5 Cara Pakai dan Rekomendasi Produk Retinol untuk Pemula

cara pakai retinol pemula

Retinol merupakan sebuah zat turunan vitamin A yang dikenal efektif melawan sejumlah tanda-tanda penuaan dan membuat kulit wajah tampak awet muda. Selain itu, retinol juga dapat membantu mempercepat proses regenerasi kulit dan merangsang produksi kolagen. Biasanya, retinol dapat ditemui pada produk skincare seperti toner dan serum.

Advertisement

Nah, berikut ini adalah langkah atau cara yang tepat buat kamu si pemula yang ingin menggunakan skincare retinol, serta dilengkapi dengan beberapa rekomendasi produk lokal yang aman untuk kulit pemula.

1. Perhatikan kandungan skincare yang nggak boleh dipakai bersamaan dengan retinol

cara pakai retinol pemula

Perhatikan kandungan skincare | Photo by Natasha Kendall on Unsplash

Melansir dari laman Hello Sehat, produk skincare yang memiliki kandungan retinol tidak dianjurkan untuk digunakan berbarengan dengan produk eksfoliasi dan produk yang mengandung benzoil peroksida. Contoh kandungan yang terdapat di produk eksfoliasi yaitu alpha hydroxy acid (AHA) dan beta hydroxy acid (BHA).

Hal ini karena campuran ketiga bahan tersebut dapat menimbulkan permasalahan kulit seperti kulit kering, mengelupas dan iritasi.

Advertisement

2. Aplikasikan produk skincare yang memiliki kandungan retinol pada malam hari

cara pakai retinol pemula

Gunakan malam hari | Photo by cottonbro from Pexels

Produk skincare yang memiliki kandungan retinol biasanya dikemas dengan kemasan berwarna gelap. Warna gelap pada kemasan berguna untuk meminimalisir terjadinya kerusakan retinol karena molekul bahan satu ini bisa pecah bila terkena sinar matahari secara langsung.

Hal ini juga yang bisa kamu terapkan saat baru menggunakan retinol, kamu bisa menggunakannya pada malam hari untuk meminimalisir kerusakan kandungan akibat paparan sinar matahari.

3. Kamu bisa mengaplikasikan retinol dari konsentrasi rendah terlebih dahulu

cara pakai retinol pemula

Konsentrasi rendah | Photo by Poko Skincare on Unsplash

Bagi kamu yang masih pemula dalam menggunakan retinol, kamu bisa mulai mengaplikasikannya dari konsentrasi yang rendah seperti konsentrasi 0,5 hingga satu persen. Gunakan konsentrasi tersebut untuk melihat respons pada kulit wajahmu. Selain itu, konsentrasi yang rendah juga dapat menghindarkanmu dari risiko kulit wajah kering setelah pakai retinol.

Advertisement

4. Gunakan produk pelembap setelah retinol menyerap ke kulit

cara pakai retinol pemula

Gunakan pelembap | Photo by Poko Skincare on Unsplash

Biasanya dalam rangkaian skincare routine, pasti ada step di mana kita harus mengaplikasikan produk pelembap untuk menjaga kelembapan wajah dan membantu penyerapan kandungan produk skincare lainnya. Tetapi, agak sedikit berbeda jika kamu hendak menggunakan retinol. Kamu bisa mengaplikasikan retinol pada saat kulit wajah kering, lalu setelah retinol mulai menyerap dengan baik, kamu bisa gunakan pelembap.

5. Tetap aplikasikan sunscreen di pagi hari untuk menghindari molekul retinol pecah terkena sinar matahari

cara pakai retinol pemula

Pakai sunscreen | Photo by Lina Verovaya on Unsplash

Meski kamu menggunakan retinol pada malam hari, sebaiknya kamu juga tetap mengaplikasikan sunscreen saat pagi hari karena retinol membuat kulit menjadi photosensitive atau lebih peka terhadap sinar matahari. Sunscreen dapat melindungi molekul retinol yang rentan bila terkena sinar matahari.

6. Rekomendasi produk skincare lokal dengan kandungan retinol untuk pemula

cara pakai retinol pemula

Rekomendasi produk | Credit @avoskinbeauty/@somethincofficial on Instagram

Buat kamu yang ingin menggunakan produk skincare dengan kandungan retinol, beberapa serum dari merek kecantikan lokal ini bisa jadi pilihanmu, yakni produk serum Somethinc Level 1% Retinol, Avoskin Miraculous Retinol Ampoule dan Elsheskin Active Rejuvenating Night Serum.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu terapkan ketika ingin menggunakan produk skincare dengan kandungan retinol. Kamu bisa pilih produk retinol dengan konsentrasi rendah dan sesuai dengan bujet skincare-mu. Selamat mencoba!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE