Produk makeup itu ada banyak banget jenisnya. Masing-masing punya fungsi dan kegunaan yang berbeda-beda. Lipstik biasa jelas berbeda dengan lip balm atau lip gloss, begitu pun dengan eyeliner atau eye shadow. Lalu apa jadinya kalau salah satu dari produk-produk ini kelupaan dibawa saat dibutuhkan atau malah kamu nggak punya padahal ingin pakai?

Ternyata kamu nggak harus beli dan punya semua ragam produk makeup yang bejibun itu. Ada beberapa produk makeup yang punya fungsi ganda. Artinya, mereka bisa difungsikan untuk keperluan di luar fungsi aslinya! Coba dulu deh beberapa trik yang sudah Hipwee Style himpun berikut.

1. Bingung menyamarkan lingkaran gelap di bawah mata karena nggak punya concealer? Kamu bisa andalkan lipstik berwarna terang

lipstik untuk concealer via www.facetofeet.com

Advertisement

Pada dasarnya kamu perlu menggunakan concealer berwarna tertentu untuk lebih menyamarkan lingkaran hitam. Tetapi, kamu bisa andalkan lipstik bernuansa merah muda untuk kulit terang, lipstik merah bernuansa keunguan untuk kulit kuning langsat, dan lipstik bernuansa oranye untuk kulit gelap. Gunakan kuas untuk menyapukan lipstik di area bawah mata, lalu ratakan sebelum menutupnya dengan foundation dan bedak.

2. Memberi kontur pada wajah nggak harus pakai bronzer kok, eyeshadow matte cokelat juga bisa

contouring dengan eyeshadow matte via www.maybelline.com

Gunakan eyeshadow matte warna cokelat dengan kuas untuk memberi bayangan di belakang pipi, di sepanjang garis rahang, batang hidung, dan di pelipis. Lalu gunakan kuas bedak untuk memperhalus dan meratakan kontur agar terlihat lebih natural. Cara ini bisa kamu pakai untuk pengganti bronzer.

3. Pensil alismu pas habis? Jangan panik, kamu bisa pakai eyeshadow untuk mengisi kekosongan bulu alis

pakai alis dengan eyeshadow via www.avoskinbeauty.com

Mengarsir alis nggak harus pakai pensil alis kok. Kamu juga bisa memanfaatkan eyeshadow untuk mengisi kekosongan bulu alismu dengan hasil polesan yang lebih halus. Pilihlah eyeshadow dengan hasil akhir matte untuk alis dengan menggunakan kuas sebagai aplikatornya. Setelah itu rapikan dengan sikat alis.

4. Nggak sempat beli eyeliner? Gunakan cairan maskara di sepanjang garis bulu mata sebagai penggantinya

cairan maskara untuk eyeliner via www.vagabomb.com

Advertisement

Coba gunakan cairan maskara yang bisa kamu fungsikan sebagai pengganti eyeliner. Ambil sedikit pada cairan yang tertinggal pada kuas maskara, lalu gunakan sikat kecil untuk mengaplikasikannya langsung ke kelopak mata sebagai eyeliner. Atau kamu juga bisa mengaplikasikan secara hati-hati sikat maskara di sepanjang garis bulu mata untuk menciptakan garis blur.

5. Wajah terlihat pucat tapi nggak bawa blush on, kamu bisa pakai lipstik untuk perona pipi

lipstik untuk blush on via www.zetizen.com

Lipstik nggak cuma bisa dipakai untuk memoles bibir. Kalau kamu ingin memberi rona pada pipi biar wajahmu nggak terlihat pucat, nggak harus pakai blush on kok. Kamu bisa memanfaatkan lipstik dengan warna merah muda yang lembut sebagai pengganti blush on. Totolkan lipstik pada tulang pipi lalu baurkan menggunakan jari dengan gerakan melingkar.

6. Eyeliner kering warna cokelat/peach yang digunakan di garis bibir juga bisa digunakan sebagai pengganti lip liner dan memberi ilusi bibir lebih tebal

eyeliner untuk lip liner via www.divalikes.com

Ada beberapa kondisi yang menuntutmu untuk merapikan bentuk bibir saat memakai polesan bibir dengan tekstur tertentu. Misalnya saat pakai lipstik matte yang bakal terlihat berantakan kalau kamu nggak memulasnya dengan presisi. Untuk mengakalinya, kamu bisa pakai eyeliner kering warna kecokelatan untuk menciptakan bentuk bibir yang tampak lebih penuh dan anti berantakan.

7. Kalau kamu pengen nuansa mengilap di wajah tapi nggak punya highlighter, pakai lip gloss atau lip balm polos bisa!

lip gloss untuk efek mengilap via www.allure.com

Efek mengilap di beberapa bagian wajah untuk menampilkan sunkissed look bisa kamu ciptakan dengan tanpa highlighter. Kamu bisa manfaatkan lip gloss atau lip balm polos untuk disapukan di bagian-bagian yang ingin kamu beri efek mengilap. Misalnya di ujung tulang pipi atau di tulang hidung. Cukup poleskan tipis-tipis lalu ratakan dengan jari hingga merata.

8. Lip balm juga bisa difungsikan sebagai krim kutikula atau merapikan rambutmu yang sulit diatur

lip balm melembutkan kuku via www.rd.com

Kandungan minyak esensial yang ada di dalam lip balm bisa kamu manfaatkan untuk melembutkan kuku yang kering dan kasar. Caranya mudah, cukup dioleskan saja secara merata di seluruh permukaan kuku. Selain itu, kamu juga bisa merapikan rambutmu yang berantakan dengan mengusapkan lip balm di area yang ingin dirapikan.

Nah, terbukti kan sekarang kalau nggak harus punya atau tersedia semua produk makeup untuk bisa mewujudkan riasan yang kamu inginkan? Selamat berinovasi ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya