Manohara Mengaku Kecewa, Instagramnya Diblokir Ketua MPR Setelah Kritik Kepemilikan Hewan Langka

Manohara diblokir Ketua MPR

Pubik tentu sudah nggak asing dengan artis Manohara Odelia Pinot yang memulai menjadi seorang model pada awal 2000-an sebelum akhirnya memutuskan untuk vakum dari dunia hiburan. Diketahui sekarang ini Manohara dikenal sebagai aktivis dan sering terlibat dalam proyek yang berhubungan dengan upaya perlindungan hewan.

Advertisement

Baru-baru ini bahkan namanya sempat viral di akun Twitter perihal pendapat Manohara soal kepemilikan hewan langka dari Ketua MPR Indonesia, Bambang Soesatyo. Ia pun memberikan kritikan dan berharap pendapatnya didengar oleh sang wakil rakyat melalui Instagram resminya.

Namun Manohara merasa kecewa, nggak berapa lama setelah memberikan kritikan Instagramnya justru diblokir oleh Bambang Soesatyo

kritik Manohara kepada Bambang Soesatyo I Photo by Instagram story @manodelia, sreenshot Twitter @RottingOldWreck via www.instagram.com

Kejadian ini bermula pada Jumat, 8 Januari 2021. Kala itu Manohara mengunggah pendapatnya melalui Instagram story. Ia menyayangkan sikap pemimpin Indonesia yang justru menunjukkan contoh kurang baik kepada pengikut. Dalam unggahannya terlihat potret Ketua MPR yang berdiri di samping singa putih Afrika dalam kandang.

Sangat menyedihkan melihat pemimpin negara kita justru memberikan contoh yang buruk bagi rakyat,” tulisnya dalam keterangan.

Advertisement

Selain itu, Manohara juga mengomentari hewan langka dan endemik lain yang dipelihara oleh Ketua MPR. Salah satunya terlihat saat Bamsoet memegang burung Kakatua Raja yang populasinya semakin menipis di daerah Papua.

“Kedua burung itu termasuk spesies yang langka dan endemik di Indonesia,” lanjutnya menjelaskan.

Advertisement

Namun nggak lama berselang, akun Instagram miliknya justru diblokir oleh Ketua MPR. Manohara pun mengucapkan kekecewaannya dan merasa apresiasinya tidak didengar.

“Yang termormat Bapak Bambang Soesatyo, sebagai ‘Wakil Rakyat’ seharusnya mendengarkan aspirasi rakyat adalah bagian dari pekerjaan Anda, bukannya malah memblokir aspirasi, kritik atau masukkan,” tegas Manohara seperti dikutip dari Instagram, (9/1).

Di sisi lain kerabat artis, Dita Soedarjo ikut mengomentari kalau mungkin saja yang memblokir admin dari Bambang Soesatyo.

“Ga sengaja kali dia beb, bisa aja adminya,” tutur Dita. Komentar itu kemudian ditanggapi warganet yang merasa kalau mereka juga mengalami hal yang sama setelah memberi kritikkan pada laman Instagram Bambang Soesatyo. Sebelumnya hal ini juga pernah dialami oleh Melanie Subono.

Atas berita yang beredar, Bambang Soesatyo memilih  mengajak masyarakat untuk bisa melestarikan satwa di tanah air. Menurutnya hewan yang dipelihara termasuk boleh diizinkan dari penangkaran

Ketua MPR memilih mengajak masyarakat untuk melestarian satwa yang ada di Indonesia. Ia pun menyampaikan iimbauan dari Pengurus Perhimpunan Kebon Binatang Seluruh Indonesia.

“Saya mengajak para pecinta satwa/hewan untuk membantu melestarikan hewan dengan ‘aksi nyata’. Ayo selamatkan mereka yang kelaparan. Jangan hanya ‘omdo’ dan ‘kepo’ aja,” ujarnya seperti dikutip dari Liputan6.c0m (10/1).

Selain itu Ketua MPR yang akrab disapa Bamsoet ini juga menjelaskan jika singa yang ia pelihara merupakan hewan langka yang boleh dimanfaatkan dari penangkaran karena termasuk kategori F2, yakni hewan generasi ketiga yang dihasilkan dari penangkaran.

“Hewan langka yang legal untuk dimanfaatkan setelah ditangkarkan hanya hewan dengan kategori Appendix 2. Sedangkan hewan langka kategori Appendix 1 walau sudah ditangkarkan tetap tidak boleh dimanfaatkan untuk apa pun karena harus dikonservasi,” ungkapnya memberi pengertian.

Meski demikian, unggahan Bambang Soesatyo tetap dipenuhi oleh komentar warganet dengan tagar #wildanimalsarenotpets atau hewan liar bukanlah hewan peliharan.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE