5 Efek Samping Smoothing Rambut yang Wajib Kamu Tahu. Penting Biar Nggak Kaget Nanti!

Efek samping hair smoothing

Cara praktis atau instant yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan rambut lurus dan mengkilap adalah dengan melakukan perawatan hair smoothing atau smoothing rambut. Dengan melakukan hair smoothing kamu dapat dengan cepat mendapatkan rambut impianmu.

Advertisement

Eits, tetapi tunggu dulu! Perawatan hair smoothing yang kamu lakukan itu bisa jadi menimbulkan efek samping yang cukup berbahaya bagi dirimu.

Jika kamu sudah pernah melakukan hair smoothing, ini saatnya untuk memikirkan ulang perlukah kamu kembali melakukan perawatan tersebut. Pun jika memang kekeuh mau melakukan prosedur ini, kamu bisa tahu persiapan dan perawatan ekstra yang harus dilakukan. Cus cek, apa aja sih efek samping yang perlu kamu waspadai?

1. Efek samping paling umum jika kamu melakukan hair smoothing, kamu bisa saja mengalami masalah rambut rontok yang cukup kronis

Rambut rontok | Photo by Martin Slavoljubovski dari Pixabay

Rambut rontok adalah efek samping paling umum dari hair smoothing. Penggunaan bahan kimia berbahaya yang berlebihan dan panas dapat membuat folikel rambut menjadi lemah dan terlepas dari akar yang kemudian menyebabkan rambut rontok. Seiring berjalannya waktu, helai rambut juga kehilangan kekuatan alaminya dan mulai patah.

Advertisement

2. Selanjutnya, efek samping dari bahan kimia yang digunakan saat hair smoothing adalah bisa bikin rambutmu jadi kering banget

Credit: SKitter Photo from Pexels

Rambut yang lurus dan indah hasil dari hair smoothing memang menjadi mudah diatur. Namun, kemudahan yang kamu dapatkan itu hanya akan bertahan selama satu bulan saja. Setelah beberapa kali dicuci atau keramas kamu akan merasakan rambutmu menjadi sangat kering. Bahan kimia yang digunakan untuk mengubah struktur helai rambutmu juga akan rusak dari akar hingga ujung.

Apalagi merembesnya bahan kimia ke kulit kepala akan membuatnya terkelupas. Sedimen bahan kimia yang tersisa di helai rambut juga akan membuatnya rapuh. Oleh karena itu, penting untukmu seringkali mengoles hair oil vitamin pada rambutmu untuk menghindari rambut menjadi sangat kering. Oleh karena itu penting banget untuk merawat ekstra rambutmu, biar tetap sehat meski sudah terpapar bahan kimia yang keras.

3. Rambutmu bakal mengalami penipisan akibat dari penggunaan  flat iron atau catokan rambut. Hati-hati ya!

Penipisan rambut akibat terlalu sering dicatok | Credit: Polina Tankilevitch from Pexels

Kerap kali melakukan perawatan ke salon atau hair smoothing, mungkin kamu berpikir untuk memanjakan rambutmu. Padahal kenyataannya, rambutmu justru akan lebih sering terpapar bahan kimia. Terutama dalam perawatan hair smoothing, kepadatan rambutmu mungkin berkurang karena kerusakan dan ketipisan yang disebabkan oleh suhu tinggi dari flat iron atau catokan rambut. Hal ini dapat menyebabkan rambut menjadi rontok, ujung rambut bercabang, dan mengalami perubahan warna.

Advertisement

4. Penggunaan serum dan lotion rambut yang terlalu sering membuat rambut jadi lepek atau berminyak

Rambut berminyak | Credit: Bennie Lukas Bester from Pexels

Maukah kamu mengalami bangun tidur dengan rambut berminyak dan bau setiap hari? Penggunaan lotion dan serum rambut yang berlebihan untuk menjaga kehalusan rambut dapat menyebabkan rambutmu menjadi berminyak. Serum dan krim memang sering direkomendasikan agar rambutmu terlindung dari kerusakan, tetapi jika kamu menggunakannya terlalu sering justru tidak efektif.

Penggunaan serum yang berlebihan dapat meratakan rambut dan membuatnya menjadi berminyak. Apabila rambutmu berminyak, maka akan muncul ketombe dan masalah rambut lainnya.

5. Zat kimia pada rambutmu juga berpotensi menimbulkan alergi pada kulit tubuhmu. Jadi buat yang kulitnya sensitif, waspada ya!

Alergi di kulit punggung | Credit: NEOSiAM 2021 from Pexels

Masalah kesehatan yang muncul sebagai efek samping dari hair smoothing adalah terjadinya luka atau alergi pada kulit tubuhmu yang sering tersentuh oleh rambut, misalnya pipi atau kulit punggung. Kulitmu akan merasa kesulitan bernapas karena sering bersinggungan dengan zat kimia yang ada pada rambutmu.

Untuk itu, orang dengan kulit sensitif perlu ekstra hati-hati saat menjalani hair smoothing karena bahan kimia ini dapat menyebabkan gatal, kemerahan, dan berjerawat.

Nah, gimana nih pertimbangamu setelah membaca 5 efek samping bahaya dari hair smoothing? Masih lanjut dengan keinginanmu atau mengurungkan niat hair smoothing? Yang pasti kalau tetap melakukan hair smoothing pastikan perawatan rambutmu juga lebih ekstra ya, biar rambut kamu nggak serta merta rusak~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE