Kupas Tuntas Aturan Eksfoliasi Wajah Sesuai Jenis Kulit. Jangan Sembarangan!

Aturan eksfoliasi wajah

Bagi sebagian orang, aktivitas perawatan kulit biasanya dilakukan secara rutin setiap hari. Salah satu perawatan kulit yang bisa kita lakukan adalah eksfoliasi atau pengangkatan sel kulit mati dan kotoran di permukaan kulit hingga di dalam pori-pori.

Advertisement

Eksfoliasi biasanya menggunakan produk-produk eksfoliator yang mengandung scrub atau kandungan khusus lainnya yang bisa membersihkan kulit secara tuntas.

Namun, perlu diketahui, jika eksfoliasi nggak boleh sembarangan lo. Ada aturan yang harus kamu perhatikan, mulai dari seberapa sering harus dilakukan dan kandungan yang aman sesuai jenis kulit. Terlalu sering melakukan eksfoliasi apalagi menggunakan produk yang nggak tepat ternyata bisa menyebabkan iritasi, bahkan menghilangkan sel-sel atau zat yang sebenarnya dibutuhkan oleh kulit. Seperti apa aturan eksfoliasi wajah yang tepat sesuai jenis kulit?

Bagi kamu pemilik kulit berminyak, eksfoliasi nggak boleh dilakukan terlalu sering ya. Maksimal seminggu sekali dengan kandungan eksfoliator yang tepat

Gunakan scrub | Credit by Freepik on Freepik

Aktivitas eksfoliasi pada kulit berminyak bisa membantu menghindari masalah jerawat. komedo, dan pori-pori tersumbat. Namun, bagi kulit berminyak aktivitas ini lumayan berisiko menghilangkan keasaman pada kulit. Sebab, kulit berminyak lebih mudah melepaskan sel-sel kulit daripada jenis kulit lainnya.

Advertisement

Maka dari itu, untuk menjaga kulit tetap sehat dan terawat, lebih baik eksfoliasi dilakukan maksimal seminggu sekali. Jika terlalu sering, kulit bisa iritasi, menimbulkan rasa perih dan kemerahan. Melansir dari Byrdie, kandungan terbaik dalam produk eksfoliator untuk kulit berminyak adalah salicylic acid dan charcoal atau arang.

Rekomendasi produk eksfoliator untuk kulit berminyak: Biore Warming Anti-Blackhead Cleanser, Azarine Miraclear Herbal Peeling Serum, dan Freeman Beauty Polishing Charcoal & Black Sugar.

Kulit kering lebih butuh eksfoliasi, tapi cukup 2 kali dalam seminggu dan menghindari kandungan eksfoliator yang bisa membuat kulit makin kering

Advertisement

Kulit kering | Credit by Polina on Pexels

Bagi pemilik kulit kering, eksfoliasi sangat penting dilakukan secara teratur untuk menghindari penimbunan kotoran di dalam pori-pori. Jika eksfoliasi nggak teratur, maka kotoran akan menghalangi penyerapan skincare yang kamu pakai. Kendati harus teratur, tapi nggak boleh berlebihan ya, cukup 2 kali dalam seminggu.

Selain itu, kamu juga harus menghindari tekstur eksfoliator yang terlalu kasar dan kandungan retinoids, benzoyl peroxide dan retinol yang bisa membuat kulit makin kering. Sementara itu, kandungan terbaik untuk eksfoliasi kulit kering adalah glycolic acid, lactic acid, dan mandelic acid.

Rekomendasi produk eksfoliator untuk kulit kering: Mineral Botanica Rejuvenating Facial Scrub, Emina Sugar Rush Face Scrub, dan Wardah Essential Face Scrub

Eksfoliasi pada kulit sensitif nggak boleh menggunakan scrub yang kasar dan lebih aman dilakukan maksimal sekali dalam seminggu

Kulit sensitif | Credit by Freepik on Freepik

Kulit sensitif sangat rentan terhadap iritasi, apalagi saat aktivitas eksfoliasi dilakukan tanpa memperhatikan aturan yang tepat. Bagi kamu pemilik kulit sensitif, hindarilah eksfoliator yang mengandung microbead atau butiran plastik kecil dan scrub yang kasar. Alih-alih mengangkat sel kulit mati, bahan ini justru bisa melukai kulit dan menyebabkan iritasi.

Melansir dari Healthline, kandungan terbaik pada eksfoliator untuk kulit sensitif adalah lactic acid dan salicylic acid. Kandungan ini dapat membersihkan kulit sensitif dengan lembut dan maksimal, serta membantu menghidrasi kulit. Setelah melakukan eksfoliasi, ada baiknya kamu segera mengaplikasikan serum atau pelembab yang mampu mengandung anti-inflamasi untuk menghindari iritasi.

Rekomendasi produk eksfoliator untuk kulit sensitif: Pixy Peel & Polish, Mustika Ratu Duo Face Care Lemon-Face Peeling Gel & Peel off Mask, dan Bio Essence Deep Exfoliating Gel with Royal Jelly

Eksfoliasi kulit normal dan kombinasi butuh trik khusus sesuai kondisi cuaca dan hormon tubuh

Eksfoliasi kulit normal dan kombinasi | Credit by lookstudio on Freepik

Bagi kamu pemilik kulit normal kombinasi kombinasi, pasti sering mengalami kondisi kulit yang berubah-ubah. Kadang berminyak di musim kemarau dan jadi kering di musim dingin. Belum lagi ada bagian yang kering, ada pula bagian yang berminyak dan dipengaruhi juga oleh produksi hormon. Maka dari itu, kamu harus lebih peka terhadap kondisi kulitmu sendiri.

Saat dalam keadaan kering maka harus menyesuaikan aturan eksfoliasi untuk kulit kering, begitu pula jika sedang berminyak. Sementara dalam kondisi normal yang nggak terlalu berminyak atau pun terlalu kering, kamu bisa melakukan eksfoliasi 2 kali dalam seminggu.

Rekomendasi produk eksfoliator untuk kulit normal atau kombinasi: Wardah White Secret Exfoliating Lotion, Azarine Miraclear Herbal Peeling Serum, dan Avoskin Miraculous Refining Serum

Selain aturan eksfoliasi berdasarkan jenis kulit di atas, kamu juga harus memperhatikan efek eksfoliasi. Apalagi jika kamu sedang mencoba produk eksfoliator yang baru pernah dipakai. Jika setelah eksfoliasi kulit jadi kemerahan, menimbulkan sensasi panas dan perih, lebih baik dihentikan.

Yuk, coba terapkan aturan eksfoliasi di atas sesuai jenis kulitmu supaya manfaatnya lebih maksimal!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE