Jadi Korban Begal Pantat, Model Amalia Tambunan Kejar dan Tangkap Pelaku

Kasus pelecehan seksual memang sangat meresahkan, apalagi banyak pelaku pelecehan yang bekeliaran di jalan dan nggak peduli di tempat sepi maupun keramaian sekalipun. Seperti yang baru saja dialami oleh model dan presenter Amalia Tambunan, yang baru saja jadi korban pelecehan seksual saat ia baru pulang syuting.

Advertisement

Amalia Tambunan kena begal pantat di Bandung saat ia dalam perjalanan membonceng motor. Meski syok dan panik Amalia dan temannya bersaha mengejar pelaku hingga tertangkap, kemudian menyerahkan mereka Polsek terdekat. Aksi Amalia sebagai korban pelecehan itu pun jadi sorotan, lantaran berhasil meringkus pelaku yang sangat meresahkan.

Kronologi kejadian saat Amalia Tambunan kena begal pantat hingga berhasil menangkapnya

Amalia Tambunan pelecehan seksual

Tangkapan layar penampakan pelaku dan kronologi kejadian | Sumber higlight Instagram Story Amalia

Kejadian nahas yang menimpa Amalia Tambunan itu diungkapnya sendiri melalui unggahan di Instagram Story sejak Rabu (11/1) malam. Ia mengungkap baru saja menjadi korban pelecehan, bokongnya diremas dari samping. Peristiwa itu terjadi saat ia pulang syuting sebuah program untuk promosi wisata Bandung.

Saat itu, Amalia dijemput kekasihnya dengan mengendarai motor, untuk pergi makan malam bersama sebelum Amalia kembali ke hotel bersama timnya. Namun, nahas saat melintas di depan Rumah Sakit Santosa sekitar pukul 21.00, ada dua orang mengendarai motor dengan berboncengan, kemudian salah satunya meremas bokong Amalia.

Advertisement

“Pukul 21.00 swaktu lewat di depan RS Santosa, dua orang dengan motor plat D 2879 UDP mepet motor kami, padahal jalanan dalam keadaan sedikit lowong dan salah satu dari mereka meremas bokong saya dan kabur,” tulis Amalia dalam keterangan di Instagram Story.

Sesaat setelah kejadian, Amalia yang masih syok dam diliputi amarah, kemudian mengejar pelaku. Beruntung banyak warga di jalan saat itu yang membantunya mengejar. Amalia dibuat makin kesal karena pelaku sempat mengacungkan jari tengah saat masih dalam proses pengejaran. Dari video yang Amalia unggah, memang terlihat proses pengejaran pelaku, plat nomor kendaraan juga terlihat jelas.

Bahkan, di motor pelaku juga terdapat Alkohol diduga mereka minum sebelum aksi pelecehan tersebut. Hingga akhirnya, Amalia dan sang kekasih, serta dibantu warga berhasil menangkap pelaku di kawasan Dago Atas, dekat ITB.

Advertisement

Amalia Tambunan dibuat kesal karena pelaku sempat tak mau mengaku dan menutupi identitas mereka

Amalia Tambunan

Potret Amalia Tambunan | Foto dari Isntagram Amalia

Setelah berhasil tertangkap, pelaku kemudian dibawa ke Polsek Andir, tak jauh dari lokasi pelecehan. Awalnya, kedua pelaku sempat tak mengakui perbuatannya. Namun, Amalia mengungkap bahwa ia memiliki video barang bukti, hingga akhirnya kedua pelaku mau mengaku.

Amalia juga dibuat kesal karena pelaku sempat menutupi identitasnya. Awalnya mereka mengaku anak TNI, kemudian mengaku orang tua sudah meninggal, serta nggak bisa baca dan tulis. Setelah melalui proses pemeriksaan akhirnya diketahui identitas pelaku, dan mereka kedapatan berbohong. Mereka bukan anak TNI, kedua orang tua masih hidup, bahkan salah satunya sudah memiliki istri yang tengah hamil. Akhirnya keluarga kedua pelaku dipanggil ke Polsek Andir.

Melansir dari DetikNews, Kapolsek Andir Kompol Tahir Muhiddin juga telah membenarkan adanya kejadian tersebut. Namun, telah diselesaikan secara kekeluargaan. Pihak Amalia selaku korban hanya minta pelaku untuk minta maaf atas perbuatannya dan berjanji tak mengulangi perbuatannya dengan menandatangani surat penyataan bermaterai.

“Hanya meminta pelaku itu minta maaf, jadi sudah selesai secara kekeluargaan,” kata Tahir, dinukil dari DetikNews.

Amalia Tambunan mengimbau perempuan untuk lebih berhati-hati dan tetap berani speak up bila jadi korban pelecehan

Amalia Tambunan

Tangkapan layar pesan Amalia | Sumber Instagram Story Amalia

Meski sempat syok dan panik, apalagi terbawa emosi, tapi Amalia mengaku kondisinya saat ini sudah baik-baik saja. Kejadian yang menimpa Amalia memang bukan pertama kalinya, bahkan sedang marak terjadi nggak hanya di Bandung, tapi juga di daerah lain. Amalia juga mengingatkan para perempuan untuk selalu berhati-hati kapanpun dan dalam situasi apapun.

“Hati-hati buat teman-teman terutama yang perempuan. Mau siang atau malam, sendiri atau ada yang menemani, manusia-manusia bangs*t, penjahat seksual itu ada dimana-mana,” tulis Amalia dalam unggahan Instagram Story miliknya.

Keberanian Amalia yang langsung bisa mengondisikan dirinya sesaat kejadian pelecehan, kemudian ikut serta mengejar pelaku, hingga tertangkap, bahkan membawanya ke kantor polisi. Semua itu ia lakukan dengan harapan kejahatan serupa bisa berkurang dan nggak merugikan lebih banyak perempuan. Ia juga berharap para perempuan lain untuk lebih berani dan nggak takut minta tolong bila berada di posisi sepertinya.

“Aku berani lawan dan speak up juga supaya penjahat itu berkurang, kalian juga harus berani jangan takut untuk minta tolong,” imbuh Amalia.

Aksi Amalia ikut mengejar pelaku pelecehan usai dirinya menjadi korban itu langsung menjadi sorotan publik. tindakan tersebut bisa menjadi contoh bahwa kejahatan seksual bisa mengintai siapa saja. Keberanian Amalaia itu juga bisa ditiru nih, supaya para korban nggak takut untuk buka suara, minta pertolongan, bahkan melawan pelaku.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE