Tunaikan Salat Id Bareng Keluarga di Rumah, Rio Dewanto Jadi Khotib. Isi Khotbahnya Bikin Takjub

Rio Dewanto khotbah

Meski masih dalam masa pandemi, Hari Raya Idul Fitri 2021 menjadi momentum hangat bersama keluarga. Di tengah kondisi serba terbatas, setiap orang tetap berusaha menjalankan ibadah salat Id. Bahkan beberapa orang memilih menunaikannya di rumah supaya lebih aman. Seperti yang dilakukan oleh pasangan Rio Dewanto dan Atiqah Hasiholan.

Advertisement

Beberapa waktu lalu, Atiqah membagikan momen salat Id di rumahnya, Kamis (13/5). Sebenarnya momen itu tampak biasa saja, tapi Rio yang menjadi khotib saat itu langsung mencuri perhatian. Apalagi pesan yang disampaikannya dalam khotbah. Gara-gara isi khotbahnya, suami Atiqah itu menerima pujian lo. Apa kira-kira isinya, ya? Langsung cek aja, yuk!

Di momentum hari lebaran yang sarat dengan pesan memaafkan, Rio menyinggung soal intropeksi diri

Usai menjalankan ibadah salat Id berjamaah di rumah, Rio tampil mengisi khotbah. Momen itu dibadaikan oleh Atiqah. Sang istri pun mengunggah momen Rio menjadi khotib di Instagram. Dalam khotbahnya, Rio sengaja menyelipkan pesan soal intropeksi diri. Dalam nuansa lebaran yang khas dengan makna memaafkan dan menyucikan diri kembali, ia mengajak orang-orang untuk berhenti membicarakan orang lain. Apalagi membicarakan akhlak dan kelakuan mereka.

Advertisement

“Kalau harus merangkum apa yang sudah dikatakan tadi, alangkah baiknya kita bersyukur dan kita berkaca terhadap diri kita sendiri dibandingkan harus selalu membicarakan orang lain terutama dalam hal akhlak dan kebaikannya,” ucap Rio.

Alih-alih mengurusi perilaku baik-buruk orang lain, Rio berpesan tentang pentingnya melihat perilaku diri sendiri selama ini. Di akhir khotbah ia mengingatkan kalau perayaan Idul Fitri adalah waktu untuk mmebersihkan diri dan saling memaafkan. Bukan cuma meminta maaf kepada keluarga, namun juga kepada sesama umat.

Lantaran mengisi khotbah, Rio membuat warganet kagum sekaligus takjub. Mereka nggak menyangka Rio bisa berkhotbah dan isinya pun penuh makna

Komentar warganet | Credit: Instagram @atiqahhasiholan via www.instagram.com

Unggahan Atiqah itu menuai beragam komentar. Namun, kebanyakan komentar bernada positif. Selain memgucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri kpada keluarga kecil Rio dan Atiqah, mereka juga menyinggung kemampuan Rio berkhotbah. Biasanya cakap berakting di layar kaca, Rio membuat banyak warganet takjub. Belum lagi isi khotbahnya yang penuh makna.

“Met lebaran bu @atiqahhasiholan baru tau kalo Rio bisa khotbah 🤭,” tulis akun @arajiaaraji

@riodewanto👏👏👏 khotbah.” Komentra akun @fajrbahari ini singkat banget, tapi mewakili mayoritas respon warganet soal khotbah Rio

“Kapan lagi bisa didatangi Khotib dari Suku Maori 😂,” komentar akun @rayvalabadi

“Ahahaaaayyyy Ustad Riooo 😂😂😂,” tulis akun@lemari.cicik

Walaupun cuplikan khotbah Idulfitri Rio hanya sebentar, tapi berhasil menyita perhatian. Alhasil, pemain yang membintangi film “Filosofi Kopi” itu pun dipanggil ustaz oleh warganet. Wah, ada-ada aja ya. Setelah melihat Rio berkhotbah, apakah SoHip juga sepakat dengan reaksi warganet?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE