6 Jenis Style dalam Dunia Fesyen. Kenali Ciri-cirinya nih Biar Tahu Nama Gayamu!

jenis fashion style

Apa yang dipakai seseorang sehari-hari bisa menjadi salah satu ciri khasnya. Walaupun terlihat seperti memakai outfit dan aksesori yang begitu-begitu saja dan nggak niat untuk berpakaian dengan style tertentu namun biasanya akan ada pola yang terbentuk dari padu padan outfit yang paling sering digunakan. Mungkin kamu menjadi salah satu yang nggak menyadarinya?

Advertisement

Dalam dunia fesyen, ada beberapa jenis style yang selama ini dikenali. Mungkin sebenarnya pakaian yang kamu kenakan setiap hari bisa saja masuk ke salah satu dari beberapa jenis ini. Apa saja jenis yang dimaksud? Simak yuk nama dan ciri-cirinya berikut ini!

1. Vintage style merupakan jenis fesyen di mana seseorang mengenakan pakaian yang menjadi tren di era sebelumnya

Meskipun vintage style berasal dari era yang sudah berlalu atau tepatnya dari tahun 90-an, namun sebenarnya hal ini jadi bukti kalau gaya yang satu ini tak lekang oleh waktu. Kini mereka yang ingin mengenakan pakaian dengan tema vintage begini tak hanya bisa mengenakan baju milik orang tua saja tapi juga bisa bebas membeli item yang diinginkan melalui thrift shop yang semakin menjamur offline maupun online.

Advertisement

2. Preppy style awalnya dikenalkan sebagai gaya anak sekolah di luar negeri tapi kini style ini jadi pilihan bagi banyak orang

View this post on Instagram

A post shared by Meira. (@meiraniap)

Style ini awalnya berasal dari para murid sekolah di Amerika bagian timur laut. Ciri-cirinya adalah dengan mengenakan polo lalu melapisinya dengan sweater rajut. Selain itu ada juga item yang diasosiasikan dengan gaya ini yaitu khaki, blazer, blus feminin, celana dengan warna yang terang, dan rok berbentuk A. Ada juga aksesori tambahan seperti kacamata atau headband.

3. Jika kamu adalah tipe-tipe orang berjiwa bebas maka mungkin gaya bohemian akan cocok denganmu

Advertisement

Gaya bohemian selama ini identik dengan orang-orang yang memiliki jiwa bebas karena awalnya gaya ini muncul pada tahun 1960 dari hipster nomaden. Bohemian memiliki karakter pakaian dengan earthy tone, loose, memiliki pattern yang eksotis. Selain itu, mereka juga melengkapi tampilan dengan aksesori besar, headpiece, serta pernak-pernik eksentrik lainnya.

4. Kalau melihat seseorang berhasil memadupadankan outfit yang membuatnya terlihat fashionable mungkin memang gayanya adalah chic

Gaya chic juga berarti trendy atau fashionable, namun untuk meraih gaya ini ia biasanya tak perlu menggunakan sesuatu yang terlalu menonjol atau mengikuti tren yang saat ini sedang berlaku. Seseorang dengan gaya ini biasanya akan mengenakan pakaian kasual namun berhasil memadupadankan dengan baik hingga hasilnya membuat ia terlihat stylish.

5. Casual style merupakan tampilan yang paling disebut sebagai gaya yang paling nyaman

Casual style merupakan tampilan yang biasa dipakai sehari-hari yang tak memerlukan terlalu banyak kehebohan serta tak harus mengikuti tren. Kunci dari pakaian gaya ini adalah kenyamanan, daya tahan, dan ukuran yang sesuai. Untuk itulah gaya ini sering disebut sebagai yang paling nyaman. Itemnya adalah kaus, coat, jaket, jeans, sneakers.

6. Street style semakin terkenal sejak adanya media sosial seperti Instagram, biasanya bisa dilihat di pusat urban

Dilansir dari beberapa sumber, street style adalah gaya berpakaian yang muncul dari jalanan bukan dari fashion show. Jenis pakaian ini biasanya dikenakan oleh para anak muda sehingga sering diasosiasikan dengan budaya mereka dan sering ditemui di pusat kota. Tak ada item khusus yang identik dengan gaya ini karena cakupannya yang luas.

Setelah melihat beberapa gaya tersebut, apakah kamu sudah bisa mengidentifikasi mana item yang paling sering digunakan dan termasuk apakah gayamu? Coba komentar di bawah, gaya kamu namanya apa~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE