Kenalan Sama Beauty Sleep. Sepenting Apa sih Manfaatnya Buat Kulit?

Beauty sleep is

Beauty sleep – Salah satu pola hidup yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan adalah menjaga pola atau waktu tidur yang teratur. Kebiasaan menjaga pola tidur teratur tak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan, bahkan juga akan memberikan banyak manfaat signifikan bagi kesehatan kulit.

Advertisement

Istilah menjaga pola tidur untuk menjaga kesehatan kulit saat ini dikenal dengan sebutan beauty sleep. Perawatan kulit dengan menerapkan beauty sleep membuktikan bahwa menjaga kesehatan kulit bukan hanya dengan penggunaan skincare saja. Yuk simak penjelasan detail tentang apa manfaat beauty sleep dan bagaimana cara penerapannya.

1. Sebelum berbicara lebih jauh, kenali dulu yuk apa itu beauty sleep~

Beauty sleep | Credit: Photo by Ketut Subiyanto from Pexels

Beauty sleep dapat didefinisikan sebagai pola menjaga kualitas dan kuantitas tidur dengan baik guna mendapatkan rasa segar dan tak lelah di pagi harinya. Selain itu, tentu saja dengan menerapkan pola kualitas dan kuantitas yang baik, maka kamu akan mendapatkan manfaat kesehatan tubuh dan juga kesehatan kulit.

Dilansir dari Good Housekeeping, seorang dokter asal New York bernama Whitney Bowe menjelaskan tentang bagaimana cara kerja beauty sleep. Menurutnya, “Saat kita tidur, hormon stres (kortisol) kita turun dan hormon tidur kita (melatonin) naik. Tubuh kita, dan kulit kita, sedang dalam mode perbaikan” Dengan kata lain, malam hari memberi kulit kita kesempatan untuk pulih dari kerusakan di siang hari.

Advertisement

2. Membahas tentang kuantitas tidur yang baik, setiap harinya minimal kamu harus tidur selama 7 jam untuk mendapatkan kulit yang sehat

Waktu tidur | Credit: Photo by Katniss12 from Pixabay

Dilansir dari National Sleep Foundation, orang dewasa harus tidur 7 hingga 9 jam setiap malam. Apabila kamu tidur kurang dari 6 jam, kamu pun akan melihat dampaknya seperti suasana hati yang kurang baik. Namun, perlu juga diperhatikan tentang kualitas tidurmu. Menjaga kualitas tidur dapat dilakukan dengan disiplin waktu tidur dan waktu bangun. Daripada kamu harus memasang alarm setiap pagi, lebih baik tetapkan waktu tidur yang disiplin, maka tubuhmu akan bangun dengan sendirinya di jam yang sama setiap harinya.

3. Manfaat pertama yang akan kamu rasakan jika sudah menjaga kualitas tidur yang baik adalah mengurangi kerutan di wajah. Bakal lebih awet muda!

Beauty sleep mengurangi kerutan | Credit: Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Saat kamu sedang tidur, aliran darah ke epidermis pun meningkat. Proses alami tubuh ini dapat membangun kembali dan marangsang produksi kolagen. Hal ini merupakan bagian dari proses perbaikan yang dapat mencegah dan mengurangi kerutan dan garis halus di wajah. Semakin banyak kolagen yang berhasil diproduksi, maka semakin kecil pula kemungkinan muncul kerutan di wajah. Eits, perlu kamu tahu juga bahwa proses ini juga berlangsung untuk semua kulit di tubuhmu.

4. Selanjutnya, pola tidur yang baik akan menjauhkanmu dari breakouts. Jauh-jauh deh jerawat!

beauty sleep | Credit: Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Ada dua jenis jerawat yang kerap muncul di kulit mu, yaitu jerawat hormonal dan jerawat stress. Berbicara soal jerawat stress, rupanya kemunculannya itu berjalan beriringan dengan kurangnya kuantitas dan kualitas tidur. Hal ini karena kualitas tidur yang buruk dapat menyebabkan peningkatan hormon stress dan keseimbangan hormon yang buruk kemudian menyebabkan munculnya jerawat.

Advertisement

5. Tidur yang cukup dapat membuat kulitmu lebih bercahaya. Cita-cita punya kulit glowing bisa terwujud!

Beauty sleep | Credit: Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Saat tidur, kulit sedang bekerja menyembuhkan dirinya sendiri dari kerusakan yang mungkin kamu alami di siang hari akibat sinar UV atau polusi. Bahkan, sel-sel kulit baru tumbuh lebih cepat saat kita sedang tidur. Untuk itu, kamu harus memanfaatkan proses tersebut dengan membersihkan kulit sebelum tidur dan memilih produk yang akan mengoptimalkan masa pemulihan tersebut, sehingga ketika bangun tidur kamu akan mendapatkan kulit yang sehat dan bercahaya.

6. Untuk membantu mengoptimalkan fungsi dan manfaat dari beauty sleep, kamu bisa mencoba beberapa inovasi produk ini lo

Pillow mist | Credit: Photo by Karolina Grabowska from Pexels

Demi menunjang manfaat beauty sleep, saat ini banyak produk inovatif yang dibuat agar bisa mengoptimalkan kerja kulit saat kamu sedang tidur. Untuk membuat tidurmu rileks, kamu bisa menyemprotkan pillow mist atau parfum bantal yang wanginya dapat membantumu tidur nyenyak.

Tak hanya itu, kini juga terdapat produk-produk yang bisa memaksimalkan tidur cantikmu, misalnya sleeping mask atau bahkan sarung bantal yang kainnya disesuaikan dengan jenis kulitmu, produk ini biasa disebut dengan Dual Sided Beauty Pillowcase. Dua sisi dari sarung bantal tersebut terbuat dari bahan kain yang berbeda, satu sisi untuk kulit kering dan normal, sisi lainnya untuk kulit berminyak dan kulit sensitif. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan bantal yang kamu gunakan, pilihlah bantal dengan bahan microfiber akan tidurmu nyenyak karena bantal tersebut sangat empuk.

Nah, itu tadi sederet hal-hal penting yang perlu kamu tahu tentang beauty sleep. Ingat ya, nggak cuma rutin pakai skincare aja untuk menjaga kesehatan kulitmu, pola tidur yang baik pun bisa membuatmu mendapat kulit yang sehat. Jangan lupa juga sering membersihkan dan mengganti sarung bantal serta spreimu agar kulitmu bebas dari debu membandel. Selamat mencoba~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE