Biasakan Tanya Perasaan Anak Sebelum Tidur, Gaya Parenting Rachel Vennya Dinilai Inspiratif

Rachel Vennya parenting

Selebgram Rachel Vennya kerap menjadi sorotan publik. Terlebih dengan kehadiran kedua anaknya, Xabiru Oshe Al Hakim dan Aurorae Chava Al Hakim. Sebagai seorang figur publik, tak jarang ia mengunggah kebersamaan dengan buah hati ke media sosial. Rachel juga tak segan membagikan pengalamannya sebagai single mother yang mengurus si kecil saat tengah aktif-aktifnya.

Advertisement

Pola asuh Rachel seringkali menjadi sorotan, mulai dari mengajarkan anak bersikap sopan, disiplin untuk merapikan mainan sendiri, minta maaf tanpa disuruh orang tua hingga mengajarkan anak berkata lemah lembut dan bertanggung jawab sejak dini. Baru-baru ini tindakannya kembali disorot, perempuan berusia 25 tahun itu ternyata mempunyai kebiasaan rutin dengan anak sebelum tidur yang bikin kagum banyak orang. Lantas apa yang Rachel lakukan kepada anaknya? Simak ulasannya di bawah ini.

Layaknya evaluasi harian, Rachel biasakan tanya perasaaan anaknya sebelum bergegas tidur. Xabiru dan Chava secara terbuka menjelaskan emosi yang dirasakan selama seharian

Memberikan pertanyaan kecil tapi maknananya sangat mendalam. Sebelum tidur, Rachel rutin mengajak anaknya berdiskusi soal kegiatan yang dilakukan selama sehari penuh. Ia selalu bertanya tentang emosi kedua anaknya mulai dari apakah sang anak bahagia di hari itu?

Advertisement

“Abang sama adek happy gak? Ada yang bikin sedih gak?,” tanya Rachel lembut kepada anaknya.

Lantas kedua anaknya pun menjawab “Happy”.  Tetapi, tak berselang lama Xabiru terlihat gugup menyampaikan sesuatu yang dirasa. Rachel pun memastikan kembali apa ada yang membuat anaknya itu sedih. Dengan nada tenang Rachel seolah menyampaikan bahwa tak apa untuk berani bercerita dan mulai mengungkap emosi yang dirasa.

Advertisement

“Apa yang bikin Abang (panggilan untuk Xabiru) sedih hari ini? Abang mau cerita gak? Abang mau cerita kenapa,” ucap Rachel kembali.

Setelah setuju ingin menceritakan, Xabiru lantas menjelaskan bahwa hari itu sang adik sempat memukulnya di bagian wajah. Tetap tenang, Rachel lanjut bertanya kepada anak kedua yang hampir berumur 2 tahun tersebut. Chava pun, mengiyakan bahwa telah melakukan tindakan itu kepada kakaknya. Kemudian Rachel memintanya untuk meminta maaf dan diakhiri dengan mencium sang kakak dengan lembut.

Kegiatan evaluasi tersebut ternyata rutin dilakukan Rachel, terlihat di beberapa unggahan lain ia seringkali berdiskusi sebelum tidur dan menutupnya dengan doa bersama. Kedua anaknya pun selalu terlihat senang ketika ditanyai oleh sang Bunda, selayaknya sudah menjadi kebiasaan.

Rachel dinilai sangat memperhatikan emosi anak untuk selalu terbuka dengan orang tua. Sikapnya lantas dipuji warganet di media sosial

Pola asuh Rachel Vennya | Credit: TikTok

Bukan kali pertama warganet memuji pola asuh yang diterapkan Rachel ke anak. Sebelumnya, ia juga sempat diperbincangkan karena mengajarkan Xabiru untuk bersikap sopan. Bahkan anak pertamanya itu dikenal punya sifat yang sangat manis kepada adik dan orang sekitar.

Momen kebersamaan Rachel dan anaknya-anaknya yang diunggah di Instagram kemudian dibagikan kembali oleh sebuah akun di TikTok. Terhitung sampai hari ini, video tersebut sudah ditonton lebih dari 2 juta kali, di-share oleh 2 ribu lebih akun dan ribuan komentar.

Parenting Rachel bagus banget. Aku kalau udah punya anak mau kayak gini tiap hari sama anak-anak,” kata akun @itsnadell***

“Pertanyaan sesimpel, hari ini ada yang bikin sedih gak? tapi efeknya,” tutur akun @esmel***

“Semoga bisa nerapin gini ke anak-anakku di masa depan. Soalnya ngerasain banget jadi orang yang gak bisa cerita, bahkan ke orang tuanya sendiri,” komentar @Diru**

“Bagaimanapun rachel, dia gak pernah gagal ngedidik anak-anaknya,” komentar lain menambahkan.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE