Jadi cewek memang tidak mudah. Dibandingkan dengan cowok, cewek punya banyak kebutuhan yang kompleks. Dari mandi hingga berpakaian, cewek terbilang cukup ribet. Mereka tak cukup bersabun, keramas, dan menggosok gigi. Masih ada luluran, berendam di bathtub, pakai kondisioner, atau menggosok daki. Saat berpakaian, wanita menggunakan hand and body lotion, leave in conditioner, hair spray, parfum, baru kemudian berbusana rapi. Ini pun belum dihitung dengan berpacak rias. Semua itu dilakukan agar nampak lebih cantik. Tak hanya agar cantik, wanita juga berusaha menutupi kekurangan pada tubuh dan wajahnya.

Tak jarang ada cewek yang punya masalah dengan bagian dadanya. Jika tidak terlalu menarik perhatian, kemungkinan lainnya adalah kurang berisi. Tapi sebenarnya ada beberapa gaya busana yang bisa menutupi masalah di bagian dada ini. Apa saja sih?

1. Kamu yang punya dada sangat berisi memang sebaiknya tak memakai baju terlalu ketat. Tapi, hindari juga pakaian yang terlalu gombrong atau oversized.

Pakai baju mama via picture-cdn.wheretoget.it

Advertisement

Di saat cewek lain justru memiliki ukuran yang kecil, memiliki dada dengan ukuran besar seharusnya membuat kamu bangga. Tapi jika bagimu ini justru membuat orang lain terlalu memperhatikannya, jangan kemudian kamu mengenakan kaos oversized atau kedodoran. Mengenakan kaos dengan ukuran yang terlalu besarnya memang akan membuat dada tidak terlalu mencolok. Namun efek samping yang buruk adalah kamu jadi tidak enak dilihat. Bajumu yang kedodoran itu justru membuat wajahmu terlihat “tenggelam”.

Lebih baik kenakan scarf di atas blus atau cardiganmu untuk menutupi bagian dadamu. Kamu juga bisa mengalihkan perhatian orang lain ke bagian tubuh di bawah torso dengan memakai bawahan bermotif atau bermodel full skirt.

Niatmu mungkin ingin menghindarkan diri sebagai pusat perhatian. Tapi jangan sampai kamu malam semakin menjadi pusat perhatian karena penampilan yang tidak enak dilihat.

2. Berinvestasilah pada bra yang menopang dadamu dengan baik. Harganya memang mahal, tapi kualitasnya tak perlu diragukan.

Mahal tapi berkualitas, kenapa tidak? via maryjmelange.files.wordpress.com

Advertisement

Sekali-kali, jangan ragu untuk membeli bra bermerk dengan harga mahal. Pastikan kamu juga meneliti betul-betul kalau kualitasnya baik dan sesuai kebutuhanmu. Mungkin kocekmu akan berkurang banyak, tapi apalah artinya jika dibandingkan dengan penampilan yang sempurna di depan khalayak? Bra yang baik akan menyamarkan kekurangan pada tubuh, sekaligus membentuk tubuhmu menjadi lebih ideal tanpa operasi. Sedangkan bra yang jelek dan tidak sesuai malah membuat bentuk tubuhmu jadi semakin aneh, lho!

Jangan pula mengenakan bra dengan ukuran lingkar dada yang lebih kecil. Mungkin saking kamu tidak tahu mau berbuat apa, kamu nekat membeli bra berukuran kecil dan memakai tiap hari. Tapi penggunaan bra yang tidak sesuai ukuran benar-benar bisa membahayakan kesehatanmu, lho! Ia bisa membuatmu sesak bernapas. Bila kegiatan sehari-harimu menuntut banyak kerja fisik atau terjun ke lapangan, kamu akan sering berkeringat. Keringat tersebut mampu terjebak di dadamu dan menyebabkan gatal karena biang keringat. Belum juga dengan bekas tali dan kawat yang memerah pada tubuhmu. Satu lagi, akan ada tonjolan aneh yang muncul dan bisa terlihat oleh orang dari balik punggungmu.

3. Daripada mengenakan atasan dengan aksen bertumpuk, lebih baik kenakan pakaian yang ngepas di badan. Kamu bisa menambahkan outfit di atasnya jika tidak percaya diri.

Sweater atau vest jadi outfit andalan via s-media-cache-ak0.pinimg.com

Menutupi dada yang berukuran terlalu besar memang susah-susah gampang. Tapi jangan menutupinya dengan baju-baju beraksen gelombang. Misalnya dengan kemeja dengan pita-pita atau gelombang besar di sepanjang garis kancingnya. Justru aksen seperti itulah yang perlu dihindari karena kekuatannya yang memberi volume lebih pada dadamu. Hindari juga atasan dengan efek berkerut-kerut atau baggy.

Sebaliknya, pilihlah atasan baik itu kaus atau kemeja yang ngepas di badan. Mungkin ini membuat dadamu terlihat ketat. Tapi tunggu dulu! Kamu tinggal memberi outfit tambahan di atas pakaianmu. Pilihlah yang sifatnya looser layer (lapisan yang lebih leluasa atau lebar) dan tidak menutupi semua bagian dalammu. Misalnya saja jaket berbahan kaos, sweater yang tidak terlalu tebal dengan model leher sabrina, atau cardigan.

4. Sweater dengan leher tinggi harus dihindari. Sebab, perhatian orang justru akan tertuju di bagian dadamu

Penampilanmu jadi semakin berat via cs622118.vk.me

Sweater tebal dengan banyak aksen, serta berleher tinggi jadi salah satu outift yang perlu dihindari wanita dengan dada yang terlalu berisi. Coba saja kamu lihat gambar di atas! Bagaimana kesan yang kamu dapat setelah melihatnya? Pakaiannya sangat berat dan panas, bukan? Begitu pula jika cewek-cewek dengan dada besar yang akan memakainya. Terlalu banyak hal atau aksen yang tampak menonjol pada pakaian tersebut.

5. Mungkin kamu bisa berinvestasi pada baju yang berwarna hitam. Selain bisa dipasangkan dengan warna apa saja, hitam punya efek melangsingkan

Warna hitam memberi efek ramping via d2q0uh3i39hr15.cloudfront.net

Selama ini, warna hitam dipercaya oleh ratusan hingga jutaan orang dengan badan berisi untuk memberi efek langsing. Namun hal ini bukanlah sekedar isapan jempol. Sebab mereka dan orang-orang di sekitarnya juga merasakan ilusi tubuh lebih kurus dari warna hitam tersebut. Kabar baiknya, efek warna hitam tidak hanya berlaku bagi perut saja. Dadamu pun bisa dibuat lebih melangsing karenanya.

Caranya? Cukup kenakan atasan berwarna hitam dengan bawahan terang. Perut sekaligus dadamu akan jadi lebih kecil dibuatnya. Dengan catatan, atasan yang kamu kenakan berwarna hitam polos. Bukan warna hitam dengan motif-motif tertentu. Jika kamu tidak memiliki atasan berwarna hitam, cari saja koleksi bajumu yang berwarna gelap. Lalu padaukanlah atasanmu itu dengan bawahan yang berwarna lebih muda. Dadamu dijamin lebih mengurus!

6. Kemeja dengan saku di dada mudah membuatmu menyimpan uang atau nota. Tapi hindari baju seperti ini jika tak ingin menarik perhatian di bagian dada

Bisa kasih efek lebih besar via www.oublogg.com

Buat kamu yang memiliki kaus ataupun kemeja dengan saku di bagian dada, sebisa mungkin hindarilah itu mulai dari sekarang. Apalagi jika atasan kamu itu berwarna polos dan sakunya sendiri memiliki tutup. Larangan ini berlaku lebih keras lagi apabila ukuran dadamu lebih dari cup B. Saku yang letaknya ada di depan dada tersebut, mampu membuat perhatian orang teralihkan pada dadamu yang besar.

Selain itu, keberadaan saku dengan penutup pada bagian dada kausmu mampu memberikan volume ekstra. Jika kamu tak percaya, coba ingat masa-masa sekolahmu di mana seragamnya bersaku pada dada! Efek yang akan kamu dapatkan adalah dadamu lebih besar bukan? Belum lagi jika sakumu itu terisi oleh banyak uang kertas, uang receh, hingga nota-nota pembelanjaan. Bagian dadamu akan punya efek ekstra berkali-kali lipat.

7. Lain lagi caranya jika kamu memiliki dada yang kurang berisi. Pilih saja busana dengan lipit atau aksen bergelombang.

Efek gelombang akan membuat dadamu semakin berisi via g01.a.alicdn.com

Bila kamu memiliki ukuran dada yang kurang berisi, tak perlu merasa kecil hati atau tidak percaya diri. Hipwee pun punya tipsnya untukmu. Ketika si pemilik dada yang terlalu berisi harus menghindari aksen pada bagian dada, maka sebaliknya yang harus diperhatikan oleh si pemilik dada yang kurang berisi. Untuk penampilan yang sempurna, kamu harus lebih sering mengenakan pakaian-pakaian dengan aksen lipatan atau gelombang di bagian dada. Sebab aksen seperti itulah yang memberikan volume pada tubuhmu.

