Acne Patch vs Acne Spot Gel, Efektif yang Mana?

Acne Patch vs Acne Spot Gel

Acne patch dan acne spot gel merupakan dua produk perawatan wajah yang fokusnya berfungsi untuk meredakan jerawat. Kedua produk tersebut biasanya menjadi pertolongan pertama saat kamu sedang mengalami jerawat yang meradang. Namun, sebelum mengoleskan acne spot gel ataupun menempelkan acne patch pada kulit wajah, kamu perlu memahami cara kerja kedua produk tersebut.

Advertisement

Hal ini karena pada kenyataannya, jika kedua produk tersebut dipakai secara sembarangan justru bisa memperburuk jerawat dan bisa membuat kulitmu menjadi sangat kering. Nah, meskipun acne patch dan acne spot gel memiliki fungsi yang sama, tetapi ternyata keduanya memiliki cara kerja yang berbeda. Untuk itu, simak penjelasan berikut ini untuk mengetahui produk mana yang lebih efektif kamu gunakan agar jerawatmu cepat membaik.

1. Perbedaan acne patch dan acne spot gel yang mendasar dapat dilihat dari bentuknya

Perbedaan acne patch dan acne spot gel | Credit: Shopee

Buat kamu yang belum tahu apa itu acne patch, produk penghilang jerawat tersebut menyerupai stiker kecil yang bisa kamu tempelkan di atas jerawat. Sementara itu, acne spot gel berupa gel, cairan, atau krim yang biasanya tersedia dalam kemasan tube. Kedua produk tersebut memiliki kandungan yang dapat bekerja meredakan jerawat.

2. Acne patch, inovasi baru obat jerawat yang kekinian

Acne Patch Focallure | Credit: Shopee Mall Focallure

Stiker yang berfungsi sebagai obat jerawat ini mengandung bahan-bahan ampuh yang mampu mengeluarkan minyak, kotoran, dan cairan lain yang muncul dari jerawat, sehingga mempercepat proses penyembuhan. Produk ini bisa kamu pakai dalam waktu yang lama dan tidak akan membuat kulitmu menjadi kering. Biarkan stiker menempel di atas jerawat selama 8-10 jam.

Advertisement

Saat kamu melepas stiker, akan terlihat zat seperti gel bewarna putih yang menempel di stiker acne patch tersebut. Zat itu adalah cairan dan minyak pada jerawat yang berhasil terserap. Agar acne patch bekerja lebih maksimal, sebaiknya kamu menunggu jerawat tersebut sampai benar-benar matang atau menonjol lalu tempelkan di atas jerawat tersebut.

3. Acne spot gel atau obat totol jerawat hanya perlu dioleskan pada jerawat saja

Spot gel | Credit: Shopee

Obat totol jerawat ini biasanya diformulasikan berupa gel, cairan, atau krim. Mereka biasanya mengandung bahan-bahan seperti asam salisilat, benzoil peroksida, belerang, dan lain-lain yang mampu menyembuhkan jerawat hingga kering. Untuk menggunakan obat totol jerawat ini kamu tak perlu menunggu jerawat sampai benar-benar matang.

4. Jika keduanya sama-sama mampu menyembuhkan jerawat, produk mana yang lebih ampuh?

Advertisement

Keefektifan acne patch dan spot gel | Credit: Shopee

Komedo putih, komedo hitam, ataupun jerawat kistik, semuanya membutuhkan perawatan yang berbeda. Jika kamu memiliki jerawat dangkal yang dekat dengan permukaan kulit, seperti komedo atau pustula, acne patch mungkin menjadi pilihan terbaikmu. Bahkan, produk perawatan berupa stiker jerawat ini dapat digunakan oleh semua jenis kulit sekalipun.

Berbeda dengan acne patch, obat totol jerawat dapat digunakan pada jerawat dalam keadaan apapun, walau jerawat tersebut baru saja tumbuh. Namun, kamu perlu mengetahui bahwa biasanya obat totol jerawat ini mengandung bahan-bahan yang tak dapat digunakan oleh semua jenis kulit. Untuk itu, buat kamu yang memiliki kulit sensitif, sebaiknya lebih memerhatikan kandungan yang terdapat dalam obat totol jerawat sebelum menggunakannya agar kulitmu tidak iritasi atau kering.

Nah, dari penjelasan di atas rupanya baik acne patch ataupun acne spot gel akan bekerja secara efektif sesuai dengan jenis jerawat yang tengah kamu alami dan kamu juga perlu memerhatikan kandungan di dalamnya agar tak menimbulkan iritasi pada kulitmu, terutama kulit sensitif.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE