Kenal Lebih Dekat dengan 3 Anak Dono Warkop yang Cerdas; Salah Satunya Ahli di Bidang Nuklir

Prestasi anak Dono Warkop

Hampir 20 tahun publik Indonesia ditinggal oleh salah satu legenda komedian. Wahyu Sardono atau lebih akrab dipanggil Dono menghembuskan napas terakhir pada 30 Desember 2001 silam. Kepergiannya kala itu memberikan luka dalam bagi setiap orang. Sosok yang dikenal bersama grup lawak Warkop DKI tersebut, hingga kini mempunyai tempat tersendiri di hati masyarakat.

Advertisement

Dono tutup usia lantaran kanker paru-paru. Saat itu mendiang meninggalkan tiga orang putra, yakni Andika Aria Sena, Damar Canggih Wicaksono dan Satrio Sarwo Trengginas. Di puncak popularitasnya kala itu, keluarga mereka harus menelan pil pahit kehilangan sosok penting untuk selama-lamanya. Beberapa tahun berlalu, warganet kembali memperbincangan keluarga Dono, lantaran kecerdasaran yang ditorehkan sang putra. Berikut ini Hipwee berikan ulasannya.

Sempat jadi dosen Sosiologi Universitas Indonesia, ketiga anak Dono menurunkan kecerdasan sang ayah. Bak buah jatuh tak jauh dari pohonnya!

Keluarga mendiang Dono Warkop | Credit: Kapanlagi

Dono memang datang dari keluarga yang berpendidikan. Ia sendiri merupakan dosen Sosiologi Universitas Indonesia, semasa kuliah mendiang bahkan sempat menjabat sebagai asisten dosen di jurusan yang sama. Nggak heran jika keluarga mereka mengutamakan pendidikan sebagai bekal di masa depan.

Tak ada yang mampu memprediksi takdir, pada 1999 istri Dono, Titi Kusumawardhani meninggal dunia akibat kanker payudara. Dua tahun berselang, suaminya menyusul di usia 50 tahun. Ketiga anak Dono menjadi yatim piatu di usia yang terbilang muda.

Advertisement

Saat itu sang kakak berusia 21 tahun, Damar 15 tahun dan si bungsu 9 tahun. Mereka lantas dirawat oleh sang nenek dengan bantuan paman dan bibi. Selalu punya semangat yang tinggi, sedari kecil ketiga anaknya lebih tertarik ke dunia pendidikan daripada industri hiburan. Puluhan tahun berselang, sederet pencapaian mereka raih di dunia akademik.

Usai menuntaskan studi Teknik Nuklir di Universitas Gadjah Mada, anak kedua Dono mendapat beasiswa hingga S3 di luar negeri

Sosok Damar, putra kedua Dono Warkop | Credit: Liputan6

Diterima di UGM membuat Damar Canggih Wicaksono harus pindah ke Yogyakarta pada 2004. Bercita-cita menjadi peneliti, pada 2010 Damar mendapat kesempatan melanjutkan S2 di Federal Institute of Technology (ETHZ) dan Lausanne (EPSL) Swiss. Nggak main-main, ia bahkan lulus dengan predikat cumlaude pada 2012. Pada 2013, ia melanjutkan studi S3 selama 5 tahun di universitas yang sama. Di tahun 2018, anak kedua Dono ini resmi menyandang gelar kademik Doctor of Philosophy (Ph.D).

Advertisement

Bukan hanya itu, ia juga beberapa kali berkontribusi sebagai pembicara di kancah dunia. Salah satunya, International Topical Meeting on Nuclear Reactor Thermalhydraulics (NURETH-16) di Chicago, Amerika Serikat. Sang adik juga mengungkap bahwa Damar pernah ke Jepang untuk menerima penghargaan sebagai murid terbaik.

Kecerdasan Damar sudah terlihat sejak kecil, ia kerap belajar lebih ekstra daripada yang lain. Saat duduk di bangku SMA, Damar sampai menulis rumus matematika pakai kapur di lemari pakaian. Bahkan buku menjadi benda yang melekat di hidupnya.

Bukan hanya Damar, anak sulung dan bungsu Dono juga dikenal pintar. Keduanya lulus dari Universitas Indonesia mengikuti jejak sang ayah

Anak Dono Warkop bersama pasangannya | Credit: Merdeka.com

Anak pertama Dono, Andika Aria Sena diketahui kuliah di Universitas Indonesia mengambil Broadcast. Setelah lulus dari studi yang diminatinya itu, Aria sempat berkecimpung langsung di industri hiburan Tanah Air. Mantan karyawan televisi ini sering dipilih untuk liputan ke luar negeri. Pembawaannya yang ceria mengingatkan publik pada almarhum ayahnya.

Sedangkan, anak ketiga Dono, Satrio Sarwo Trengginas juga merupkan lulusan UI. Ia menyelesaikan pendidikan S1 Bahasa Belanda tepat waktu. Kabar terbaru, pada 2020 silam Satrio telah melangsungkan pernikahan dengan wanita pilhannya, Rivania Rizal. Saat itu ia meminta langsung Indro Warkop sebagai saksi pernikahan. Jarang mendapat sorotan, ketiga anak Dono ini sukses di bidang yang mereka cintai, semua pencapaiannya tentu nggak terlepas dari usaha dan kerja keras.

Nah, itulah biografi singkat ketiga anak mendiang Dono yang mencuri perhatian, bakat yang diberikan Tuhan digunakan dengan maksimal hingga bisa seperti sekarang. Semoga bisa menginspirasi anak muda lain, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE