Raisa Sampaikan Pesan untuk Para Ibu: Luangkan Waktu untuk Memanjakan Diri Sendiri

Menjadi ibu bisa dikatakan sebagai anugerah yang indah bagi sebagian perempuan. Meskipun begitu, pilihan hidup satu ini bukan berarti tak datang dengan segudang konsekuensi. Seringkali peran seorang ibu membuatnya nggak punya waktu untuk diri sendiri lantaran harus mengurus keperluan anggota keluarga maupun pekerjaan.

Menyadari hal itu, penyanyi kenamaan Raisa Andriana memberikan pesan penguat untuk para ibu di luar sana agar tetap kuat dalam menjalani perannya. Sebagai perempuan dan ibu, Raisa juga merasakan hal yang sama seperti ibu-ibu kebanyakan. Untuk itu, ia memberi pesan mendalam seperti yang ia tulis di bawah ini.

ADVERTISEMENT

Raisa Andriana paham kesibukan menjadi ibu membuat perempuan sering mengabaikan kebutuhannya sendiri

Pesan Raisa untuk para ibu

Pesan Raisa untuk para ibu | Credit: Instagram @raisa6690

Lewat unggahan di Instagram pribadinya pada Rabu (14/12) lalu, pelantun Tentang Dirimu ini menceritakan konsekuensi yang harus dialami oleh seorang ibu. Sebagian besar dari ibu sudah cukup paham kalau perannya itu memang sangat melelahkan secara fisik dan mental. Namun, satu konsekuensi yang tak kalah besarnya adalah ibu jadi kekurangan waktu untuk dirinya sendiri karena lebih fokus mengurus anggota keluarga.

Tanggung jawab ibu dalam kehidupan rumah tangga terbilang besar. Tak jarang ibulah orang pertama yang bangun di pagi hari sekaligus yang paling terakhir terlelap di malam hari. Semua itu karena waktunya didedikasikan untuk berbagai macam hal mulai dari keperluan rumah tangga, pekerjaan, anak-anak, hingga suami. Sehingga, tak terpikirkan lagi baginya untuk meluangkan waktu untuk mengurus dirinya sendiri.

“Kita tahu apa yang dampaknya menjadi seorang ibu terhadap tubuh, tetapi tidak ada yang memberi tahu kamu apa yang dilakukannya terhadap waktu. Konsep waktu yang dulunya abstrak kini menjadi begitu berharga sehingga kita para ibu sering mendapati diri kita merawat orang yang kita cintai sementara jarang menemukan waktu untuk terhubung dengan diri kita sendiri,” tulis Raisa dalam bahasa Inggris.

ADVERTISEMENT

Raisa Andriana ingatkan agar para ibu jangan lupa meluangkan waktu untuk memanjakan diri sendiri

Keluarga Raisa Andriana

Keluarga Raisa Andriana | Credit: Instagram @raisa6690

Sebagai penyanyi dan juga ibu bagi sang putri Zalina Raine, Raisa memang beberapa kali berbagi cerita di media sosial tentang lika-likunya membagi waktu antara pekerjaan, anak, hingga me time. Bahkan pada November 2021 lalu ia sempat “mommy moon” ke Bali untuk menghabiskan waktu dengan dirinya sendiri. Momen itu juga ia pakai untuk merenung dan menemukan jati dirinya kembali sebagai seorang Raisa.

Bagi Raisa, menunaikan kewajiban sebagai ibu itu memang penting. Namun, ia mengingatkan bahwa para ibu nggak bisa maksimal menjalankan perannya apabila kondisi dalam dirinya juga sedang berantakan. Untuk itu, Raisa menyarankan agar para ibu bisa mengambil waktu sejenak untuk sibuk dengan diri sendiri, melakukan hal-hal yang tertunda, bersantai, atau apa pun yang bisa membahagiakan diri sendiri. Me time versi Raisa adalah dengan merias wajah, seperti yang ia tampilkan dalam video di unggahannya tersebut.

“Sekadar pengingat untuk kita para mama, kita nggak bisa menuang dari cangkir kosong. Luangkan waktu untuk memanjakan diri sendiri, dengan begitu kamu bisa menjadi pribadi, istri, dan ibu yang lebih baik. Dalam kasus saya, ini bisa sesederhana meluangkan waktu untuk merias wajah dan merasakan diri saya sendiri ❤️ Kalau kamu?” tutupnya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Writing...

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day