Jumatan dulu ah biar ganteng!

Kalimat humor yang sering membanjiri lini masa ketika hari Jumat telah memasuki waktu dzuhur, walaupun sebenarnya nggak faktual juga sih. Jumatan adalah perintah agama yang wajib dilaksanakan oleh cowok Muslim — jadi bikin ganteng atau nggak, sebenarnya harus dilakukan juga. Tapi berbeda dari sholat fardu lima waktu, pahalamu bisa bertambah jika kamu sholat Jumat memakai pakaian yang rapi, bersih, dan tambahan wewangian.

Advertisement

Makanya jangan hanya mengenakan kaos oblong dan rambut acak-acakan saja. Nah, berikut ini Hipwee berikan gaya berpakaian modis tapi tetap santun yang bisa jadi jadi pilihan agar kamu menjadi mahluk paling ganteng ketika waktu sholat Jumat telah tiba.

1. Tak ada yang lebih menyejukkan hati selain berdandan rapi untuk bertemu dengan-Nya. Koko putih panjang ini adalah setelan yang bisa kamu coba

Style jumatan koko putih

Style jumatan koko putih via www.zalora.co.id

Menggunakan pakaian terbaik adalah sunah bagi para pria yang ingin pergi jumatan. Pakaian terbaik bisa membuatmu menjadi lebih mantap dan hormat saat menghadap Tuhan. Nah salah satu jenis pakaian yang bikin aura religiusmu terpancar adalah koko putih. Pilihlah koko berbahan katun dengan model kerah  stand up collar dan lengan panjang tanpa kancing. Pasangkan baju kokomu ini dengan celana berbahan semi jeans atau sarung. Jangan lupa peci atau kupluk.

Gaya ini bisa menjadi andalan saat kamu harus berangkat Jumatan dari kantor atau kampus. Secara gak sadar, wajahmu bisa terlihat lebih menyejukkan dengan niat ibadah yang akan kamu lakukan.

2. Siapa bilang menggunakan baju takwa itu udah gak jaman? Asal kain dan polanya kekinian, auramu justru akan makin menawan.

Gaya saat jumatan

Gaya saat jumatan via static-origin.zalora.co.id

Advertisement

Pahala bisa makin berlipat saat kamu mau solat Jumat dengan pakaian yang indah, bersih, dan sesuai ketentuan menutup aurat. Salah satu jenis pakaian yang bisa kamu kenakan untuk ibadah di hari penuh berkah itu adalah baju takwa. Tenang, baju takwa itu gak kuno danketinggalan jaman kok. Jika kamu memilih kain yang bagus dan motif yang kekinian dan tidak berlebihan, gak heran penampilanmu justru bisa terlihat lebih menawan. Pilihlah gamis potongan berwarna kalem, misalnya abu-abu, krem, coklat tua, atau biru tua. Dan pastikan kamu pilih ukuran yang pas di badan ya.

3. Baju koko semi kemeja adalah solusi tepat buat kamu yang ingin tampil indah saat Jumatan tapi tetap ingin terlihat kasual

Gaya busana untuk jumatan

Gaya busana untuk jumatan via instagram.com

Selain menggunakan pakaian takwa berwarna putih, kamu juga bisa kenakan koko semi kemeja bermotif dan aneka warna. Pilihlah baju koko yang berbahan katun agar terasa nyaman di kulit. Selain itu, pilih lengan baju yang memiliki kancing dan kerah model stand up collar. Kamu bisa pasangkan dengan sarung atau celana kain. Dan jangan lupa kenakan peci ya, agar rambutmu lebih rapi.  Gaya ini sangat cocok buat kamu yang ingin tampil lebih gaya dan indah tapi tetap kasual. Selain itu, baju ini bisa langsung kamu kenakan saat pergi ngampus atau ke kantor di hari Jumat.

4. Aurat pria itu dari pusar sampai di atas mata kaki saja. Jadi tak mengapa kamu kenakan kemeja atau koko lengan pendek dengan motif yang tidak norak.

Busana muslim jumatan pendek

Busana muslim Jumatan pendek via www.bukalapak.com

Sepenjang pengetahuan penulis,  aurat pria itu dari pusar hingga bagian kaki (di bawah lutut di atas mata kaki). Jadi, gak ada salahnya kamu kenakan baju koko atau kemeja lengan pendek saat sholat jumat. Kamu bisa pilih baju koko atau kemeja lengan pendek polos atau yang berpola. Tapi pastikan kamu pilih motif yang tak norak ya.

Pasangkan kemejamu ini dengan celana kain, semi denim, atau sarung kotak-kotak kesayangan. Jangan lupa sisir rambut dan gunakan wewangian ya. Dengan gaya busana seperti ini, semoga kamu mendapatkan pahala yang berlipat.

5. Batik, pakaian tradisional yang cocok kamu kenakan dalam acara apapun — termasuk sholat Jumat. Kombinasikan dengan peci dan sarung agar terlihat lebih santun.

Gaya sholat jumat

Gaya sholat jumat

Tidak hanya baju koko atau gamis saja yang bisa membuatmu tampil gaya ketika pergi sholat Jumat. Batik juga bisa menjadi pakaian tradisional yang cocok kamu gunakan ketika pergi melaksanakan kewajiban di hari Jumat. Tidak hanya untuk orang tua, style batik bisa juga dikenakan untuk kamu para remaja yang selalu memperhatikan penampilan. Pilihlah corak yang tak norak dan berwarna cerah, misalnya kotak ikat tradisional seperti pada gambar. Kamu bisa kombinasikan dengan celana atau sarung. Tapi pastikan kamu memilih sarung dengan warna senada ya. Atau lebih baik lagi kamu pakai sarung polosan. Jangan lupa peci dan kupluknya. Penampilan sederhana nan menawan ini bisa membuatmu bertambah khusyuk beribadah di hadapan Tuhan.

6. Jika kamu tak sempat ganti busana yang indah untuk sholat Jumat, setidaknya kenakan sarung agar panampilanmu lebih teduh.

Gaya pakaian solat jumat

Gaya pakaian solat jumat via plus.google.com

Padatnya kegiatan seringkali membuat tak sempat untuk ganti baju yang indah khusus sholat jumat. Nah, penampilanmu bisa lebih sejuk, pastikan gunakan sarung sebagai bawahan. Pilihlah corak-corak berwarna soft dan tak norak. Selain itu, jangan lupa mandi dan gunakan parfum yang wangi ya. Dengan tips ini, kaos oblong yang biasa saja tetap bisa membuat penampilanmu menambah pahala.

Sholat Jumat hanya seminggu sekali. Di waktu spesial untuk menghadap Tuhan ini, tidak ada salahnya jika kamu lebih menyiapkan diri. Nah, salah satu sunah yang bisa bikin kamu mendapatkan pahala adalah dengan berpakaian indah. Tak perlu bingung-bingung, 6 gaya ini bisa jadi rekomendasinya. Selain itu, jangan lupa mandi dulu, gunakan parfum, dan rapikan rambutmu ya. Dengan begitu, penampilanmu akan tetap terlihat istimewa.

Selamat beribadah semata-mata karena Allah SWT!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya