Kebersihan alat makeup dan kecantikan yang kita pakai sering kali menjadi hal yang luput dari perhatian kita. Padahal, kehigienisan alat makeup dan kecantikan juga berpengaruh pada kesehatan kulit kita lho, girls. Untuk membuatnya selalu steril tentu kita harus membersihkannya secara rutin dengan cara yang benar.

Namun kamu yang bisa dibilang newbie dalam hal makeup pasti bingung dengan seabrek alat makeupmu yang kotor dan entah harus diapakan. Jangan pernah membersihkannya dengan asal, ya. Salah-salah alat makeupmu malah jadi rusak dan bentuknya nggak beraturan. Untuk mengetahui cara yang benar, yuk simak artikel Hipwee satu ini.

Membersihkan kuas makeup sangat penting untuk menjaga kulitmu dari berbagai breakouts

Pakai kuas untuk blush on

Pakai kuas untuk blush on via beauty.pianetadonna.it

Advertisement

Alat kecantikan yang satu ini memang sangat penting bagi kamu yang gemar memakai foundation, contour, blush on, eye shadow, ataupun mempertebal alis. Namun untuk membersihkannya membutuhkan cara yang benar agar kuasmu tetap awet dan kulitmu pun terhindar dari berbagai residu yang berbahaya. Pastikan kamu membersihkan kuas makeupmu paling tidak seminggu sekali jika pemakaiannya rutin. Untuk kamu yang masih bingung, ternyata gampang kok tahapan caranya:

  • Basuh bulu kuas dengan air yang mengalir dari pancuran. Karena alirannya yang ke bawah akan memudahkanmu untuk menghindari basah di bagian pangkal kuas — yang jika terkena air lama kelamaan akan membuat bulu-bulunya jadi rontok. Menghindari basah di pangkal kuas, selain dapat membuatnya lebih awet, juga membuat bentuknya tetap terjaga.
  • Bersihkan sisa-sisa makeup dan kotoran yang menempel pada ujung kuas dengan menggunakan sampo yang lembut atau lebih disarankan sampo bayi. Tuang sedikit cairannya lalu busakan dengan tangan. Setelahnya kamu bisa bilas dengan air. Ulangi tahap ini sampai air bilasannya tidak lagi berwarna.
  • Setelahnya, kamu bisa sterilkan kuas-kuasmu dengan campuran air dan cuka agar semakin bebas dari kuman dan bakteri. Caranya dengan mencampurkan air dan cuka dengan perbandingan 2:1 pada sebuah mangkuk. Lalu kamu bisa celupkan dan putar kuasmu seperti mengaduk untuk membuat cairan ini merata selama 1-2 menit. Selanjutnya kamu bisa membilasnya dengan air.
  • Rapikan bentuk kuas yang berantakan, lalu keringkan kuas dengan cara meletakannya semalaman diatas handuk kering.
Busakan lalu bilas

Busakan lalu bilas via www.amareloouro.com

Sponge atau busa yang biasa kamu pakai untuk meratakan berbagai kosmetik sudah jelas harus dibersihkan, karena penggunaannya yang bersentuhan langsung dengan kulit

Sponge untuk meratakan kosmetik

Sponge untuk meratakan kosmetik via larimarmagazine.com

Sponge yang gunanya untuk meratakan kosmetik berbentuk cair dan krim ini sudah pasti menjadi tempat yang nyaman bagi bakteri dan kuman untuk menempel. Tumpukan makeup yang lengket inilah yang jika terlalu lama dibiarkan akan menyebabkan berbagai masalah kulit yang bisa jadi parah. Ada baiknya kamu membersihkannya memang setiap hari setelah kamu memakainya. Sebelum itu hal buruk terjadi pada kulitmu, mulai sekarang bersihkanlah setiap sponge milikmu, ya.

Advertisement
  • Basahkan sponge dengan air hangat
  • Busakan dengan sampo bayi atau sabun yang lembut dengan cara meremasnya menggunakan tanganmu
  • Bilas sampai busanya hilang dengan air hangat agar kuman dan bakteri hilang semua
  • Peras pelan-pelan lalu keringkan dengan dengan handuk dan biarkan mengering. Atau kalau kamu mau langsung memakainya dalam keadaan masih lembab juga bisa.
Bersihkan sponge sampai steril

Bersihkan sponge sampai steril via www.beautylish.com

Peralatan berbahan metal seperti penjepit bulu mata, alat manicure, dan lain sebagainya juga perlu kamu bersihkan

Penjepit bulu mata juga harus dibersihkan

Penjepit bulu mata juga harus dibersihkan via www.makeuptalk.com

Peralatan berbahan metal atau logam seperti pinset, penjepit bulu mata, pisau alis, gunting kuku, dan pembersih kutikula kuku memang kuat dan tidak mudah rusak. Tapi untuk membersihkannya nggak cukup hanya dengan mengelapnya dengan tisu kering atau tisu basah, ya. Kamu pun harus memperhatikan kesterilan berbagai peralatan ini karena penggunaannya yang banyak bersentuhan dekat dengan kulit kita. Bersihkan secara rutin dua minggu sekali untuk membuatnya selalu bersih.

  • Untuk peralatan berbahan metal, bersihkan dengan menggunakan air dan sabun anti bakteri. Lalu setelahnya kamu bisa mengeringkannya dengan handuk atau tisu kering.
  • Kalau kamu mau membuatnya lebih steril, kamu bisa lanjutkan membersihkannya dengan alkohol yang kamu tuangkan diatas kapas. Untuk peralatan yang bersentuhan langsung dengan kulit wajah seperti penjepit bulu mata dan pisau alis kamu bisa membilasnya dengan air, sedangkan untuk peralatan kecantikan kuku kamu bisa membiarkannya sampai kering.
  • Simpan peralatan metalmu yang sudah dibersihkan di tempat yang kering dan bersih agar hasil kerjamu tidak kembali kotor karena debu dan kotoran.

Sisir juga rentan terkena bakteri. Luangkan waktumu untuk membersihkan alat kecantikan yang paling penting ini

Sisir dipakai setiap hari

Sisir dipakai setiap hari via www.thetruecare.com

Sisir sudah menjadi benda yang menjadi bagian dari keseharian kita. Karena fungsinya yang sangat penting untuk membuat tampilan rambut kita menjadi rapi. Tapi karena penggunaannya yang setiap hari dan sering terdapat timbunan kotoran di dasar sikat sisir, hal ini bisa membuatnya jadi sarang bakteri dan kuman yang jika kita biarkan jelas akan membuat masalah pada kulit kepala kita seperti ketombe dan jamur. Bersihkan peralatan kesayanganmu ini paling tidak sebulan sekali untuk membuatnya tetap bersih dan steril.

  • Bersihkan dulu semua sisa rambut rontok yang ada pada sisir
  • Siapkan mangkuk yang cukup besar untuk merendam sisirmu, terutama bulu sisirnya. Isi dengan air dan sampo dengan label “clean” bukan “smooth“, dan campur sampai rata. Rendam sisir selama 3-5 menit hingga kotorannya sedikit terlepas.
  • Untuk membersihkan kotoran yang masih menyisa, kamu bisa gunakan sikat gigi bekas dan bersihkan pangkal sisir sampai bersih sempurna. Setelahnya kamu bisa membilasnya dengan air bersih.
  • Keringkan sisir dengan menghadapkannya ke bawah di atas handuk yang kering dan biarkan sampai benar-benar kering.
Bersihkan dengan cara begini

Bersihkan dengan cara begini via www.cleanandproper.com

Mempunyai peralatan kecantikan atau makeup sebaiknya juga dibarengi dengan selalu menjaga kebersihannya secara rutin. Karena kalau tidak, kesehatan kitalah yang dipertaruhkan!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya