Fasih Berbahasa Inggris, Rich Brian Ungkap Cuma Belajar Lewat Internet Sejak Umur 12 Tahun

Rich Brian fasih bahasa Inggris

Nama Rich Brian menjadi perbincangan terutama di Indonesia beberapa tahun terakhir. Pasalnya, penyanyi rap yang mengukir prestasi di Amerika ini adalah keturunan orang Indonesia. Brian lahir di Indonesia dan tinggal di Jakarta sebelum akhirnya pindah ke Negeri Paman Sam. Ia memulai karier menyanyi di negara tersebut hingga saat ini. Melebarkan sayap ke luar negeri, Brian dituntut fasih berbahasa Inggris yang menjadi bahasa nasional di Amerika. Meskipun ia lahir dan tumbuh di Indonesia, tapi kemampuannya berbahasa Inggris patut diacungi jempol.

Advertisement

Selama ini, banyak orang mengira Brian sengaja mengambil kursus atau menempuh pendidikan di sekolah internasional. Sehingga ia bisa fasih berbahasa Inggris seperti sekarang. Sayangnya semua dugaan itu salah. Alih-alih sengaja belajar bahasa Inggris lewat jalur akademik dengan bantuan pengajar, Brian malah memanfaatkan internet. Ia belajar bahasa Inggris secara otodidak sampai akhirnya fasih mengucapkannya di umur 12 tahun.

Tak cocok dengan sekolah konvensional, Rich Brian memilih homeschooling sejak umur 11 tahun

Awal mula Richa Brian belajar bahasa Inggris | YouTube WIRED

Rich Brian yang bernama lengkap Brian Imanuel ini adalah bungsu dari empat bersaudara. Dalam keseharian, orang tuanya lebih banyak menghabiskan waktu di kafe yang dikelola. Sementara itu, Brian tumbuh menjadi sosok lebih senang sendiri. Karena cenderung menyendiri, ia cukup kesulitan untuk bersosialisasi dengan kawan sebaya di sekolah konvensional. Akhirnya, orang tua Brian memilih homeschooling daripada sekolah biasa untuk Brian. Sehingga ia tetap bisa belajar. Hanya saja kegiatan belajar tidak dilakukan di sekolah, tapi di rumah.  Menurut Sonia Eryka, kakak Brian, homeschooling adalah pilihan paling tepat untuk tipe anak sepertinya.

Mengutip Kompas, Brian yang yang suka menyendiri pun lebih senang berkutat rubik. Suatu hari, ia mulai menggunakan komputer milik orang tuanya. Sejak saat itu, ia mengenal media sosial Twitter dan YouTube pada tahun 2010. Waktu itu, Brian masih berumur 11 tahun dan belum bisa berbahasa Inggris. Namun, ia mulai menunjukkan ketertarikannya pada YouTube dan ingin mempelajari bahasa Inggris. Pertemuannya dengan teman-teman dunia maya di Twitter pun membawanya pada musik rap.

Advertisement

Berawal dari perkenalannya dengan internet dan teman dunia maya, Rich Brian akhirnya mahir berbahasa Inggris

Semenjak mengenal internet, Brian pun mulai aktif menggunakan Skype, aplikasi bertukar pesan melalui audio dan video. Dari aplikasi itu pula, Brian berkenalan dengan seorang teman asal Amerika Serikat. Sebelumnya, ia tidak bisa berbahasa Inggris sama sekali. Akan tetapi setelah kenal dengan temannya tersebut, Brian mulai belajar kemampuanya bicara dalam bahasa Inggris. Pelan-pelan kemampuannya itu makin terasah sejak umur 12 tahun.

Advertisement

“Aku belum mulai berbahasa Inggris hingga berumur 12 tahun aku punya teman orang Amerika dan berbicara dengannya di skype. Jadi aku bisa bicara bahasa tersebut,” terang Brian, dinukil dari YouTube WIRED, Rabu (14/7).

Meskipun lahir dan besar di Jakarta, ia bisa fasih berbicara dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Setelah memanfaatkan aplikasi Skype, bahasa Inggris menjadi bahasa keduanya sekarang. Kini, Brian semakin matang di industri musik Amerika Serikat. Ia menjadi penyanyi pertama asal Asia yang berhasil menduduki peringkat puncak  iTunes untuk musik hip hop. Saat ini, pemilik lagu “Dat $tick” ini telah menetap Los Angeles, California.

Trik belajar bahasa Inggris ala Brian sepertinya cukup efektif. Bagi SoHip yang pengen fasih berbahasa Inggris, sontek aja cara Brian tersebut.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE