Potret Sutradara Film Animasi Jepang yang Karyanya Fenomenal

Potret sutradara film animasi Jepang

Jepang menjadi salah satu negara yang punya budaya industri hiburan yang melekat kuat dan mendunia. Jika Korea Selatan punya musik K-pop dan Drama Korea, maka Jepang punya Japanese-Rock dan juga film-film animasi atau biasa disebut anime. Hari ini, anime menjadi salah satu produk tontonan paling diminati. Dalam setahun, ada puluhan bahkan ratusan judul anime yang dirilis untuk menghibur para penonton di seluruh dunia.

Advertisement

Berbeda dengan film-film animasi asal Barat, film animasi Jepang tentu punya ciri khas dari segi gambar dan cerita. Keunikan inilah yang menjadi salah satu daya tarik anime. Sama seperti dalam bidang kesenian apapun, tentu film-film animasi Jepang memiliki tokoh-tokoh besar yang melegenda. Salah satunya adalah para sutradara-sutradara film animasi Jepang yang namanya sudah terkenal di seluruh dunia. Nah buat kamu yang mungkin belum tahu, berikut ini daftar 8 sutradara animasi Jepang paling populer dan legendaris. Yuk langsung aja simak!

1. Pertama ada Isao Takahata. Isao adalah salah satu sutradara yang bekerja untuk Studio Ghibli. Isao sendiri punya pengaruh besar terhadap gaya animasi dan penceritaan Studio Ghibli. Karyanya yang paling terkenal adalah “Grave of the Firefly”

Isao Takahata/Credit: IMDb

2. Satoshi Kon menjadi salah satu sutradara film animasi yang punya gaya penceritaan yang dalam dan kuat. Salah satu karya terbaiknya berjudul “Perfect Blue” bahkan dianggap diplagiat oleh sutradara Hollywood Darren Aronofsky lewat filmnya “Requiem for a Dream”

Satoshi Kon/Credit: IMDb

Advertisement

3. Lalu ada Mamoru Hosoda. Ia menjadi salah satu sutradara film animasi Jepang yang dihargai oleh penonton dunia. Beberapa karya terbaiknya antara lain “The Girl Who Leapt Through Time” dan “Mirai” yang masuk sebagai nominasi Oscar

Mamoru Hosoda/Credit: IMDb

4. Buat kamu pencinta film robot atau dunia masa depan, pasti sudah nggak asing dengan sosok sutradara Mamoru Oshii. Ia sangat melegenda karena menjadi satu-satunya sutradara Jepang yang berhasil masuk nominasi di festival Cannes. Karya Mamoru Oshii yang paling populer dan berpengaruh yakni “Ghost in the Shell”

Mamoru Oshii/Credit: IMDb

5. Selanjutnya ada sosok Makoto Shinkai. Meski terhitung masih muda, nama Makoto Shinkai begitu besar. Film-filmnya kerap bertema cinta dan drama yang bisa membuat penontonnya menangis. Kalian pasti pernah dengar film karya beliau berjudul “Your Name”

Makoto Shinkai/Credit: IMDb

Advertisement

6. Katsuhiro Otomo adalah sutradara Jepang yang punya pengaruh besar pada dunia animasi dan dunia film aksi pada umumnya. Ia jadi inspirasi banyak sutradara lewat karya fenomenalnya berjudul “Akira”

Katsuhiro Otomo/Credit: IMDb

7. Nama Osamu Tezuka sudah nggak asing lagi bagi mereka para penggemar anime. Tezuka adalah pencipta karakter Astroboy yang mendunia. Karya-karyanya digunakan banyak sutradara setelah ia wafat

Osamu Tezuka/Credit: IMDb

8. Terakhir ada Hayao Miyazaki. Sutradara sekaligus pendiri Studio Ghibli ini memang sudah terkenal di berbagai generasi. Salah satu film terbaik yang pernah ia buat adalah “Spirited Away” yang mendapatkan penghargaan Oscar

Hayao Miyazaki/Credit: IMDb

Nah itu dia 8 sutradara film animasi Jepang yang paling populer, terkenal dan melegenda di seluruh dunia. Gimana menurut kalian SoHip? Keren-keren banget kan sosok-sosok mereka? Berhubung para sutradara ini sudah banyak yang mulai tua, sekarang giliran anak-anak muda yang maju dan bergerak untuk melanjutkan apa yang mereka ajarkan. Semoga saja mereka bisa jadi inspirasi bagi para animator-animator, pembuat cerita dan para komikus di Indonesia untuk berkarya dan mendapatkan pengakuan dari dunia. Semangat!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Represent

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE