. Terlebih ketika membongkar hubungan asmara antara aktor Kim Seon-ho dan mantan pacarnya, Choi Young-ah. Jika sebelumnya kabar tak mengenakkan diarahkan kepada sang aktor atas tudingan kasus gaslighting, beberapa hari setelah agensi memberikan klarifikasi, Dispatch justru turun tangan. Mereka mengungkap bahwa pernyataan tudingan Choi Young-ah nggak sesuai dengan fakta sebenarnya.

Rilis yang dilakukan Dispatch langsung menjadi trending, nggak sedikit warganet berterima kasih atas peran media Korea Selatan ini. Pasalnya, saat isu yang beredar hanya dari satu sisi, Dispatch keluar dengan informasi yang lain. Pengaruhnya yang begitu besar hingga mampu mengubah perspektif seseorang membuat banyak yang akhirnya bertanya,

Siapa sih sebenarnya Dispatch? Kok mereka bisa setenar sekarang hingga mengungkap kasus yang sebelumnya nggak tercium oleh publik?

Nah, untuk menjawabnya, Hipwee Premium akan memberikan ulasan mengenai media yang dinilai kontroversial, tetapi juga punya andil berarti. Yuk, langsung simak selengkapnya!

Dispatch adalah media Korea yang fokus pada pemberitaan selebritas. Mereka nggak segan untuk mengungkap skandal yang bikin geger industri hiburan

Ketenaran Dispatch | Credit: Hipwee

Dispatch awalnya didirikan oleh mantan reporter media Sport Seoul. Mereka dikatakan ingin berinovasi tanpa harus dibatasi. Media ini dikenal sebagai media pertama di Negeri Ginseng yang menggunakan sistem paparazi untuk meliput. Sebelumnya, cara kerja seperti ini sudah lebih dulu diterapkan dalam dunia selebritas khas Amerika.

Rilis pertama Dispatch dengan foto paparazinya disebarkan ke publik pada 1 Januari 2008, di mana aktris Hyun Young dan Kim Jong-min tertangkap saat kencan pertama. Reporter Dispatch bahkan melaporkan bahwa pasangan itu sangat ketakutan ketika diliput secara mendadak. Kim Jong-min sempat melempar kamera wartawan yang menangkap potret dirinya.

“Saya melihat video paparazi Britney Spears memanggil ‘Hai Spears!’ saat itu Britney melambaikan tangan dan berpose untuk kamera. Ini memberi saya ide untuk mendekati selebritas. Lalu, saya datang ke mobil Hyun Young dan Kim Jong-min yang tengah menikmati kencan mereka. Saya mengetuk dan bertanya ‘Apa kalian berdua benar-benar ada hubungan?’ Di saat itu saya merasa seperti seorang penyelidik Kantor Kejaksaan,” beber seorang reporter Dispatch dikutip dari Koreaboo

Tindakan semacam itu tentu nggak diterima, Dispatch kemudian mengubah cara kerjanya untuk lebih profesional

Dispatch tetap mempertahankan cara mereka menguntit artis ke tempat tertentu. Agen-agen Dispatch ini bekerja layaknya detektif yang mengamati perilaku para artis. Namun, kini mereka lebih berhati-hati dengan melakukan pemantuan dari jarak jauh. Ketika selebritas melakukan hal-hal yang mencurigakan, kamera yang dibawa pun langsung siap membidik dan menangkap gambar. Namun, bukan berarti mereka selalu mendapat potret yang baik, ada kalanya agen ini juga pulang tanpa hasil lantaran artis yang diikuti bersih dari skandal apa pun.

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini