Mengenal Hanbang, Perawatan Kulit Herbal ala Korea. Bikin Glowing!

Bahan-bahan herbal ini kaya antioksidan dan polifenol

Industri kecantikan Korea pernah mempopulerkan 10 step skincare yang terkenal beberapa waktu lalu. Ternyata, selain tahapan skincare yang mendunia, Korea juga memiliki banyak metode kecantikan lainnya, salah satunya yaitu Hanbang. Hanbang sendiri merupakan salah satu metode pengobatan tradisional Korea yang menggunakan bahan herbal sebagai obat.

Advertisement

Karena bahan-bahan herbal tersebut memiliki banyak manfaat, industri kecantikan Korea membuat inovasi Hanbang untuk produk perawatan kulit wajah. Nah buat kamu yang penasaran dengan detail pengobatan tradisional ala Korea ini, yuk langsung simak ulasan selengkapnya!

Hanbang merupakan teknik pengobatan tradisional Korea berbasis herbal

Perawatan kulit Hanbang

Perawatan kulit Hanbang | Photo by Tara Winstead from Pexels

Dilansir dari laman K-Beauty Muse, kata Hanbang dalam bahasa Korea mengacu pada pengobatan holistik tradisional Korea yang mencakup penggunaan obat herbal secara ekstensif untuk mengobati penyakit dan menjaga kesehatan tubuh. Kemudian dunia kecantikan Korea pun mulai mengadaptasi Hanbang sebagai salah satu teknik penyusunan bahan-bahan skincare karena memiliki banyak manfaat, termasuk untuk kesehatan kulit.

Dilansir dari laman Her World, produk perawatan kulit yang menggunakan bahan-bahan herbal Hanbang biasanya menggunakan bahan yang difermentasi untuk menghasilkan probiotik dan bakteri baik. Probiotik dan bakteri baik ini dapat membantu mencegah timbulnya bakteri penyebab jerawat serta memperkuat skin barrier.

Advertisement

Produk perawatan kulit Hanbang umumnya memiliki aroma herbal yang khas dan dapat menjadi aromaterapi untuk relaksasi. Bahan herbal Korea yang digunakan untuk pengobatan Hanbang juga diperkaya oleh kandungan antioksidan dan polifenol yang memiliki sifat anti-inflamasi dan anti peradangan.

Ketika produk perawatan berbahan herbal ini diaplikasikan ke kulit wajah, kandungannya akan membuat kulit tenang, mengurangi kemerahan serta dapat mengurangi tanda penuaan seperti garis halus dan kerutan. Produk berbahan herbal yang memiliki banyak manfaat ini dipercaya dapat membuat kulit wajah bercahaya dan sehat.

Tanaman herbal yang sering digunakan dalam pengobatan Hanbang Korea

Perawatan kulit Hanbang

Perawatan kulit Hanbang | Photo by Erwan Hesry on Unsplash

Advertisement

Salah satu tanaman herbal khas Korea yang terkenal beragam manfaatnya adalah tanaman ginseng. Nggak hanya digunakan sebagai bahan untuk obat-obatan, ekstrak ginseng juga digunakan sebagai bahan untuk produk perawatan kulit wajah. Selain gingseng, ada beberapa bahan herbal yang juga digunakan sebagai bahan skincare yaitu licorice dan mugwort.

Ginseng sendiri digunakan sebagai bahan herbal karena memiliki kandungan antioksidan dan anti-aging. Dilansir dari laman Alodokter, kandungan tersebut berperan untuk mengurangi tanda penuaan dan melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Sedangkan dilansir dari laman Klik Dokter, licorice atau akar manis merupakan tanaman herbal yang mengandung antioksidan dan antibakteri untuk mengatasi bekas luka dan infeksi serta melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Terakhir, mugwort dikenal dengan nama Artemisia yang merupakan tanaman herbal turun temurun di Korea. Dilansir dari laman Klik Dokter, mugwort juga dikenal dengan nama ‘korean tea tree’ yang berperan untuk mengatasi peradangan, melembapkan kulit, membantu mengatasi permasalahan jerawat serta meredakan iritasi.

Beberapa rekomendasi merek skincare lokal yang menggunakan bahan herbal Korea

Perawatan kulit Hanbang

Perawatan kulit Hanbang | Credit @avoskinbeauty/@scarlett_whitening on Instagram

Ada beberapa merek kecantikan Korea yang menggunakan bahan herbal Hanbang untuk menyusun produk skincare. Kamu bisa mencoba produk dari Avoskin Your Skin Bae Marine Collagen 10% + Ginseng Root Serum untuk menjaga kelembapan kulit, mengangkat sel kulit mati serta menyamarkan bekas jerawat dan noda hitam.

Selain itu, kamu juga dapat mencoba produk dari Scarlett Whitening yaitu Scarlett Herbalism Mugwort Mask untuk menjaga kelembapan kulit, memberikan efek mencerahkan kulit serta menyamarkan noda hitam di wajah.

Jadi, bahan-bahan herbal khas Korea ini ternyata nggak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh, tetapi juga bisa bermanfaat untuk kesehatan kulit wajah. Produk mana nih yang pengin kamu coba, SoHip?

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An avid reader and bookshop lover.

CLOSE