Sering Dianggap Sempurna, Cinta Laura Ungkap Beratnya Jadi Artis Sampai Alami Burnout

Sosok aktris memang sering dianggap memiliki banyak kelebihan, mulai dari parasnya, atau pun secara fisik yang sempurna, materi yang nggak perlu diragukan lagi, dan kehidupan sempurna lainnya. Namun, tentu semua itu terlihat dari yang mereka tampilkan pada publik. Di balik itu, tentu banyak hal yang nggak diketahui. Hal serupa diungkap oleh aktris muda berbakat, Cinta Laura.

Advertisement

Pemain film The Ninth Passenger ini memang sering menyita perhatian publik dengan prestasi dan penampilannya di layar kaca. Namun, baru-baru ini Cinta mengungkap fakta di balik dirinya yang sering dianggap memiliki body goals dan kehidupan sempurna sebagai pekerja di industri hiburan.

Cinta Laura ungkap fakta di balik foto-fotonnya yang sering dianggap sempurna

Cinta Laura sakit

Tangkapan layar unggahan Cinta Laura | Foto dari Instagram Cinta Laura

Memiliki tubuh bagus atau dianggap body goals, paras cantik, kemampuan akting yang mumpuni, dan cerdas memang membuat Cinta Laura nggak luput dari pujian yang sempurna. Namun, melalui unggahan di Instagram pribadinya Cinta justru mengungkap fakta dibalik foto-foto yang ia tampilkan.

Dalam unggahan foto yang terdiri dari beberapa slide itu, menampilkan foto Cinta dengan tubuh idealnya dan paras yang menawan di sebuah pantai. Dalam foto tersebut memang tampak Cinta seperti sedang menikmati liburan tanpa beban. Namun, sayangnya apa yang orang kira itu bukanlah hal yang sebenarnya terjadi.

Advertisement

“No, ini bukan body goals. Pada pandangan pertama, orang akan berpikir bahwa aku lagi bersenang-senang, liburan dan menjalani hidup tanpa masalah atau beban. Tapi kenyataannya foto-foto ini diambil di lokasi syuting,” ungkap Cinta seperti yang ia tulis dalam keterangan foto unggahannya.

Cinta juga mengungkap bahwa di momen foto unggahan itu, para pemain dan kru sudah bekerja selama satu setengah bulan penuh dengan jam kerja kadang-kadang sampai 22 jam per hari tanpa istirahat yang cukup.

Cinta Laura sempat jatuh sakit hingga mengalami burnout karena kelelahan bekerja

Cinta Laura sakit

Tangkapan layar unggahan Cinta Laura | Foto dari Instagram Cinta Laura

Advertisement

Sebagai penikmat alias penonton industri hiburan, publik memang melihat kehidupan para artis yang indah apalagi dengan penghasilan yang besar, tapi tentu itu semua dibarengi kerja keras yang luar biasa. Hal ini pula yang diungkap oleh Cinta Laura, bahwa industri hiburan memang nggak seindah yang dilihat oleh publik, termasuk yang ia jalani. Bahkan, Cinta juga mengungkap banyak tantangan berat yang membuatnya merasakan kelelahan fisik dan mental.

“Industri entertainment memang kelihatan indah dengan hasil yang kadang berdampak baik bagi semua apalagi artisnya. Tapi perlu diketahui bahwa di balik semua itu, banyak kemarahan, frustrasi, kekecewaan, dan pertengkaran juga terjadi, Tears are shed and mental breakdown occur,” kata Cinta Laura.

Akibat kerja keras tak kenal waktu, dan harus melewati tantangan yang membuatnya lelah fisik hingga mengalami burnout atau kelelahan fisik dan mental karena pekerjaan. Bahkan ia sampai harus dirawat di rumah sakit.

“Tiga bulan terakhir aku mengalami burnout terparah dalam lima tahun terakhir. Dari turun berat badan empat setengah kilogram sampai masuk rumah sakit (aku belum pernah diopname selama enam belas tahun terakhir)” imbuh Cinta Laura.

Cinta Laura mengingatkan publik bahwa terlalu banyak bekerja itu nggak baik

Cinta Laura sakit

Potret Cinta Laura | Foto dari Instagram Cinta Laura

Aktris 29 tahun ini menegaskan bahwa apa yang ia sampaikan itu bukan karena ia tak bersyukur, meminta belas kasihan, pun bukan untuk mencari simpati. Ia hanya ingin berbagi cerita, sekaligus mengingatkan bahwa terlalu banyak bekerja itu nggak baik.

“Aku hanya membagikan ceritaku dan mengingatkan kalian semua bahwa terlalu banyak bekerja sendiri mungkin tidak selalu bermanfaat,” kata Cinta Laura.

Cinta juga menyarankan orang-orang supaya menemukan keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan di luar itu, supaya bisa mengantisipasi kelelahan luar biasanya yang ternyata bisa berimbas pada fisik, mental dan emosi, seperti yang ia rasakan. Bahkan, Cinta juga mengungkap saat ini ia sedang dalam masa pemulihan karena mengalami kelelahan yang luar biasa itu.

“Jika memungkinkan, temukan keseimbangan, karena kalian tidak pernah tahu bagaimana kelelahan dapat mengubahmu secara mental, emosional, dan fisik. Aku tanpa ragu kehilangan diri sendiri dan sekarang dalam proses pemulihan,” ungkap Cinta Laura.

Selain itu, Cinta juga mengingatkan publik supaya nggak memandang seseorang dari media sosial, kemudian menyimpulkan begitu saja. Sebab, banyak hal yang dialami seseorang di balik penampilannya di media sosial, terlepas dipandang orang lain terlalu sempurna sekali pun.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE