Kata ‘kurus’ itu selalu dimaknai kurang gizi, nggak sehat atau bahkan cacingan oleh sebagian besar orang. Tapi, banyak juga kok cewek-cewek tambun yang ingin mempunyai tubuh kurus, tinggi dan semampai, tergantung bagaimana kita menyikapainya saja, sih. Nggak selamanya tubuh kurus itu kurang gizi, karena kurus itu bisa saja karena keturunan atau diet ketat yang dijalani seseorang semasa hidupnya. Justru, orang yang kurus itu lebih mudah dalam memilih baju dibanding mereka yang berisi, lho.

Nah, biar kalian para cewek dengan tubuh kurus nggak bingung lagi gimana caranya milih gaya berpakaian, Hipwee punya 8 panduan lengkapnya buat kalian! Simak yuk…

1. Agar tulangmu tak terlihat menonjol, pakailah baju dengan kerah bulat, bukan V-neck.

say NO to V-neck! Sumber via etsy.com

Mengenakan baju dengan kerah berbentuk V atau V-neck sama saja membiarkan tulang bawah lehermu menonjol dan terkesan terlalu kurus. Sebagai penggantinya, kamu bisa memilih baju dengan kerah bulat atau berbentuk U untuk menyamarkan tonjolan tulang yang tak diinginkan. Selain itu, kerah bulat juga membuat bagian tubuh atasmu lebih penuh.

2. Karena baju gelap dan polos itu menampilkan kesan ramping, kamu dengan tubuh kurus sebaiknya menghindarinya, ya.

biar kelihatan berisi gitu via ajmery.pk

Advertisement

Seperti yang kita tahu, baju-baju dengan warna gelap dan tak bermotif itu menghasilkan efek ramping serta kecil bagi pemakainya. Siluet yang tak ditampilkan baju berwarna gelap juga akan memperburuk tampilan bagi kamu yang bertubuh kurus. Bukan menyuruhmu mengeliminasi baju-baju gelap dan polosmu, kamu masih bisa menambahkan aksesoris atau kardigan saat memakai baju-baju seperti ini.

3. Pilihlah baju dengan motif, garis horizontal atau karakter tertentu, biar nggak kelihatan kurus-kurus banget 😛

yang bermotif lebih oke via poisepassion.blogspot.com

Pada saat mengenakan baju bermotif, bergaris atau berkarakter, secara otomatis tubuhmu akan terlihat lebih berisi karena pandangan orang akan fokus pada motif-motif tadi, bukan tubuhmu. Apalagi jika motifnya horizontal, maka akan menimbulkan kesan ‘melebarkan’ bagi kamu yang bertubuh kurus. Tak usah terlalu ramai, cukup sedikit dibagian lengan, leher atau dada saja sudah cukup untuk motif atau garisnya.

4. Agar lebih berisi dan cantik, pakaian-pakaian longgar lah yang sebaiknya kamu pilih, bukan pakaian yang ketat.

longgar is better. Sumber via pinterest.com

Walaupun nyaman dan trendi, memakai pakaian ketat tak disarankan bagi kamu yang bertubuh kurus ya, girls. Pakaian ketat hanya akan memperlihatkan dengan jelas bentuk tubuhmu yang kurang berisi. Nah, tubuhmu yang kurang berisi ini sebaiknya dibuat lebih ideal dengan pakaian berpotongan longgar dan menimbulkan siluet serta lekuk tubuh yang indah.

5. Meski kurus, kesan anggun dan ideal bisa kamu dapatkan dengan mengenakan baju-baju berlengan puff (gembung) ini.

lengan puff sempurna! via aliexpress.com

Memang kuno sih, kalau kita berbicara tentang baju-baju berlengan puff yang populer sekitar tahun 80’an ini. Namun, kesan ini tak berlaku bagi dia yang bertubuh kurus dan ingin tampil anggun tanpa minder atau malu dengan pundak yang terlalu turun. Lengan puff yang selalu berhasil memperindah tampilan pundak ini wajib kamu punya, khususnya untuk pakaian-pakaian formal.

6. Supaya bagian dada nggak terlihat terlalu rata, menambahkan syal atau kalung bisa jadi alternatif paling ampuh!

syal, buat aksen lebih berisi via anacapaknits.blogspot.com

Karena kamu bertubuh kurus, kamu wajib punya cara khusus untuk menampilkan ‘isi’ dalam tubuhmu demi menunjang penampilan. Dengan menambahkan syal atau kalung misalnya, ini sangat efektif untuk memperindah bagian sekitar dadamu agar terlihat lebih penuh dan berisi. Pilihlah syal dengan warna-warna soft hingga terang, jangan yang gelap. Dan untuk kalung, kamu bisa memilih bentuk bulat, dengan porsi yang besar. Baca juga tips dari Hipwee supaya tetap kece meskipun berdada rata.

7. Usahakan, jangan pernah memakai celana atau rok yang menggantung. Kesan tulang kaki yang menonjol akan terlihat jelas di sini.

jangan lagi deh pakai bawahan yang menggantung via aliexpress.com

Daripada menghabiskan waktu berdandanmu untuk memakai celana atau rok yang menggantung, lebih baik kenakan bawahan yang mini atau menutupi mata kaki sekalian. Bawahan yang menggantung ini akan terlihat tidak pas bagi cewek bertubuh kurus karena akan menonjolkan tulang kaki secara berlebihan. Misalnya : pencil skirt dengan potongan tepat di atas mata kaki.

8. Demi penampilan yang makin oke dan ideal, menghindari tank top juga menjadi kewajibanmu sebagai cewek yang kurang berisi.

kurangi deh pakai tank top via wanelo.com

Pikirkan seribu kali sebelum memutuskan untuk memakai tank top. Selain tak sehat karena secara langsung terpapar sinar matahari dan radikal bebas, memakai tank top juga tak dianjurkan buatmu yang bertubuh kurus. Bagian yang akan ‘kurang enak’ ketika dipandang adalah tangan, leher dan pundak karena terlalu kentara tonjolan tulangnya. Kesan ‘tengkorak berjalan’ pun akan kamu dapatkan jika kebiasaan memakai tank top ini masih dilakukan. Hiiii serem ah!

Gampang ‘kan buat tampil oke dan ideal? Yang penting pinter-pinter menyiasati saja, sih. Selamat mencoba 🙂