Resmi Diberhentikan Seutuhnya, Kini Prince Harry dan Meghan Markle Tak Lagi Emban Tugas Kerajaan

prince harry dan megan berhenti

Tahun lalu tepatnya pada Januari 2020, Prince Harry dan Meghan Markle memutuskan untuk mundur dari kerajaan Inggris setelah rentetan kabar tak sedap antara pasangan ini dengan pihak kerajaan. Meski demikian, sang ratu meminta keduanya untuk menyelesaikan tugas yang diemban sebelum meninggalkan kerajaan.

Advertisement

Ketika Harry dan Meghan mundur, terdapat kesepakatan bahwa situasi mereka akan ditinjau setelah satu tahun. Kini satu tahun lewat, pihak istana akhirnya mengumumkan secara resmi bahwa Pangeran Harry dan Meghan Markle telah dibebaskan dari semua tugas dan peran kerajaan. Simak ulasan lengkapnya berikut ini ya~

Tak hanya kehilangan gelar militer yang diberikan pada Pangeran Harry, mereka juga tak berhak menerima perlindungan dari Kerajaan Inggris

Ratu Elizabeth II telah mengambil kembali seluruh royal patronage atau gelar kerajaan dan dukungan perlindungan terhadap Meghan Markle dan Pangeran Harry. Menurut laporan dari reporter khusus keluarga Inggris, Richard Palmer, dukungan dan gelar yang setahun belakangan masih melekat terhadap Pangeran Harry dan Meghan akan dicabut termasuk persatuan sepak bola rugbi Inggris, teater nasional kerajaan, Royal Marines hingga RAF Honington.

Advertisement

Kehormatan militer dan fasilitas tersebut akan didistribusikan kepada anggota keluarga kerajaan yang masih mengemban tugas.

“Pengangkatan militer dan royal patronages yang telah dipegang oleh Duke dan Duchess of Sussex akan dikembalikan ke Yang Mulia Ratu, sebelum didistribusikan kembali ke anggota kerajaan lainnya,” ungkap istana Buckingham dikutip dari CNN International, Sabtu (20/2/2021).

Advertisement

Meski merasa sedih dengan keputusan mereka, pihak istana tetap menghormati dan menganggap Pangeran Harry dan Meghan tetap dicintai.

“Meski kami semua merasa sedih dengan keputusan ini, Duke dan Duchess masih dicintai oleh seluruh anggota kerajaan,” ujar pihak istana.

Resmi diberhentikan dari tugas, berarti keduanya bebas untuk berbicara apapun dengan media termasuk membahas pesoalan yang berkaitan dengan kerajaan Inggris. Hmm~

Setelah Pangeran Harry dan Meghan menyampaikan pengunduran diri dan pindah ke California, Amerika Serikat. Hanya segelintir media yang berhasil mewawancarai keduanya, itu pun tak membahas secara menyeluruh alasan mereka keluar dari kerajaan.

Dengan dicabutnya gelar dan peranan mereka secara resmi kemarin, maka keduanya bebas melakukan wawancara apapun dengan media. Rencananya, orang tua Archie Mountbatten Windsor ini akan dijadwalkan berbincang panjang dengan Oprah Winfrey  pada tanggal 7 Maret mendatang. Meski telah mundur dari dari posisi pelayan publik kerajaan Inggris, namun Pangeran Harry dan Meghan berniat melakukan pengabdian lewat platform lain.

“Dengan bukti atas pekerjaan mereka selama setahun terakhir, Duke dan Duchess of Sussex akan terus berkomitmen melakukan tugas dan layanan mereka terhadap Inggris dan seluruh dunia. Mereka telah menawarkan dukungan lanjut untuk organisasi yang mereka representasikan tanpa memedulikan jabatan resmi. Kita semua hidup untuk saling melayani. Pengabdian adalah suatu hal yang universal,” tutur juru bicara Pangeran Harry dan Meghan, dikutip dari The Guardian, Sabtu (20/2)

Duh, agak sedih ya karena mereka mungkin kita nggak bakal banyak tampil lagi lihat pasangan manis ini di acara-acara resmi kerajaan Inggris. Akan tetapi mari kita doakan semoga jalan yang mereka pilih bisa memberi lebih banyak kebahagiaan ya~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE