Priyanka Chopra Dikritik karena Pakai Jasa Surrogate Alias Ibu Pengganti

Meski banyak artis internasional yang pakai surrogate, pilihan ini masih dianggap tabu

Pasangan artis fenomenal dunia yaitu Priyanka Chopra dan Nick Jonas menggemparkan publik dengan mengumumkan kelahiran bayinya yang pertama melalui proses surrogacy alias memakai surrogate. Surrogate atau ibu pengganti adalah proses suatu perjanjian yang dimana berisi persetujuan seorang wanita untuk menjalani kehamilan bagi wanita lain.

Advertisement

Beberapa tahun belakangan, tampaknya memang semakin banyak artis-artis dunia yang memilih menggunakan ibu pengganti dengan berbagai alasan. Sebelum Priyanka, ada Kim Kardashian, Elizabeth Banks, sampai Ricky Martin yang juga menggunakan surrogate untuk mengandung anak mereka. Meski begitu, ternyata masih banyak orang yang mengkritik pilihan pasangan Priyanka dan Nick karena menggunakan surrogate. 

Umumkan kelahiran anaknya lewat surrogate, Priyanka mendapatkan komentar bernada kritikan

Melalui unggahan di laman Instagramnya, aktris India berusia 39 tahun tersebut mengatakan rasa bahagia atas kelahiran bayinya dan berharap keputusan tersebut bisa diterima karena itu merupakan keputusan pribadi dengan sang suami dan dia akan fokus mengurus bayinya dengan sepenuh hati. Tak lupa, ucapan terima kasih juga disampaikan oleh aktris yang membintangi film Baywatch pada tahun 2017 silam.

Advertisement

Tanggapan berbeda disampaikan oleh netizen yang mengetahui kabar tersebut. Banyak diantara mereka yang mengkritik tindakan sang aktris tersebut. Komentar-komentar pedas tak bisa dihindari. Dikutip dari laman Kompas, beberapa orang menuduh Chopra menggunakan tubuh orang lain untuk melindungi dirinya dari bahaya kehamilan.

Komentar pedas lainnya juga dilayangkan oleh sejumlah netizen yang menyatakan bahwa tindakan yang diambil Chopra adalah tindakan yang keliru karena menyalahi kodrat seorang wanita yang seharusnya mengandung dan melahirkan bukan dengan meminjam tubuh wanita lain.

Advertisement

Benar-benar tidak masuk akal. Anda telah menemukan alternatif untuk segalanya, tetapi bagaimana dengan kematian? Apakah Anda akan menemukan surrogate untuk melindungi diri Anda sendiri,” tulis @sibathqureshi.

Ini adalah eksploitasi. Anak Anda lahir dari eksploitasi. Selamat?, tulis @americastraps.

Surrogate adalah perdagangan manusia!!!,” tulis @yolarrr.

Banyaknya protes yang diterima oleh Priyanka Chopra dan Nick Jonas mencerminkan bahwa surrogate atau ibu pengganti masih belum dikenali oleh masyarakat di India atau bahkan di dunia dan dianggap tabu bagi masyarakat umum.

Meski tren surrogate ini mengalami kenaikan, namun masih banyak yang menganggapnya tabu

Sebenarnya tren surrogate atau ibu pengganti sudah lumrah dilakukan di Amerika Serikat dan Eropa, dengan perjanjian hukum tentunya. Dilansir dari laman Halodoc.com, surrogate memang menjadi salah satu solusi bagi pasangan suami istri yang tengah mendambakan buah hati. Tidak hanya menguntungkan bagi penyewa, ibu pengganti pun akan diuntungkan karena jasa sewa rahim tersebut biasanya sangat mahal.

Apa pun alasan yang diambil oleh Priyanka Chopra dan suaminya memang menjadi privasi setiap pasangan. Menghargai keputusan orang lain menjadi hal yang penting tanpa tahu apa dan penyebabnya orang tersebut melakukan keputusan tersebut. Hal ini terbukti dari banyaknya rekan-rekan sesama artis yang mengungkapkan selamat kepada Chopra.

Selamat @priyankachopra & nick.. ini berita yang luar biasa“, tulis @minimathur

Selamat untuk kalian berdua. Semoga bahagia bersama-sama“, tulis @farahkhanali

Congratsssssssssss“, tulis @katrinakaif

Sebelum memutuskan untuk melakukan proses surrogate, banyak sekali aspek-aspek yang harus dipahami dan dipenuhi seperti kesehatan, moral, dan psikis dari orang tua dan calon anak hasil surogasi yang harus dipertimbangkan matang-matang sebelum akhirnya memutuskan untuk menjalani proses tersebut.

Bisa merasakan mengandung dan melahirkan memang sudah menjadi keistimewaan seorang wanita. Tapi, jangan sampai hanya karena keputusan berbeda yang diambil oleh wanita, maka orang lain seenaknya saja menghilangkan makna wanita yang sebenarnya. Priyanka Chopra adalah salah satu wanita yang sudah memikirkan secara matang pilihan yang diambilnya. Stop membully orang lain khususnya wanita hanya karena dia berbeda ya, SoHip.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE