Berhati Baik, Deretan Idol K-Pop Ini Dukung Palestina lewat Berbagai Cara!

Idol K-Pop yang Dukung Palestina

Kondisi kemanusiaan di Gaza, Palestina kian memprihatinkan dari hari ke hari akibat serangan tidak manusiawi dan bombardir terus menerus dari Israel. Total korban per 10 Juni ini bahkan mencapai 37.084 yang mayoritas adalah ibu dan anak-anak.

Perhatian dunia pun kini tertuju pada Palestina yang telah mengalami penindasan lebih dari 75 tahun oleh aktivitas Pendudukan Israel. Mulai dari menaikkan hashtag di media sosial untuk meningkatkan awareness, boikot produk yang diketahui mendukung genosida, hingga menggaungkan aksi blackout terhadap artis, selebriti, influencer, hingga Idol K-Pop pun tak luput dilakukan oleh masyarakat dunia.

Bahkan kini para fans K-Pop pun sibuk mengedukasi dan menuntut agar idolanya speak up tentang Palestina hingga akhirnya usaha tersebut membuahkan hasil.

Sekarang beberapa idol atau penyanyi K-Pop pun satu per satu mulai menaikkan awareness bahkan melakukan donasi untuk penduduk Palestina. Siapa saja mereka?

ADVERTISEMENT

1. Suho EXO, Kwon Eunbi, Chuu LOONA dan sejumlah artis berpartisipasi dalam acara tahunan Green Heart Bazaar

idol kpop yang mendukung palestina

Suho EXO mengajak semua orang untuk berpartisipasi dalam acara amal yang hasilnya disumbangkan ke Palestina

Suho EXO, Kwon Eunbi, Chuu LOONA, S.E.S, dan artis Korea lainnya diketahui berpartisipasi dalam acara tahunan Green Heart Bazaar ke-12 yang menurut jadwal telah diselenggarakan di Taman Olahraga Songjeong, Seongdong-gu pada 11 Mei lalu.

Hasil dari acara tersebut seperti makanan, minuman, perlengkapan kesehatan, dan kebutuhan sanitasi khususnya untuk anak-anak serta wanita akan disalurkan melalui lembaga resmi UNICEF Gaza Strip Emergency Relief Campaign.

Suho EXO sendiri bahkan diketahui menyumbangkan barang pribadinya untuk membantu anak-anak di jalur Gaza dan mengirim sebuah video pendek berisi kepeduliannya terhadap Palestina.

ADVERTISEMENT

2. Jongho ATEEZ ucapkan terima kasih pada fans yang menggalang dana untuk Palestina

idol kpop yang terang terangan dukung palestina

Jongho ATEZZ dalam sesi face-talk bersama penggemarnya | via: @MOATINY

Baru-baru ini dalam sesi face-talk, seorang penggemar ATEEZ memberitahu Jongho bahwa dirinya dan kawan-kawan lainnya berhasil mengumpulkan sejumlah dana untuk disumbangkan ke Palestine.

Fans asal Indonesia itu pun kemudian meminta Jongho untuk menunjukkan dukungannya terhadap aksi yang mereka lakukan. Mendengar permintaan tersebut, Jongho mengucapkan terima kasih karena telah melakukan hal tersebut.

ADVERTISEMENT

3. Jung Jinhyeong terang-terangan repost “All Eys on Rafah” di Instagram Story miliknya

idol korea yang support palestina

“All Eyes on Rafah” repost oleh Jung Jinhyeong

Mantan penyanyi YG Entertainment, Jung Jinhyeong yang kini aktif bersolo karir juga tak tinggal diam. Meskipun dirinya aktif sebagai penyanyi solo dan kemungkinan mendapat konsekuensi atas tindakan tersebut, akan tetapi Jinheyong tidak menutup mata untuk menujukkan dukungannya pada Palestina.

Dalam sebuah kesempatan, akun Instagram pribadinya @jey.pov diketahui me-repost story “All Eyes on Rafah” yang beberapa hari lalu trending dan menjadi perbincangan dunia akibat pembantaian keji yang dilakukan oleh Israel terhadap Rafah, perbatasan Palestina dengan Mesir.

ADVERTISEMENT

4. Usai diedukasi oleh fans, Joonie ICHILLIN’ mantap untuk tidak membeli produk-produk yang diboikot saat ini

penyanyi kpop yang dukung palestina

Joonie sepertinya sadar akan peringatan fansnya | via: @CakRedi

Hampir seluruh fans dari berbagai grup K-Pop kini tengah beramai-ramai memberikan edukasi bagi idolanya untuk tidak menggunakan atau pun mengonsumsi produk yang sedang diboikot. Hal ini yang juga dilakukan oleh fans ICHILLIN’.

Dalam sebuah teks percakapan di Bubble, member ICHILLIN’ yakni Joonie menuliskan secara terang-terangan “Im sorry I won’t buy from there thanks for letting me know” 

“Maafkan aku, aku tidak akan membeli dari sana lagi, terima kasih karena telah memberitahuku”. Bahkan usai peringatan tersebut, Joonie

ADVERTISEMENT

5. BM Kard minta fans dan semua orang untuk mendoakan mereka yang jadi korban di Gaza, Palestina lewat X

BM Kard peduli pada palestina

BM Kard pun mengajak fans dan semua orang mendoakan orang-orang di Gaza

Big Matthew atau yang dikenal dengan nama panggung BM Kard diketahui menunjukkan dukungan dan harapannya pada Gaza lebih dulu sejak 19 Oktober 2023 atas serangan yang dilancarkan Israel ke Palestina sejak awal bulan tersebut.

Dalam tweet miliknya, BM Kard mengatakan “While Im able to celebrate another birthday, there are too many innocent people in Gaza losing that privilege. Please pray for all the lives lost and lives desperately seeking an end to this.”

Cuitan tersebut jika diterjemahkan berbunyi Meskipun saya bisa merayakan ulang tahun lagi, ada terlalu banyak orang tak berdosa di Gaza yang kehilangan hak istimewa tersebut. Mohon doakan semua nyawa yang hilang dan mereka yang mati-matian berharap ini berakhir”

ADVERTISEMENT

6. Hyunny, Kim, dan Suyeon VVUP diketahui belum lama ini memberikan like pada fan letter yang update tentang Palestina

idol kpop tunjukkan dukungan pada palestina diam diam

Beginilah cara tiga member VVUP mendukung Palestina

Hyunny, Kim, dan Suyeon yang diketahui sebagai member grup K-Pop pendatang baru yakni VVUP rupanya memberikan like pada fan letter yang berisi dukungan para penggemar terhadap Palestina.

Meskipun hanya like, akan tetapi sebagai fans dari grup baru, para penggemar menyatakan kebanggan terhadap mereka yang tidak takut untuk turut berpartisipasi memberikan dukungan lewat fitur tersebut.

Ternyata nggak semua idol K-Pop itu tone deaf, ya, masih banyak yang juga ikut menyuarakan kepedulian mereka hanya saja terhalang oleh agensi sehingga tidak dapat turut memberikan dukungan secara terang-terangan.

Semoga dengan adanya edukasi dari fans, para idol dan seluruh artis di dunia ini mau menggunakan platform mereka untuk lebih peduli pada isu-isu kemanusiaan seperti ini ya, apalagi pada kasus genosida yang sudah tidak manusiawi.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis