Ngomongin masalah kecantikan di Indonesia, kalian cewek-cewek yang berkulit gelap pasti sering merasa dizalimi deh oleh industri kecantikan di Indonesia. Gara-gara mereka, standar cantik di Indonesia itu adalah mereka yang berkulit, nggak cuma cerah, tapi juga putih. Padahal kan kita ini adalah bangsa yang berkulit sawo matang dan kuning langsat, masuknya ya ke kategori kulit gelap juga sih ya.

Kamu yang punya kulit gelap sebenarnya tak perlu minder karena kamu juga bisa tampil cantik dan manis. Letak pesona itu ‘kan bukan pada terang-gelapnya kulit, tetapi padu padan yang pas. Ini nih tips-tips sederhana yang bisa membuat kulit gelapmu terlihat lebih mempesona.

Pakaian-pakaian warna terang nggak perlu ditakuti, mereka justru kunci utamamu dalam tampil cantik!

Putri Indonesia 2015, Anindya, terlihat kece dengan kulit sawo matangnya via www.kapanlagi.com

Waduh, apaan tuh? Kok ada baju berjalan?

Gitu sih ejekkan yang sering dilontarkan oleh anak-anak ketika ada seseorang yang berkulit gelap sedang memakai baju yang terang. Padahal, baju yang terang itu justru sahabat mereka yang berkulit gelap lho, karena warnanya akan menciptakan sebuah kontras yang cocok untuk si kulit gelap. Pakaian yang terang juga akan memberikan sebuah rona lebih pada kulitmu yang gelap sehingga kamu tidak terlhat kusam. Warna-warna seperti kuning, oranye, merah menyala, biru terang, dan shocking pink, adalah pilihan yang tepat untukmu si hitam manis.

Sebagai gantinya, hindarilah warna-warna gelap yang bisa membuat kulitmu kusam dan tanpa cahaya

Advertisement

warna gelap seperti coklat sebenarnya kurang disarankan, karena memberi kesan telanjang via www.youtube.com

Iya, jadi warna terang wajib kamu pakai, sedangkan warna-warna gelap justru harus kamu hindari. Terus, maksudnya warna gelap itu yang seperti apa sih? Karena warna gelap yang dimaksud disini bukan berarti warna hitam lho. Warna gelap yang dimaksud contohnya adalah warna-warna seperti hijau lumut, merah darah, ungu tua, coklat gelap, biru donker, pokoknya warna yang tidak memiliki “Cahaya” di dalamnya. Ketika kamu yang berkulit gelap memakai pakaian yang juga gelap, tampilanmu justru akan terlihat “mati” dan pastinya kamu juga akan terlihat kusam. Nggak mau,kan?

Warna-warna netral juga bisa menjadi pilihan yang pas untuk acara-acara spesial!

nah, kalau hitam sekalian justru nggak apa, Mbak Anggun 🙂 via id.pinterest.com

Kalau ada yang bilang bahwa mereka yang berkulit gelap dilarang memakai baju warna hitam, jangan percayai mereka ya! Warna-warna netral seperti hitam, putih, dan abu-abu pada dasarnya akan terlihat bagus pada siapapun bahkan untuk kamu si kulit gelap. Warna hitam dan putih utamanya, apapun jenisnya baik itu hitam bara, hitam pekat, maupun hitam gagak, putih pekat maupun putih gading, semuanya terlihat bagus di kulitmu yang gelap.

Namun, untuk abu-abu kamu wajib berhati-hati lho, girls! Warna abu-abu tua justru akan membuat kulitmu kusam. Maka dari itu usahakan untuk memilih warna abu-abu yang cerah ya!

Warna pastel yang lembut pas banget ketika kamu ingin tampil girly nan romantis!

warna pink pastel terlihat cantik pada kulit sawo matang via celebritywc.com

Selain warna terang dan warna netral, warna pastel yang halus dan lembut dapat membuatmu terlihat lebih cantik dan feminin. Tapi, warna-warna pastel itu yang seperti apa sih? Pada dasarnya, warna pastel adalah warna-warna terang dan lembut seperti warna soft pink, ungu violet, biru muda atau biru langit, dan juga warna oranye salmon.

Tambahan aksesoris atau detil bling-bling atau yang mengkilap, kamu pun tampak semakin bersinar

Tara Basro terlihat memukau memakai baju warna perak via daman.co.id

Selain warna-warna di atas, tambahan unsur-unsur yang mengkilap pada bajumu juga bisa membuatmu terlihat lebih kece lho! Warna-warna mengkilat yang dimaksud di sini adalah warna seperti emas, perak, platinum, biru metalik, merah metalik, dan sebagainya. Selain pada aksesoris, unsur mengkilap juga bisa ditempatkan pada bahan bajunya itu sendiri lho. Contohnya, bahan-bahan seperti sequin dan sutera satin bisa menjadi bahan yang pas untuk buat baju.

Oke, jadi tampil mempesona dengan kulitmu yang gelap itu nggak susah-susah amat kan? Kuncinya cuma ada di pemilihan warna dan bahan baju yang tepat untukmu. Selamat mencoba, girls!