8 Merek Kosmetik Terlaris di Dunia Tahun 2021. Tebak Siapa yang Jadi Juara Kelasnya?

Kosmetik terlaris di dunia 2021

Bagi sebagian konsumen, mungkin menganggap jika produk yang baik bisa dilihat dari angka penjualan di pasar. Pasalnya semakin bagus (dan terjangkau) produknya maka semakin banyak penggunanya. Namun, untuk golongan produk kosmetik termasuk losion, sampo, sabun dan sebagainya tentu indikator “baik” berdasarkan kecocokan masing-masing orang terhadap produk tersebut.

Advertisement

Nah, kalau memang mau dilihat dari angka penjualannya sepanjang 2021 ini, ada berbagai merek kosmetik yang mencetak penjualan terbanyak di dunia. Sebuah badan survei dan pengamat produk Brand Finance telah mencatat berbagai merek kosmetik terlaris di berbagai negara. Jangan heran ya, kalau ada merek-merek yang sangat mudah ditemukan di pasar dalam negeri. Berikut Hipwee Style rangkum ulasan merek kosmetik terlaris di dunia sepanjang 2021.

1. L’Oreal, merek kosmetik asal Prancis yang mencetak penjualan nomor 1 di dunia dengan nilai 10,222 juta dolar

Merek L’Oreal tentu cukup familier di kalangan masyarakat Indonesia. Merek ini sudah tercatat memiliki penjualan terbaik dari kurun waktu 2013-2021 menurut survei Brand Finance, bahkan termasuk merek dengan pasar terbesar. Merek yang didirikan oleh Eugene Schueller dan dikembangkan dengan label L’Oreal Paris ini memiliki berbagai produk perawatan mulai dari kulit wajah, tubuh, rambut dan terdapat pula L’Oreal Men untuk pria. Merek ini telah dipercaya oleh masyarakat untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit sesuai kondisi lingkungan di berbagai negara.

Advertisement

2. Gillette, merek kosmetik yang terkenal sebagai body care pria ini menempati rangking ke-2 penjualan terbaik senilai 7,550 juta dolar

View this post on Instagram

A post shared by Gillette (@gillette)

Gillete merupakan merek asal Amerika Serikat dengan penjualan global terbesar di Eropa. Kalau di dalam negeri, Gillete berada di bawah naungan Procter & Gamble Indonesia dengan produk unggulan face and body wash dan pisau pencukur pria. Merek kosmetik yang didirikan pada tahun 1895 ini sudah tercatat memiliki penjualan yang kuat sejak tahun 2007 menurut Brand Finance.

3. Nivea, merek kosmetik yang terkenal memiliki rangkaian body care untuk pria dan wanita ini memiliki penjualan senilai 6,192 juta dolar

Advertisement

Siapa sih yang nggak kenal Nivea? Produk asal German ini menempati peringkat ke-3 dengan penjualan terbanyak sepanjang 2021. Brand Finance mencatat bahwa Nivea telah menduduki merek kosmetik terkuat secara global sejak tahun 2008. Di Indonesia, pabrik Nivea terbesar terdapat di Malang, Jawa Timur. Produk yang paling terkenal adalah hand and body lotion, pelembab wajah, bibir, plester medis dan berbagai perawatan tubuh lainnya.

4. Guerlain, terkenal sebagai merek parfum dan perawatan kecantikan asal Prancis yang memiliki penjualan senilai 5,691 juta dolar di tahun 2021

View this post on Instagram

A post shared by Guerlain (@guerlain)

Merek Guerlain mungkin cukup dikenal sebagai merek kecantikan yang dipakai oleh figur publik. Harganya yang terkenal mahal dan memiliki citra eksklusif membuat Guerlain memang nggak mudah ditemukan di pasaran misal di minimarket seperti produk-produk luar lainnya. Brand Finance mencatat bahwa Guerlain merupakan produk kosmetik yang cukup kuat di berbagai negara dengan penjualan parfum terbanyak.

5. Estee Lauder, merek perawatan kecantikan elit yang memiliki penjualan senilai 5,687 juta dolar

Di Indonesia merek Estee Lauder terkenal sebagai kosmetik elit yang memiliki produk unggulan parfum, lipstik, foundation dan berbagai produk makeup lainnya. Estee Lauder sebenarnya berasal dari nama asli pemiliknya, perempuan asal Prancis yang membuat berbagai alat dan produk kecantikan. Saat ini Estee Lauder menjadi merek kosmetik yang cukup terkenal di berbagai negara.

6. Pantene, merek kosmetik yang sangat terkenal dengan produk sampo wanita ini memiliki penjualan senilai 5,189 juta dolar

Merek sampo yang cukup terkenal di masyarakat Indonesia ini merupakan merek asal Amerika Serikat. Sampo Pantene dipercaya oleh masyarakat dunia untuk mengatasi masalah rambut seperti rontok, kusam, ketombe dan kekurangan nutrisi. Pantene sangat terkenal karena memiliki brand ambasador bintang-bintang ternama di berbagai negara seperti Priyanka Chopra, Selena Gomez, Yuri dan Seohyun Girls Generation, Anggun C Sasmi, Raline Shah dan lainnya.

7. Dove, merupakan salah satu merek dagang di bawah naungan Unilever. Pada tahun 2021, Dove meraih penjualan senilai 5,094 juta dolar

Di Indonesia Dove terkenal dengan produk unggulannya berupa sampo, sabun, deodoran dan berbagai jenis produk berawatan tubuh lainnya. Menurut catatan Brand Finance, Dove merupakan produk Unilever terkuat di bidang kosmetik sejak tahun 2009. Masyarakat dunia percaya Dove cukup ampuh mengatasi berbagai permasalahan perawatan rambut dan tubuh.

8. Head & Shoulders, merek sampo anti ketombe yang cukup terkenal di berbagai negara ini memiliki penjualan 4,013 juta dolar

Merek kosmetik dengan produk andalannya sampo anti ketombe ini berbasis di Amerika Serikat, masih satu kepemilikan dengan Gillette. Seperti iklannya, Head & Shoulders telah membuktikan menjadi sampo anti ketombe paling laris di dunia. Brand Finance mencatat merek ini telah unggul dalam pasar global sejak tahun 2011.

Nah, itulah merek kosmetik terlaris di dunia berdasarkan hasil penjualan sepanjang 2021. Angka penjualan memang bisa jadi acuan untuk menilai produk, tapi tetap saja harus dipertimbangkan dengan cocok tidaknya menurut diri sendiri ya.

Dari 8 merek di atas, apakah ada yang menjadi andalan kamu sehari-hari?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE