Sempat Hits di Media Sosial, ini 3 Alasan Kenapa Punya Kulkas Skincare itu Bukan Keharusan

is Beauty fridge is important

Popularitas skincare mencapai puncaknya dalam beberapa tahun terakhir. Perempuan maupun laki-laki kini punya serangkaian produk andalan untuk merawat kulit. Bukan lagi sekadar sabun pembersih wajah dan pelembab, toner, serum, essence, eye cream, sheet mask dan masih banyak lainnya kini menjadi produk skincare wajib punya demi hasil perawatan kulit yang maksimal.

Advertisement

Akan tetapi, memiliki serangkaian produk skincare terkadang bisa merepotkan dalam hal penyimpanan. Sebab, produk skincare perlu disimpan dengan baik demi menjaga khasiatnya. Sebagai solusi, diciptakan lah beauty fridge alias kulkas mini. Ngetren di kalangan beauty enthusiast, barang ini berfungsi memudahkan penyimpanan dengan klaim tambahan dapat meningkatkan khasiat produk skincare.

Meski menggiurkan untuk dimiliki, sebenarnya kamu nggak perlu punya barang ini lo. Mengapa? Berikut 3 alasannya.

1. Beauty fridge hanyalah marketing gimmick. Produk skincare maupun makeup dapat disimpan pada suhu ruangan

Credit: Photo by Karolina Grabowska from Pexels

Kamu nggak perlu beli beauty fridge karena barang ini bisa dibilang hanyalah marketing gimmick. Produk skincare maupun makeup nggak perlu disimpan di tempat berpendingin khusus. Sebab, sebelum dijual di pasaran, produk skincare dan makeup sudah melalui berbagai uji coba untuk memastikan produk nggak rusak jika disimpan di suhu ruangan bahkan setelah kemasannya dibuka.

Advertisement

Ahli dermatologi Weill Medical College of Cornell University Dr. Hadley King, M.D. di laman Shape juga menyampaikan hal senada. Menurutnya, yang terpenting adalah memastikan produk skincare disimpan di tempat yang sejuk. Hal ini untuk mengurangi risiko pertumbuhan bakteri, jamur, ragi, dan risiko penonaktifan bahan aktif apabila produk skincare disimpan di tempat yang panas dan lembab.

2. Kalau memang perlu, produk skincare dapat disimpan dalam kulkas biasa kok. Sesuaikan aja sama bujetmu ya!

Credit: Photo by Max Vakhtbovych from Pexels

Indikasi sederhana bahwa kamu butuh tempat penyimpanan khusus untuk produk skincare adalah ruangan yang sangat lembab. Jika uap air dari cermin di kamar mandimu butuh waktu berjam-jam untuk hilang, maka jangan simpan produk skincare di ruangan itu. Dalam kasus seperti ini, ahli dermatologi Mount Sinai Hospital Dr. Joshua Zeichner M.D. menyarankanmu untuk menyimpan produk skincare di kulkas biasa alih-alih beli beauty fridge.

Advertisement

“Selama kulkas dibersihkan dengan benar dan produk skincare secara fisik terpisah dari makanan, kulkas biasa bisa mencapai tujuan yang sama dengan beauty fridge,” kata Dr. Zeichner.

Selain memastikan produk skincare terpisah dari makanan, hal penting yang perlu kamu perhatikan sebelum menyimpannya dalam kulkas adalah suhu. Suhu standar kulkas rumahan adalah 35-38°F. Jika lebih dingin dari itu, maka konsistensi beberapa produk skincare dapat berubah menjadi lebih tebal sehingga sulit untuk diaplikasikan.

3. Nggak semua produk skincare boleh disimpan dalam lemari pendingin seperti beauty fridge

Credit: Photo by Pavel Danilyuk from Pexels

Meski memiliki beauty fridge, nggak semua produk skincare direkomendasikan disimpan dalam tempat berpendingin ini loh. Produk skincare mengandung oil sebaiknya nggak disimpan di dalam beauty fridge maupun kulkas biasa karena akan menjadi sulit digunakan nantinya. Produk skincare yang mengandung pewangi juga nggak direkomendasikan untuk disimpan dalam kulkas karena berisiko memengaruhi aroma makanan di dalam kulkas.

Sementara itu, beberapa produk skincare yang direkomendasikan disimpan di tempat berpendingin khusus seperti beauty fridge maupun kulkas adalah pelembab, eye cream, sheet mask, hingga serumUntuk beberapa produk skincare barusan, Dr. Zeichner mengatakan menyimpannya di tempat berpendingin bermanfaat untuk mengatasi kemerahan pada kulit hingga mengecilkan pori-pori.

“Efek pendinginan pada kulit dapat membantu melengkapi bahan aktif dalam serum yang dirancang untuk menghidrasi, menenangkan dan mencerahkan kulit. Mengoleskan pelembab dingin juga dapat membantu menenangkan kulit yang meradang,” jelasnya.

Kesimpulannya, beauty fridge boleh-boleh saja dibeli jika kamu nggak punya kulkas dan kondisi ruangan tempat tinggalmu cukup lembab. Kalau sudah punya kulkas, lebih baik uang untuk beli beauty fridge dipakai beli skincare baru lagi. Iya, nggak?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

get me away from here I'm dying

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE