Foto di Bar Beredar, dr. Tirta Dikritik karena Langgar Omongannya Sendiri. Akhirnya Beri Klarifikasi

dr. Tirta nongkrong Holywings

Masih ingat masalah yang ditimbulkan Indira Kalistha pada Mei silam? Di depan publik, YouTuber terkenal ini mengaku kalau dia nggak memakai masker untuk mencegah virus corona. Bahkan dia mengabaikan physical distancing dan pergi ke acara perpisahan McD Sarinah. Indira pun mendapat teguran keras dari mana-mana, termasuk dari dr. Tirta. Didampingi oleh dr. Tirta, akhirnya Indira meminta maaf di depan publik.

Advertisement

Baru sekitar sebulan sejak kejadian itu, muncul kabar lain yang nggak kalah kontroversial. Kali ini justru melibatkan dr. Tirta. Gara-gara suatu foto, pandangan masyarakat padanya langsung berubah. Berikut ini selengkapnya.

Di tengah pandemi, beredar foto dr. Tirta yang sedang nongkrong di Holywings Indonesia. Padahal dia sering mengingatkan aturan physical distancing

dr. Tirta di Holywings via www.instagram.com

Pada Jumat (12/6), akun Instagram Holywings mengunggah foto dr. Tirta yang sedang berkunjung ke bar sekaligus restoran tersebut. Dia berangkulan dengan dua lelaki lainnya. Holywings menambahkan caption yang menimbulkan salah paham, seolah dr. Tirta datang ke sana untuk nongkrong. Menanggapi unggahan tersebut, warganet terheran-heran dan melontarkan kritik pada dr. Tirta. Apalagi dia sering mengingatkan aturan seputar physical distancing, jadi perbuatannya seolah berlawanan dengan perkataannya sendiri.

Akhirnya, pihak Holywings memberi klarifikasi yang diunggah ulang oleh dr. Tirta. Ternyata saat itu dia sedang melakukan proyek kolaborasi masker

Advertisement

Gara-gara masalah ini, nama dr. Tirta sempat menjadi trending topic di Twitter. Akhirnya pihak Holywings memberi klarifikasi pada Minggu (14/6). Mereka memberitahu kalau dr. Tirta datang ke Holywings untuk mempromosikan proyek masker, tentunya dengan mengikuti protokol new normal. Pihak Holywings juga meminta maaf karena telah menimbulkan kesalahpahaman.

Klarifikasi Holywings diunggah ulang oleh dr. Tirta di akunnya. Tetapi, sejumlah orang menyayangkan keterlambatan sikap tersebut. Apalagi, sebelumnya dr. Tirta malah berkata kalau nggak semua hal membutuhkan klarifikasi darinya. Padahal masalah ini begitu sensitif, sebab bisa muncul anggapan kalau aktivis kesehatan telah melanggar protokol Covid-19 dengan sengaja.

Tanggapan dr. Tirta via www.instagram.com

Sejumlah orang mengaku kecewa dengan tindakan dr. Tirta yang terkesan ambigu. Salah satunya adalah Reza Arap yang menyampaikan kritik panjang

Advertisement

Teguran dari Reza Arap via twitter.com

Arap berpendapat, seharusnya bukan dr. Tirta yang mempromosikan proyek itu secara langsung di Holywings. Sebab, sikap tersebut bisa merusak integritasnya sendiri karena dianggap telah melanggar physical distancing. Arap khawatir masalah ini bisa membuat pendapat dr. Tirta nggak didengarkan lagi kalau dia berbicara tentang protokol kesehatan.

Semoga setelah ini, dr. Tirta dan para aktivis di dunia medis lainnya bisa lebih berhati-hati. Pandemi di Indonesia masih mengkhawatirkan, jangan sampai mereka memberi contoh yang keliru pada masyarakat.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Tinggal di hutan dan suka makan bambu

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE