Reza Rahadian Sempat 2 Kali Menolak Jadi Ketua FFI, Akhirnya Luluh Usai Dapat Nasihat Menohok

Sejak Juli 2021, aktor Reza Rahadian resmi terpilih menjadi Ketua Komite Festival Film Indonesia (FFI) untuk periode 2021-2023. Sebelumnya, posisi tersebut diemban oleh aktor Lukman Sardi sejak tahun 2018. Reza dipilih oleh Chand Parwez Servia, selaku Ketua Ketua Badan Perfilman Indonesia.

Advertisement

Di balik tugas barunya tersebut, nyatanya Reza Rahadian sempat ragu bisa menjalankannya. Bahkan sebelumnya, ia sempat dua kali menolak tawaran menjadi Ketua Komite FFI. Lalu, apa yang akhirnya membuat sang aktor berubah pikiran dan menerima posisi itu?

Tanggung jawab besar yang harus diemban ketua membuat Reza Rahadian ragu menerima tawaran posisi tersebut

Alasan Reza Rahadian tolak jadi Ketua FFI

Alasan Reza Rahadian tolak jadi Ketua FFI | Credit: YouTube Volix Media

Mengambil keputusan besar dalam hidup memang butuh banyak pertimbangan. Apalagi kalau nantinya ketika menjalani keputusan itu dibutuhkan tanggung jawab yang nggak main-main. Sama halnya ketika Reza Rahadian ditunjuk menjadi Ketua Komite FFI.

Meskipun kariernya besar di dunia film, tawaran tersebut nggak lantas diterima oleh Reza. Sebab, ia menimbang deretan tanggung jawab besar yang menurutnya akan menyita banyak waktu.

Advertisement

“Betul pernah (nolak dua kali). Karena tahu tanggung jawabnya besar. Gede banget tanggung jawabnya. Ya harus memastikan bisa berkomunikasi dengan semua stake holder di industri film, gitu kan. Dan itu pekerjaan yang cukup menyita waktu,” jelas Reza Rahadian, dilansir dari YouTube Volix Media (21/11).

Sempat dua kali menolak, Reza Rahadian akhirnya luluh setelah mendapat ucapan menohok dari aktris senior Christine Hakim

Christine Hakim

Christine Hakim | Credit: Instagram @christinehakimofficial

Bintang Habibie dan Ainun ini sudah dua kali menolak tawaran menjadi ketua tersebut. Namun nyatanya, ia tetap ditawari posisi yang sama untuk ketiga kalinya tapi dengan pendekatan yang sedikit berbeda dari sebelumnya. Kali ini, tawaran tersebut harus melibatkan aktris senior Christine Hakim.

Advertisement

Menurut penuturan Reza, nggak banyak yang diomongkan oleh Christine Hakim saat kembali menawarkan posisi tersebut. Ia cukup melontarkan ucapan sederhana tapi menohok hingga membuat Reza merasa ‘tertampar’. Saat itu, Christine Hakim langsung mempertanyakan rasa cinta Reza kepada industri film setelah dua kali menolak jadi Ketua FFI.

“Sederhana, karena Christine Hakim bilang ‘Segitu aja kamu cintanya sama industri film?’ Udah itu cukup, langsung ‘Siap bu saya menjalankan tugas’,” kenang Reza.

Kata-kata Christine Hakim itu membuat Reza berubah pikiran dan akhirnya menerima posisi ketua tadi. Ia mengku nggak mampu lagi menolak di hadapan Christine Hakim mengingat sang aktris sudah menjadi sosok yang sangat ia hormati dan teladani dalam dunia akting.

Terlebih lagi, di lain kesempatan Reza sempat mengungkap kalau Christine Hakim sudah ia anggap sebagai ibunya sendiri. Wanita 65 tahun Reza sebut sebagai ibu ideologisnya.

“Kalau ibu Christine disebutnya ibu ideologis. Kalau yang biologisnya kan mamaku. Terus karena ibu yang ngomong, menasihati dan segala macem itu, kenapa aku harus mengambil ini dan menerima,” jelas Reza dalam obrolannya di YouTube Enzy Storia (3/10/2021).

Kini, setahun lebih Reza Rahadian mengemban tugasnya sebagai Ketua Komite FFI. Posisinya ini ia jadikan sebagai bentuk kontribusi lebihnya untuk industri film, di samping berperan sebagai aktor.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE