Warteg Gratis yang Dirintis Sudah Berjalan 2 Tahun, Edho Zell Mengaku Tak Pernah Kekurangan Dana

Warteg Gratis Edho Zell

Edho Zell, YouTuber satu ini sepertinya nggak pernah gagal menginspirasi orang lain. Beberapa bulan silam, Edho menuai decak kagum lantaran mendirikan sekolah e-sport terbuka pertama di Indonesia yang dinamai Esport Academy ID. Ternyata, langkah inspiratif Edho bukan cuma itu aja. Sejak dua tahun lalu, ia menjalankan warteg gratis dalam bentuk food truck.

Advertisement

Muncul dalam kanal YouTube Daniel Mananta pada hari Jumat (18/6), ia membagikan kisahnya mengelola warteg gratis tersebut. Di luar dugaan banyak orang, ia mengaku justru nggak pernah kesulitan soal dana. Bahkan sejak awal, kondisi finansial warteg gratis yang diinisiasinya sudah mapan. Sehingga warteg tersebut bisa beroperasi hingga sekarang.

Ingat masa sulit saat SMA, ide membuat warteg gratis muncul di kepala Edho

Edho Zell bagikan kisah di bali warteg gratis | YouTube Daniel Mananta Network

Di balik berdirinya warteg gratis, ada kisah menarik nan menyentuh yang dialami Edho. Bisa dibilang warteg gratis itu adalah cara Edho membalas kebaikan Tuhan. Masih lekat dalam ingatan Edho saat ia duduk bangku SMA. Waktu itu, ia sedang mengalami masa sulit karena tak memiliki uang. Di tengah kondisi serba terbatas, seorang ibu selalu memberinya makan setiap malam selama dua tahun. Momen berkesan itulah yang memantik ide pendirian warteg gratis di kepala Edho.

“Terus gue dapat vision bayangin kalau lu bisa bantu banyak orang sama seperti ibu itu membantu lu. Dan bayangin lagi kalau orang yang lu bantu akan ngebantu seperti lu ngebantu mereka kayak multi level marketing kan,” terang Edho pada Daniel.

Advertisement

Ia pun meutuskan untuk membuat warteg yang bisa dikunjungi siapa pun. Setiap orang bisa makan di sana tanpa harus mengeluarkan biaya sepeser pun. Namun, ia nggak membatasi bila orang tetap ingin membayar. Hanya saja uang tersebut tidak akan masuk ke kantong  Edho. Uang tersebut akan ‘diputar’ untuk membantu orang lain.

Ide mulia Edho ternyata nggak mudah diwujudkan. Ia sempat ragu, tapi perlahan Tuhan membukakan jalan

Edho Zell sempat mengurungkan niat membuka warteg gratis| YouTube Daniel Mananta Network

Jalan merintis warteg gratis nyatanya tak semudah bayangan Edho. Ketika menimbang-nimbang antara biaya dan tabungannya, ide itu nyaris tak mungkin terealisasikan. Bila dipaksakan, warteg gratis yang didirikannya cuma bertahan 2 bulan. Gara-gara itu, Edho sempat mengurungkan niatnya.

Advertisement

“Duit tabungan saya kan segini nih, kalau saya bikin nih warteg gratis nih, dalam dua bulan  habis duitnya. Nanti saya malu dong. Entar saya dibilangnya wah ini mah youtuber cuma cari sensasi doang buat konten doang ya kan,” ungkap Edho sembari mengenang masa itu.

Setelah tiga bulan berselang, keraguan Edho jutrsu menghilang. Niat dan keinginannya untuk membuka warteg gratis malah makin kuat dan bulat. Sadar tak bisa menjalankan warteg gratis sendirian, ia perlu bantuan orang lain. Ketika menawarkan ide tersebut ke follower-nya, Edho tak menduga banyak orang yang pengin bergabung. Ide warteg gartis dengan konsep food truk pun didapatkan Edho dari masukan follower-nya. Alhasil warteg gratis miliknya lebih fleksibel dan dapat menjangkau orang-orang yang  membutuhkan makanan.

Edho kembali bingung ketika dananya nggak cukup untuk membeli food truck. Namun, semua niat baik Edho direstui Tuhan. Ia menerima suntikan dana usai bekerja sama dengan perusahaan e-commerce ternama di Indonesia. Sejak saat itu, jalan Edho mendirikan dan mengelola warteg gratis berjalan mulus.

Sudah beroperasi 2 tahun, warteg gartis milik Edho nggak pernah kekurangan dana sama sekali

Meski awalnya seolah tak mungkin terealisasi, kini warteg gratis Edho sudah berjalan 2 tahun. Selama itu pula, Edho mengaku tak pernah kesulitan dana. Ia mampu membiayai kebutuhan operasional warteg gartis yang tersebar di lima kota itu. Padahal ia nggak pernah membuka penggalangan dana sama sekali. Namun, donasi selalu datang dari siapa pun tanpa disangka.

“Sampai sekarang sudah berjalan dua tahun, lima kota, enggak sekalipun kita kekurangan dana. Tiga food truck, satuvending machine,” ujar Edho.

Sampai detik ini, warteg gratisnya terus berjalan. Meski muncul beberapa hambatan, Edho mengungkapkan wartegnya masih bertahan. Bahkan di bulan Ramadan lalu, Edho melalui warteg gratisnya membagikan makanan hampir setiap hari. Inspiratif sekali ya, SoHip? Apa yang dilakukan Edho ini patut diapresiasi dan didukung nih. Semoga kegiatan semacam ini ditiru banyak orang.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE