Kiesha Alvaro Curhat Banting Tulang Sejak Kecil, Pasha Ungu Puji Sang Anak Lebih Hebat Darinya

Perceraian antara Pasha Ungu dan Okie Agustina pada tahun 2009 lalu ternyata meninggalkan bekas mendalam di hati putra sulung mereka, Kiesha Alvaro. Remaja kelahiran 2004 itu harus menelan pil pahit ketika kedua orang tuanya memutuskan berpisah. Sejak saat itu, Kiesha dan kedua adiknya diasuh oleh Okie sedangkan Pasha menikah lagi dengan Adelia Wihelmina pada 2011.

Advertisement

Perceraian kedua orang tuanya turut membawa sejumlah perubahan dalam hidup Kiesha. Salah satunya yaitu ia harus mencari uang demi memenuhi kebutuhan hidup keluarga. Hal tersebut bukanlah perkara mudah mengingat usia Kiesha yang saat itu baru berusia lima tahun.

Usai perceraian itu, kondisi ekonomi keluarga Kiesha dan sang ibu terpuruk sehingga membuatnya harus mencari nafkah di usia 5 tahun

Kiesha dalam tayangan Alvin in Love

Kiesha dalam tayangan Alvin in Love | Credit: YouTube Cumicumi

Kiesha mencurahkan isi hati tentang masa kecil dan masa lalu keluarganya dalam sebuah program bertajuk Alvin in Love yang tayang di kanal YouTube Cumicumi, 4 November 2022 lalu. Dalam obrolan itu, Kiesha mengungkap kalau kondisi ekonomi keluarga Kiesha dan sang ibu terpuruk selepas perceraian.

Pada saat itu Okie Agustina membawa serta ketiga anaknya dalam pengasuhannya. Namun, karena nggak punya pekerjaan, ia nggak bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari mereka. Mereka nggak bisa membayar beragam cicilan hingga untuk makan sehari-hari pun susah.

Advertisement

“Habis kejadian itu (orang tua cerai) ekonomi langsung goyah banget. Bunda waktu itu lagi nggak kerja. Ya udah deh mau nggak mau Kiesha aja deh yang syuting,” kata Kiesha.

Semenjak saat itu, Kiesha bertekad untuk membantu ekonomi keluarga dengan bekerja. Ia mulai menerima tawaran syuting dan rekaman lagu. Proses syuting sinetron yang dilakoni Kiesha bahkan membuatnya harus menempuh perjalanan bolak-balik antara Jakarta dan Bogor. Meskipun Okie kemudian juga bekerja, sebagian besar kebutuhan keluarga mereka masih dipenuhi dari penghasilan Kiesha di dunia hiburan.

Advertisement

Di tengah tuntuan kehidupan yang harus ia emban sejak anak-anak, Kiesha bersyukur memiliki sosok nenek yang bisa jadi tempatnya mencurahkan isi hati dan kepenatan. Sang nenek yang ia sapa dengan ‘Ami’ itu selalu bisa menguatkan dan menenangkannya saat Kiesha mengeluh capek dan berniat berhenti dari pekerjaannya.

“Ami cuma nguatin doang ‘Yaudah kamu kan emang kerja juga buat ngehidupin keluarga kamu. Insya Allah bakal dibalikin lebih besar lagi nantinya. Kamu juga nggak rugi ngasih ke keluarga kamu’,” kenang Kiesha.

Turut menyoroti curhatan sang putra, Pasha Ungu menyebut anaknya Kiesha jauh lebih hebat daripada dirinya

Penjelasan Pasha Ungu

Penjelasan Pasha Ungu | Credit: Instagram @pashaungu_vm

Curhatan Kiesha tersebut, membuat nama Pasha Ungu ikut terseret. Sejumlah warganet pun meminta pertanggung jawabannya sebagai seorang ayah. Namun, Pasha ternyata punya pandangan tersendiri. Ia menilai nggak ada yang salah dari curhatan Kiesha yang udah banting tulang sejak umur lima tahun. Meskipun nggak memulai dari masa kanak-kanak, Pasha membandingkan hal tersebut dengan dirinya yang juga mulai mencari nafkah sejak remaja.

“Sekarang pertanyaannya memang salah kalau anak punya rezekinya sendiri. Walaupun hasil kerjanya buat ibunya atau buat ayahnya, ya apa salahnya? Nggak apa-apa dong, namanya anak mau kasih ke ibu atau ayahnya. Saya saja cari duit dari usia 18 tahun,” jelas Pasha, dikutip dari Detik.com (7/11).

Diketahui Kiesha memang sudah membintangi sejumlah sinetron Tanah Air sebagai aktor cilik. Di samping itu, Kiesha juga merilis beberapa lagu solo sepanjang tahun 2011. Perjalanan karier Kiesha yang telah dimulai sejak dirinya kanak-kanak ini turut menuai pujian dari ayahnya. Bagi Pasha, Kiesha malah lebih hebat daripada dirinya.

“Saya pernah bilang Kiesha lebih hebat dari saya, dia bisa kerja dipercaya industri film, sinetron, musik, kalau saya nggak salah sejak usia 5 atau 6 tahun sudah punya pekerjaan. Jadi kenapa harus diperdebatkan?” sambung mantan Wakil Wali Kota Palu itu.

Banyak sentimen negatif yang mengarah kepada Pasha sejak Kiesha membeberkan kisah masa lalunya tersebut. Namun, Pasha menegaskan hubungannya dengan Kiesha kini sudah jauh lebih akrab. Keduanya kerap curhat dan cerita satu sama lain soal prinsip hidup.

Hal senada juga dikatakan oleh Kiesha dalam obrolannya dengan Alvin. Sejak tahun 2020, hubungannya dengan sang ayah semakin membaik meskipun sebelumnya Kiesha sempat memutus komunikasi karena Pasha mengingkari janjinya untuk nggak menikah lagi.

Proses hidup yang ia lalui setelahnya pun ia anggap sebagai proses pendewasaan. Kiesha mengaku sudah bisa berdamai dengan keadaan. Ia juga bersyukur karena beberapa tahun terakhir kondisi ekonomi keluarganya kain membaik. Lebih dari itu, peristiwa yang telah ia lalui selama ini berhasil membentuk Kiesha menjadi pribadi yang lebih kuat, mandiri, dan dewasa.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE