Belakangan ini dunia maya heboh karena Deddy Corbuzier memutuskan buat jadi mualaf. Sebagai syarat masuk Islam, dia mengucapkan dua kalimat syahadat di Masjid Al Mbejaji Yogyakarta pada Jumat (21/6). Hal itu memancing beragam respons dari warganet. Sebelum Deddy, sebetulnya ada beberapa selebritas Indonesia lain yang udah duluan jadi mualaf, salah satunya Roger Danuarta. Dia resmi memeluk agama Islam sejak tahun 2018.

Berdasarkan pengakuan Deddy Corbuzier dan Roger Danuarta, mereka sama-sama memeluk agama Islam karena dapat hidayah. Tetapi mereka punya alasan dan proses yang berbeda. Yuk, kita cermati proses Deddy dan Roger dalam menjadi mualaf.

Deddy terpanggil buat jadi mualaf karena lingkungan pergaulannya. Beruntung, dia punya teman dekat yang mengajari indahnya agama Islam

Deddy Corbuzier disambut baik jadi mualaf via www.suara.com

Advertisement

Sejak dua tahun lalu, Deddy Corbuzier udah belajar agama Islam secara mandiri. Lalu dia berteman dekat dengan Gus Miftah, kiai nyentrik yang mengajarinya agama selama delapan bulan terakhir. Bahkan, beberapa kali mereka berkolaborasi membuat konten islami dengan isu-isu kekinian di YouTube. Saat itulah Deddy mengenal sisi agama Islam yang membuatnya damai.

“Kenapa saya mau, karena saya melihat bahwa agama ini seperti pisau, bisa positif bisa negatif. Saya ketemu orang yang tepat untuk berdialog tanpa memaksa. Memberikan ketenangan dan membuang semua energi negatif. Mungkin… maaf orang luar yang tidak tahu agama Islam pasti bilangnya keras, tapi saya enggak lihat ini di beliau (Gus Miftah).”

Sementara Roger mendapat hidayah besar saat hidupnya terpuruk. Setelah nyaris tewas karena overdosis narkoba, dia menemukan ketenangan dalam agama Islam

Roger Danuarta jadi makin ‘kinclong’ setelah masuk Islam, ya? 😀 via bogor.tribunnews.com

Ada satu kejadian yang betul-betul menggugah Roger Danuarta buat menjadi mualaf. Pada 17 Februari 2014 silam, dia terkapar dalam mobil Mercedes Benz miliknya dalam keadaan nyaris tewas karena overdosis narkoba. Kegagalan dalam karier dan hubungan asmara membuat dia depresi berat. Saat itulah dia belajar agama Islam dan memperoleh ketenangan.

Advertisement

“Cara hidup seorang muslim, hati saya menjadi sangat tersentuh sekali. Saya ikut merasakan damainya untuk sholat, ketenangan yang diberikan kepada diri saya, dan itu membuat saya semakin jatuh cinta untuk menjadi seorang muslim yang baik.”

Deddy dan Roger menempuh cara yang beda untuk jadi mualaf. Deddy menyampaikan prosesnya secara terang-terangan pada media, sedangkan Roger justru menyembunyikannya

Kabar Deddy Corbuzier masuk Islam udah heboh beberapa hari sebelum dia resmi jadi mualaf. Bahkan saat ia mengucapkan dua kalimat syahadat, berbagai media meliputnya secara langsung. Sehari setelah itu, Deddy juga mengunggah video proses dirinya memeluk Islam di channel YouTube pribadinya. Pria berusia 42 tahun ini berharap ceritanya supaya jadi inspirasi buat orang lain. Dia pun menjadi trending topic di berbagai media selama berhari-hari.

View this post on Instagram

Alhamdullillah Roger Danuarta Berislam . Siapa yang Allâh beri petunjuk, maka tidak ada yang dapat menyesatkannya. Dan siapa yang Allâh sesatkan, maka tidak ada yang dapat memberinya petunjuk . Ikrar dua kalimah syahadat di laksanakan Tgl 29 Okt 2018 di bimbing oleh Ust Insan Mokoginta . Kami kel Besar @mualafcenteryogyakarta mengucapkan selamat buat saudara baru kita, ialah Mas Roger Danuarta, semoga Istiqomah dalam Iman dan Islam dan kedepan semakin Kaafah dalam menjalankan Syariah Islam , Aamiin . Video: Mas Herman Bin Mansur . #artis #artismualaf #artishijrah #mualaf #muallaf #mualafcenter #mualafcenterindonesia #mualafcenteryogyakarta #hijrah #masukislam #hidayah #indonesia

A post shared by mualaf center yogyakarta (@mualafcenteryogyakarta) on

Berbeda dengan Deddy, awalnya Roger sembunyi-sembunyi saat menjadi mualaf. Beritanya mulai terkuak saat akun Instagram Mualaf Center Indonesia (MCI) mengunggah video Roger pada 30 Oktober 2018 saat pria berusia 37 tahun ini mengucapkan dua kalimat syahadat. Dilansir dari Kumparan, Steven Indra Wibowo selaku Ketua Pengurus MCI berkata kalau Roger udah masuk Islam dua bulan sebelum video itu beredar. Itulah salah satu alasan media-media nggak memberitakan Roger seheboh memberitakan Deddy.

Walau begitu, Deddy dan Roger punya persamaan. Alasan jadi mualaf bukanlah karena punya pasangan muslim, tapi karena kesadaran diri sendiri

Deddy Corbuzier dan Roger Danuarta via www.instagram.com

Setelah bercerai dari Kalina Ocktaranny, Deddy dekat dengan wanita muslim bernama Sabrina Chairunnisa. Begitu juga dengan Roger, dia berpasangan dengan Cut Meyriska yang beragama Islam. Namun Deddy dan Roger menolak pendapat kalau mereka jadi mualaf karena desakan dari pasangan. Mereka berdua pengen memeluk agama Islam karena alasan pribadi, yaitu karena jatuh cinta pada agama tersebut.

Proses Deddy dan Roger masuk Islam membuktikan bahwa hidayah bisa datang dengan berbagai cara. Kalau Tuhan udah berkehendak, manusia bakal mengikuti jalan takdir yang dibuat oleh-Nya. Semoga selalu istikamah, ya!

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya