Sebagai anak muda yang gemar bergaya, tentunya kita ingin selalu tampil elegan dengan busana yang dipakai. Namun kendalanya adalah: baju-baju dan outfit yang kerap dinilai elegan itu hanya bisa dibeli dengan harga yang tidak murah. Sebut saja merek-merek dari luar negeri atau hasil rancangan desainer ternama dalam negeri. Jarang yang harganya ramah di kantong.

Walau begitu, sebetulnya tidak menutup kemungkinan untukmu tampil elegan meskipun tidak memakai barang-barang yang mahal. Asalkan kamu tau caranya. Nah, di sini Hipwee akan kumpulkan tips untuk kalian yang ingin mencapai tingkat kece tanpa banyak syarat. Yuk simak,

1. Untuk mendapatkan baju berkualitas bagus, beli saja bahan kain yang bagus lalu dijahitkan ke penjahit langganan.

Langganan sudah percaya.

Langganan sudah percaya. via www.yelp.com

Cara paling mudah untuk membuat pakaian yang elegan dan sesuai selera adalah dengan menjahitkannya sendiri. Kalau kamu tak bisa menjahit, tinggal bawa saja ke penjahit langganan. Untungnya banyak lho, selain kamu bisa mendapatkan pakaian sesuai angan, harganya juga bisa jauh lebih murah. Tentunya ini berlaku untuk pakaian dengan bahan berkualitas baik.

2. Warna elegan didapatkan dari nuansa dark: merah marun, ungu tua, cokelat tua, atau hijau tua. Tak akan ada orang tanya harganya berapa.

Ungu gelap classy-nya~

Ungu gelap classy-nya~ via whatwhenwhere.dk

Cara simpel untuk tampil elegan adalah dengan memanfaatkan padu padan warna gelap. Bukan untuk meninggalkan kesan ceria, tetapi warna gelap memang membuat pemakainya terlihat lebih wibawa. Sesekali pakai baju-baju dengan warna merah marun, ungu gelap, cokelat, atau hijau. Kamu akan terlihat seperti wanita/pria berkelas. Coba saja sendiri.

3. Kenakan aksesori yang terbuat dari mutiara. Tak perlu yang asli, imitasi juga tak apa.

Tetep elegan, kan?

Tetep elegan, kan? via favim.com

Mutiara adalah kunci untuk mendapatkan tampilan elegan secara instan. Apalagi kalau kamu padukan dengan outfit yang berwarna gelap. Kontrasnya antara mutiara yang terang dengan baju berwarna gelap adalah sumber utama pencuri perhatian. Tak perlu ragu untuk memiliki satu atau dua perhiasan yang berbahan dasar mutiara. Tampil elegan tak perlu banyak syarat bukan?

4. Tak masalah kalau batikmu berharga murah, asalkan warna yang kamu pilih tak terlalu meriah.

Karena batik adalah kebanggaan

Karena batik adalah kebanggaan via fancy.com

Tahukah kamu, apa yang membuat beberapa batik terkesan ‘daster’ banget? Ya, karena motifnya yang terlalu ramai dan mencolok mata. Ada baiknya kamu mempertimbangkan untuk membeli batik dengan warna-warni kalem dan redup. Semurah apapun kain atau baju batik yang kamu pakai, elegannya tidak akan hilang jika warna yang kamu pilih adalah yang berwarna kalem dan sendu.

5. Hindari barang palsu! Lebih baik beli barang yang tak ada label merknya, atau beli merk original lokal saja.

Nggak malu pakai yanh kw?

Nggak malu pakai yanh kw? via ethicsalarms.files.wordpress.com

Memakai barang palsu (sebagus apa pun kualitasnya) adalah faktor yang bikin turn off ketika dilihat orang. Memangnya kenapa sih harus memakai barang palsu dengan alasan mencari sisi elegan? Nggak bakal nemu kali. Lebih baik kamu memakai barang merk asli lokal, atau sekalian saja membeli barang yang tidak bermerk sekalian. Mau pilih mana? Turn off dilihat orang atau bela-belain pakai barang asli dengan untuk mendukung perekonomian dalam negeri?

6. Investasikan satu atau dua barang berkualitas dengan harga mahal. Daripada punya banyak tapi kurang berkualitas semua.

Yang penting berkualitas.

Yang penting berkualitas. via www.magnumfashioncollection.com

Barang fashion yang harus kamu investasikan jangka panjang adalah: tas, sepatu, dan ikat pinggang. Yang lainnya seperti celana dan kemeja bisa jadi nomor sekian. Namun tas, sepatu dan ikat pinggang adalah barang long lasting yang sebaiknya kamu cukup miliki beberapa saja dengan kualitas yang bagus. Contoh merk sepatu yang sesuai dengan kategori ini adalah Chevalier. Sifat elegan dari sepatu Chevalier memang sudah tak diragukan lagi. Intinya, tak perlu punya banyak kalau fungsinya cuma satu.

7. Manfaatkan pengetahuanmu dalam padupadan busana. Jangan sampai salah kostum.

Mulai dari sekarang.

Mulai dari sekarang. via tomandlorenzo.com

Elegan itu bukan tentang harga pakaian yang kamu kenakan. Namun lebih ke bagaimana caramu memadukannya secara pas. Baik itu dari segi warna maupun fungsionalitasnya. Sesuaikan dengan bentuk tubuh dan situasi. Tak perlu bingung, Hipwee Style sudah sering banget kasih bocoran untukmu tata cara padu padan yang baik dan benar kok.

8. Parfum itu tak perlu yang wanginya banget. Cukup semprot sedikit saja namun badanmu jadi wangi jika dihirup dari dekat.

Semprot semprot.

Semprot semprot. via www.beautyscene.nl

Ada kalanya kita sering melakukan kesalahan dalam memakai parfum, yaitu terlalu banyak disemprot. Padahal, memakai parfum itu tak perlu banyak-banyak. Asalkan cukup wangi dan tahan lama itu sudah cukup banget. Dan satu lagi, pilihlah parfum dengan wangi yang tidak terlalu menyengat untuk mengeluarkan aura elegan kamu ya.

9. Manfaatkan peluang-peluang untuk memperoleh item fashion dari perancang ternama. Siapa tau rejekimu.

Karya Sebastian Gunawan

Karya Sebastian Gunawan via www.glistersandblisters.com

Saat ini ada peluang bagus untukmu yang ingin tampil elegan secara paripurna dengan mengenakan fashion dari perancang ternama. Caranya adalah kumpulkan sebanyak-banyaknya stik es krim Magnum.Iya, es krim yang cokelatnya bikin meleleh di hati itu. Dengan kode unik dari stik Magnum, kamu bisa memenangkan dress dan scarf dari Sebastian Gunawan, atau sepatu dari Chevalier. Bahkan kamu bisa mempersonalisasikan scarf itu dengan namamu sendiri. Seru kan?

Nah, kini kamu sudah paham cara tampil elegan tanpa keluar biaya mahal. Selamat mencoba.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya