Pakaian menjadi salah satu hal utama yang setiap harinya selalu dicari oleh setiap dari kita. Terlebih cewek, rasanya baju menjadi hal yang penting banget. Saking pentingnya, jadi nggak heran jika cewek berusaha keras untuk mendapatkan pakaian terbaiknya.

Untuk bisa memiliki baju terbaik pun banyak cara yang mereka cari. Nggak cuma berburu di mall dan membelinya, di antara mereka pun rasanya ada yang menjahit baju mereka sendiri atau menjahitkan di penjahit demi baju yang mereka inginkan.

“Aku lebih suka jahit sendiri dong. Soalnya kalau jahit sendiri itu kan jadi limited editon bajunya. Terus bisa berkreasi untuk detilnya, kita bisa request sama penjahitnya untuk menaruh kancing di mana. Jelas bakal lebih hemat juga sih, soalnya sisa bahan yang ada bisa dipakai buat yang lain lagi.”

-Silvia, 23 tahun.

Nah, selain alasan itu, di bawah ini ada beberapa alasan lain kenapa cewek lebih suka menjahit bajunya sendiri daripada membeli baju jadi. Yuk, disimak sama-sama.

1. Baju yang dijahit sendiri akan mengikuti bentuk tubuh dan tentu akan pas banget di badanmu

pas mantab di badanmu! via www.elliesanderson.co.uk

Advertisement

Seringkali mencari baju yang bisa mengikuti bentuk tubuh dan benar-benar terasa pas di badan menjadi masalah sendiri buat para cewek. Karena itulah nggak heran jika mereka bisa keliling seharian penuh di mall demi baju yang nyaman dikenakan.

Nah, berangkat dari perkara tersebut akhirnya nggak jarang cewek memutuskan untuk menjahit bajunya sendiri. Alasannya sudah jelas karena dengan menjahitnya sendiri, baju yang kamu inginkan pun akan bisa mengikuti lekuk tubuhmu. Rasanya akan pas banget di badanmu dan kamu pun akan sangat nyaman mengenakannya.

2. Untuk kamu yang punya badan istimewa jadi nggak perlu lagi repot untuk kecilin atau besarin pakaianmu lagi

nggak perlu susah vermak lagi! via www.nyoozee.com

Nggak semua cewek punya porsi badan yang proporsional. Rasanya nggak sedikit cewek yang memiliki tubuh istimewa. Dari keistimewaan tubuh yang ada itu pun seringkali menjadi hambatan untuk mencari pakaian. Bukan hal yang aneh jika baju yang ada di pasaran itu kebesaran atau kekecilan.

Jika itu sering jadi masalah, maka nggak ada salahnya kalau kamu memutuskan untuk menjahitkan bajumu sendiri. Dengan begitu kan kamu jadi nggak perlu repot lagi untuk mengecilkan atau membesarkan pakaianmu yang sudah jadi. Semua akan jauh lebih simpel!

3. Memilih model sendiri sesuai dengan yang kamu inginkan akan membuat baju yang kamu kenakan jadi limited edition

menentukan desainmu sendiri. via www.cursoedubras.com.br

Dengan menjahitnya sendiri, kamu akan memiliki baju yang berbeda dari orang lain. Artinya, kamu akan punya baju yang limited edition. Rasanya kalau kamu punya satu-satunya baju yang nggak akan dimiliki orang lain akan menjadi sebuah rasa tersendiri di dalam hati. Kamu pun nggak perlu merasa khawatir ada orang yang menggunakan pakaian yang sama di sebuah acara. Jadi, menjahir baju memang bisa jadi pilihan yang tepat, kan?

4. Kamu pun bisa mengembangkan kreasimu dengan menentukan sendiri detil apa yang ingin kamu gunakan di bajumu

bisa berkreasi~ via www.astitchingodyssey.com

Kamu pun jadi bisa mengembangkan kreasimu dengan menjahit baju. Sebab untuk menjadikan sebuah baju yang istimewa, justru kamu memang memerlukan kreasi untuk membuat desain. Tidak berhenti sampai di situ aja, kamu juga akan memerlukan kreasi untuk menentukan detil apa yang kamu harapkan ada di pakaianmu.

Seperti misalnya kamu bisa melatih kreasi dengan memesan meletakkan kancing di beberapa posisi agar bajumu terlihat beda. Lainnya, kamu juga mungkin bisa mengkreasikan beberapa bahan menjadi satu untuk menjadi bahanmu. Rasanya kamu nggak akan menyesal telah berkreasi dengan baju yang kamu miliki.

5. Kamu juga bisa begitu menyukai dan jadi candu untuk terus menjahit karena semuanya ada dari keinginanmu sendiri

jahit baju sendiri itu asyik~ via workplace.land

Dengan menjahit baju sendiri rasanya nggak akan ada alasan yang membuat kamu nggak menyukai bajumu. Yap! Kamu nggak akan lagi mengeluhkan beberapa hal yang ada di bajumu. Jelaslah, karena baju yang kamu jahit sendiri itu tentunya akan sesuai dengan segala keinginanmu. Dengan begitu kamu pun akan begitu menyukainya.

6. Menjahit sendiri juga akan membuatmu lebih hemat. Selain akan lebih murah, memanfaatkan bahan sisa juga bisa kamu lakukan

bisa jadi sesuatu yang lain lagi. via www.youtube.com

Kamu juga bisa lebih berhemat dengan menjahit pakaianmu sendiri. Bagaimana tidak, rasanya dengan menjahit uangmu akan lebih tersisa banyak daripada harus membelinya di mall. Selain itu, hemat juga akan kamu rasakan dari sisa bahan yang bisa kamu manfaatkan. Karena, sisa bahan yang ada pun bisa kamu jadikan beberapa hal lain, seperti tempat handphone, dompet kecil, ataupun tas lucu.

Itulah beberapa alasan kenapa cewek lebih suka menjahit baju sendiri daripada harus membeli baju jadi di luaran. Ternyata banyak hal positif yang bisa diambil dengan menjahit baju sendiri, ya. Buat kamu yang belum pernah mencoba, nggak salah lho kalau kamu memulai untuk membuatnya sendiri. Yuk, dicoba.