Ernest Prakasa Sindir Aturan Karantina untuk Anggota Dewan dan Menteri

Ernest Prakasa sindir aturan karantina

Publik belakangan dihebohkan dengan pemberitaan Mulan Jameela dan Ahmad Dhani yang diperbolehkan karantina mandiri. Padahal diketahui keluarga mereka baru saja pulang dari Turki. Dugaan pelanggaran sempat muncul saat pegiat media sosial, Adam Deni menunjukkan foto yang memperlihatkan Dhani dan Mulan berkunjung ke mal.

Advertisement

Meski dibantah oleh tim pengacara mereka, publik sudah terlanjur mempertanyakan bagiamana aturan yang berlaku jika keluarga ini bisa karantina di rumah. Menurut laporan BNPB, pengecualian karantina diberikan kepada pejabat yang pulang dari luar negeri, termasuk anggota DPR dan menteri.

Menanggapi ketentuan tersebut, Ernest Prakasa memberikan sindiran dengan gaya satirenya

Komika Ernest Prakasa menanggapi aturan mengenai anggota DPR yang nggak wajib melakukan karantina di hotel atau wisma atlet usai dari luar negeri. Sentilan Ernest diutarakan melalui laman Instagramnya.

Advertisement

Ia mempertanyakan mengapa ada perbedaan pejabat publik melakukan karantina mandiri, sementara masyarakat umum masih diwajibkan menjalani karantina di hotel atau wisma atlet.

“Terima kasih buat pemerintah yang sudah membebaskan para menteri dan anggota DPR yang mau jalan-jalan ke luar negeri kalau pulang tidak perlu karantina,” kata Ernest Prakasa dalam video yang diunggah melalui akun Instagramnya, Selasa (14/12).

Advertisement

Sindiran video berdurasi 38 detik tersebut telah disukai lebih dari 97 ribu pengguna. Bintang film Ngenest dan Susah Sinyal itu mengingatkan ancaman varian baru Omicron yang melanda sejumlah negara. Ia pun menyinggung soal previlese bagi pejabat yang dibedakan dari masyarakat biasa.

“Jadi dengan demikian semoga kita tidak tertinggal lagi, karena selama ini luar negeri lagi banyak varian Omicron. Masa di Indonesia nggak ada? Malu harga diri kita sebagai bangsa. Negara lain punya, kita nggak punya, coba,” tuturnya.

Sindiran Ernest ditanggapi beragam oleh warganet, ia dinilai berani tapi sesuai dengan yang terjadi di Indonesia

Kritik Ernest direspons beragam oleh warganet, ada yang setuju dengan kritik tersebut. Namun, di sisi lain mereka mengaku khawatir lantaran selama ini Ernest Prakasa aktif menyentil kebijakan pemerintah.

“Ko, kadang Koko yang komen, aku deg-degan. Kok berani banget sih ko. Ndak takut besok ilang kok. But Koko you are my hero. Thank you sudah berani menyuarakan uneg-uneg, sehat terus Ko,” komentar warganet.

“Sedih ya, padahal sekarang saya sedang dikarantina,” sambung yang lain.

“Setuju koh, semoga di sini juga ada Omicron ya. Terus yang bawa pejabat biar prestasinya keliatan,” sindir yang lain.

Diketahui aturan karantina mandiri di rumah menurut Juru bicara Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito, dijelaskan pejabat setingkat eselon 1 ke atas diperbolehkan menjalani karantina mandiri di rumah usai berpergian ke luar negeri. Namun, aturan berbeda disampaikan Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) RI Dante Saksono menegaskan selama ini tak ada ketentuan pejabat diperkenankan menjalani karantina di rumah selepas dari luar negeri.

Unggahan Ernest ini pun diharapkan bisa menjadi pembelajaran bagi pemerintah untuk menerapkan aturan yang lebih adil.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE