Buat kamu yang harus berkacamata setiap harinya, makeup yang seharusnya menyenangkan bisa berubah menjadi tantangan. Di satu sisi kamu ingin tampil cantik, tapi di sisi lain, kamu berpikir bahwa makeup nggak akan berguna kalau tertutup di balik kacamatamu.

Tapi siapa bilang? Cewek berkacamata seperti kamu pun bisa, lho, tampil cantik dan stand out dengan makeup. Pemakaian makeup yang tepat justru bisa membuat kacamatamu jadi nilai plus bagi penampilanmu. Nah, masalahnya, makeup yang seperti apa sih yang bisa dibilang tepat bagi cewek berkacamata? Daripada penasaran, simak aja artikel Hipwee kali ini!

1. Salah satu makeup yang biasa dihindari olehmu adalah maskara. Padahal, kamu bisa lho pilih maskara yang nggak belepotan

Berani pakai maskara via www.styleoholic.com

Jangan takut pakai maskara ya, girls. Karena kamu bisa memilih maskara waterproof berkualitas bagus yang nggak akan meninggalkan noda hitam di kacamatamu. Pastikan juga maskara yang sudah kamu kenakan kering dengan sempurna, agar mengurangi risiko noda hitam tersebut.

Jika bulu matamu termasuk yang lurus dan panjang, coba sebelumnya kamu jepit dulu dengan penjepit bulu mata agar hasilnya lebih lentik dan nggak akan mengenai bagian kaca dari kacamatamu. Tapi jika memang kamu nggak mau pakai maskara, kamu juga bisa cuma pakai penjepit bulu mata agar bulu matamu terlihat lentik. Pastikan kamu menjepitnya agak lama — sekitar 20 detik — agar bulu matamu lentik sempurna dan tahan lebih lama.

2. Sesuaikan ketebalan eyeliner dengan tebalnya frame kacamata yang kamu kenakan

Advertisement

Bingkai tebal dan eyeliner tebal via makeup.allwomenstalk.com

Untuk menghasilkan look yang seimbang, pastikan kamu memakai eyeliner dengan ketebalan yang disesuaikan dengan tebalnya bingkai kacamatamu. Jika bingkai yang kamu kenakan tebal, pakai eyeliner yang tebal pula untuk kedua matamu. Jika tipis, maka cukup sapukan garis tipis yang cantik di kelopak matamu.

Gel eyeliner bisa jadi pilihan yang tepat untuk kamu yang berkacamata. Gel lebih mudah disapukan ketika kamu harus mengandalkan penglihatan minusmu untuk memakai makeup. Selain itu, gel juga lebih tahan lama. Kamu pun bisa membuatnya dengan sedikit ekor dibelakang garisnya, atau yang biasa disebut dengan model cat eye, agar matamu terlihat semakin cantik di balik kacamata.

3. Untuk membuat wajahmu tampak segar, jangan lupa sapukan blush on pada pipi

Perona pipi agar wajah lebih segar via styleetcetera.net

Agar wajahmu yang berkacamata tak melulu terlihat pucat, coba sapukan perona pipi yang membuat wajah merona dan fresh. Sapukan tipis-tipis dan dengan warna-warna yang soft seperti merah muda dan peach.

4. Cerahkan bagian bawah mata dengan shimmer atau eyeshadow warna natural. Mata lelahmu pun akan pergi jauh-jauh

Mata segar dengan kulit mata yang cerah via makeup.allwomenstalk.com

Berkacamata bisa membuat tampilan matamu jadi terlihat lelah dan tidak segar. Untuk mengatasinya, coba kamu pakai shimmer atau bisa juga eyeshadow berwarna cerah pada bagian bawah matamu. Pakai tipis-tipis di kelopak mata bagian bawah dan lihat perbedaannya. Dengan begini matamu akan terlihat lebih segar dan makin stand out di balik kacamata yang bertengger di wajahmu.

5. Selalu bentuk alismu agar wajahmu terbingkai sempurna

Bingkai wajah yang cantik via www.billiondollarbrows.co.nz

Alis mata adalah hal yang penting buat kamu yang pakai kacamata. Alis dapat membingkai wajahmu dan akan membuatnya lebih cantik. Selalu perhatikan bentuk alismu, bisa dengan merapikannya ataupun dengan menambahnya sapuan pensil alis untuk mempertegasnya. Jangan biarkan alis tipismu berdampingan dengan bingkai kacamata yang tebal jika ingin tampil lebih cantik!

6. Jika kacamata membuat matamu jadi kecil, pakai eyeliner di kelopak mata bagian atas dan bawah

Eyeliner atas bawah via www.examiner.com

Terkadang kacamata membuat mata menjadi terkesan lebih kecil. Trik untuk membuat matamu tampil lebih besar, adalah mengaplikasikan eyeliner pada kedua kelopak mata atas dan bawah. Hal ini akan memberikan kesan pada matamu terlihat lebih besar.

7. Kamu boleh tampil natural dan simpel pada bagian lain dari wajahmu. Tapi untuk bibir, kamu sah saja mengenakan gincu warna cerah

Gincu warna cerah via www.llymlrs.com

Tampilan makeup bagi kamu yang berkacamata memang harus tetap natural. Tapi untuk bagian bibir, kamu bisa bebas bereskplorasi dengan berbagai warna cerah yang bisa membuat penampilanmu menjadi semakin chic. Tak perlu ragu jika kamu ingin memakai warna pink cerah ataupun merah menyala, apapun warna gincu yang kamu pakai, bisa membuat penampilanmu semakin hits.

Intinya, jika kamu ingin makeup yang cocok untuk wajahmu yang berkacamata, coba untuk memperhatikan bagaimana kacamata yang kamu pakai membentuk wajahmu. Setelahnya, luangkan waktu sejenak untuk kamu bisa bereksperimen dengan berbagai peralatan dan teknik makeup sampai kamu menemukan yang pas untukmu.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya