Imbas Dugaan KDRT, Rizky Billar Diberhentikan dari Host Acara Dangdut

Baru-baru ini, publik Tanah Air digemparkan dengan kabar dugaan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) yang menimpa pasangan selebritas Rizky Billar pada sang istri Lesti Kejora. Kabar tersebut memicu beragam respons publik dari yang mengecam Rizky Billar hingga dukungan untuk Lesti Kejora.

Advertisement

Sebelumnya, diketahui Rizky Billar merupakan salah satu pembawa acara dalam ajang pencarian bakat Dangdut Academy 5 (DA5). Indosiar selaku stasiun televisi penyelenggara DA5 memberikan mengambil langkah tegas yang mengacu pada keputusan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) yang meminta menutup ruang publik bagi pelaku KDRT.

Pemberhentian Rizky Billar diumumkan secara resmi saat siaran langsung DA5

Pengumuman pemberhentian Rizky Billar tersebut diumumkan melalui siaran langsung DA5 pada Selasa (4/10) malam. Indosiar juga mengajak masyarakat Indonesia untuk berani angkat bicara terhadap segala bentuk kekerasan. Hal tersebut diungkap oleh Ruben Onsu sebagai salah satu pembawa acara.

Advertisement

“Kami mau mengajak semua masyarakat Indonesia untuk berani speak up dan menolak terhadap segala bentuk kekerasan dalam rumah tangga,” ucap Ruben Onsu, dinukil dari video Indosiar.

Sebagai stasiun televisi yang diawasi oleh KPI, Indosiar mengambil langkah tegas terhadap dugaan KDRT yang dilakukan Rizky Billar. Apalagi KPI mengeluarkan aturan untuk menutup ruang bagi pelaku KDRT untuk tampil di televisi dan radio.

Advertisement

Pengumuman tentang pemberhentian Rizky Billar akhirnya disampaikan oleh Irfan Hakim sekaligus sebagai upaya Indosiar untuk menjawab pertanyaan warganet terkait keikutsertaan Rizky Billar sebagai salah satu pembawa acara DA5.

“Indosiar menjawab pertanyaan netizen sekaligus mengambil keputusan. Dengan ini kami umumkan bahwa mulai malam ini Rizky Billar tidak lagi menjadi Dangdut  Academy,” ujar Irfan Hakim.

Indosiar menyuarakan #KamiBersamaLesti

Rizky Billar Dangdut Akademi

Lesti Kojora di Dangdut Akademi 5 | Foto dari Instagram Lesti Kejora

Langkah tegas Indosiar yang memberhentikan Rizky Billar sebagai pembawa acara DA5 tersebut sebenarnya merupakan bentuk dukungan terhadap Lesti Kejora sebagai korban yang mengalami dugaan KDRT oleh Rizky Billar. Apalagi diketahui Lesti Kejora merupakan salah satu jebolan DA musim pertama.

Karier Lesti Kejora yang terus melejit usai menjuarai ajang pencarian bakat tersebut pun akhirnya membawa pelantun lagu Sekali Seumur Hidup ini menjadi juri di DA5. Bahkan, sampai saat ini ajang pencarian bakat tersebut masih berlangsung. Indosiar juga mengajak permisanya untuk menyuarakan #KamiBersamaLesti sekaligus sebagai upaya dukungan terhadap para koran KDRT di luar sana.

Sejak Lesti Kejora melapor ke polisi pada Rabu (28/9) akibat tindak kekerasan berupa dicekik, hingga dibanting oleh Rizky Billar, memang menuai berbagai dukungan dari publik untuk Lesti. Apalagi hingga saat ini pihak Rizky Billar belum angkat bicara untuk memberikan keterangan soal dugaan KDRT tersebut.

Sementara itu, sejak menerima laporan dari Lesti, dan menerima bukti hasil visum, polisi sudah melakukan langkah penyidikan mulai dari olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) hingga melayangkan panggilan pemeriksaan terhadap Rizky Billar yang rencananya akan dilakukan pada Kamis (6/10).

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

CLOSE