Coba amati model kemeja pada gambar di atas! Kemeja seperti itu sudah banyak beredar di pasaran dan bisa kamu kenakan. Misalnya untuk bekerja atau kuliah setiap harinya. Selain nampak formal, kamu juga akan tampil rapi. Cewek-cewek yang badannya selurus cowok pun bisa menggunakan siasat ini. Dijamin pinggulmu terlihat berbentuk menyerupai gitar spanyol dan dadamu pun lebih berisi!

8. Kamisol yang kamu kenakan saat berkebaya jangan dibuang sia-sia. Ia punya fungsi mujarab untuk bentuk tubuh cewek yang ideal.

Kamisol tidak hanya dipakai sat berkebaya via www.vogeni.se

Bustier, long torso, atau kamisol yang pernah kamu kenakan sebelum kebaya di resepsi pernikahan teman atau keluarga punya fungsi ajaibnya untuk tubuhmu. Oleh karena itu, jangan biarkan ia tergeletak di sudut lemarimu. Tahukah kamu, kamisol diciptakan untuk membuat bentuk tubuh untuk wanita yang tidak memilikinya? Itulah sebabnya tubuhmu saat berkebaya jauh-jauh lebih baik dibandingkan dengan penampilanmu berbusana di kehidupan sehari-hari.

Jika kamu memang menginginkan dada yang lebih berisi, tak ada salahnya kamu juga mengenakan kamisol saat bekerja. Tak cuma dadamu saja yang terbentuk lebih ideal, perut dan pinggangmu pun akan begitu. Kenakan kamisol tersebut sebelum kamu berpakaian lengkap dan kamu pun siap melenggang ke kantor atau sekolah. Namun kenakan ini hanya saat diperlukan saja, seperti saat di luar rumah. Sebab ada beberapa bentuk kamisol yang begitu ketat dan mampu membuat sesak jika dipakai berlama-lama.

9. Selain kamisol, mengenakan jenis bra yang tepat akan membantu menutupi kekuranganmu. Kenakan bra yang berkawat dan berbusa, daripada jenis push up bra.

Memakai bra berbusa dan berkawat memberi efek ekstra via matatelinga.com

Bra yang beredar di pasaran kini memiliki macam-macam fungsi dan bentuk. Beberapa di antaranya adalah push up bra. Jenis bra yang satu ini berfungsi untuk menaikkan dada. Bedanya dengan bra biasa adalah bra jenis ini memiliki busa dan masih ditambah dengan spons di bagian sebelah kanan dan kiri. Ia didesain untuk mengangkat dan membuat dada terdorong ke tengah depan.

Kelihatannya, menarik menggunakan bra jenis tersebut. Selain seksi, dadamu pun seakan lebih berisi. Namun alangkah lebih baiknya kamu memilih jenis bra yang berkawat serta busa. Ia akan membuat dadamu naik ke atas. Dengan tali yang lebar, dadamu pun akan terangkat lebih baik. Ini berbeda dengan push up bra yang hanya mendorongnya ke depan dan kadang tidak terlalu nyaman bila dikenakan sehari-hari. Apalagi penggunaannya lebih tepat saat mengenakan gaun dengan potongan leher rendah.

10. Selain memberi perlakuan pada bagian dada sendiri, ada cara lain untuk mengalihkan perhatian orang-orang yang melihatmu. Cukup kenakan pakaian yang lebih menonjolkan bagian bahumu.

Sabrina neck akan mengalihkan perhatian orang via www.heboo88.com

Tips ini bahkan tidak cuma diperuntukkan untuk kamu-kamu yang memiliki dada yang kurang berisi saja. Yang dadanya oversized pun bisa mencoba trik paling sederhana ini. Cukup kamu kenakan pakaian-pakaian yang menonjolkan bentuk bahu. Kenapa? Karena bahu mampu mengalihkan perhatian orang dari dada yang kurang ideal. Selama ini bahu memang kurang mendapat perhatian saat seseorang cewek membeli baju. Padahal bahu punya banyak kekuatan.

Bahu bidang yang tegak akan membuat tubuh terbentuk. Untuk mendapatkannya, bisa juga mengenakan pakaian dengan busa atau pad yang tak terlalu besar pada lengan. Bentuk pakaian dengan model leher sabrina juga mampu membuat pinggul jadi kecil. Tapi, jangan pakai kemben ya demi memperlihatkan bahu. Justru dadamu tidak akan teralihkan karena terlalu banyak bagian bahu dan separuh dada yang terekspos.

Bagaimana? Semoga dengan ini, kamu bisa lebih percaya diri dengan tubuh yang kamu miliki, ya! 🙂

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya