Memiliki kulit berjerawat merupakan tantangan tersendiri dalam memilih makeup, terutama bedak. Pinginnya sih pakai yang bisa menutup jerawat dengan sempurna, tapi yang ada malah bikin jerawat makin parah. Nah, simalakama kan? Jalan tengahnya adalah memakai makeup yang lebih ramah di kulit berminyak tanpa menutup pori-pori. Lebih bagus lagi jika bedak tersebut memang dilengkapi dengan kandungan yang dapat mencegah jerawat timbul.

Apa saja pertimbangan yang sebaiknya kamu pikirkan ketika memilih makeup untuk kulit berjerawat (atau setidaknya ramah dengan kulit berminyak-berjerawat)? Hipwee Style sajikan tipsnya.

1. Bedak yang paling ramah untuk jenis kulit berjerawat adalah bedak tabur atau loose powder. Lupakan sejenak bedak padat dulu sebelum jerawatmu sembuh.

Lebih cocok pakai yang tabur via www.glowcosmetics.com.au

Bedak tabur cenderung tidak menutup pori-pori seperti halnya bedak padat atau two way cake. Kamu yang sedang memiliki jerawat meradang, sebaiknya pilih bedak yang lebih ringan dan ramah di kulit berminyak seperti bedak tabur. Selain tidak menutupi pori-pori juga mampu mengurangi kesan kulit berminyak yang ada di wajah kamu. Hindari dulu bedak-bedak yang tebal supaya kulitmu lebih leluasa bernafas. Key?

2. Semakin bagus lagi jika bedakmu memiliki kandungan bahan penyembuh jerawat, misal asam salisil, sulfur, benzoil peroksida, dan sebagainya.

Bedak yang mengandung komposisi pelawan bakteri jerawat via makeupandbeauty.com

Advertisement

Selain mempertimbangan jenis bedak, kamu pun sebaiknya memperhatikan komposisi bedak yang kamu pakai. Akan lebih baik kalau bedak kamu itu mengandung bahan-bahan yang melawan bakteri penyebab jerawat. Misalnya salisil acid, sulfur dan sebagainya. Agar lebih gampang, miliki saja bedak yang memang diformulasikan untuk kulit berjerawat. Kamu tak perlu bingung dengan bahan-bahan pembuatnya, tinggal baca label brand saja. Simpel.

3. Pakai bedak yang multiguna seperti bedak bayi juga bisa menolong kulitmu (dan kantongmu juga)

Bedak bayi via www.thequint.com

Selain minim iritasi, bedak bayi itu juga multiguna seperti pencegah bau badan, mengangkat bulu mata, sebagai sampo kering, dan banyak sebagainya. Kamu yang sedang berjerawat juga bisa memakai bedak bayi sebagai alternatif. Simpel dan nyaman di kantong. Wangi juga kan? Uuu berasa jadi bayi lagi.

4. Lupakan dulu foundation atau BB Cream. Untuk menutupi jerawat yang sedang ranum, gunakan concealer yang khusus mengobati jerawat.

Maksimalkan concealer via www.thequint.com

Kamu tidak perlu memakai foundation ke seluruh muka. Cukup pakai pelembap, plus concealer untuk menutupi bagian jerawatmu yang sedang meradang. Kenapa? Agar kulitmu lebih leluasa bernafas dan tidak tertutup pori-porinya. Sehingga cukup bagian tertentu saja (yang ingin kamu tutupi) yang perlu dicover dengan concealer. Pilih yang paling mendekati dengan warna kulitmu ya. Setelah itu, gunakan bedak tabur seperti biasa.

5. Nah, jika jerawatmu kemerahan. Coba gunakan colour countour yang berwarna kehijauan untuk menetralkan warna.

Hijau-hijau, apa tuh? via fashiondesignlist.com

Nah, untuk kamu yang perlu tantangan baru, cobalah untuk memakai concealer color corrector berwarna kehijauan. Fungsinya adalah untuk menetralkan warna kemerahan pada kulit. Tau kan, kalau di lingkaran warna, warna hijau dan merah itu saling menetralkan satu sama lain. Berdasarkan hal ini, diciptakanlah sebuah color corrector berwarna hijau yang digunakan untuk menetralkan warna jerawat yang kemerahan. Pakailah dengan cara dioles perlahan di kulit yang berjerawat, kemudian dibaurkan sampai tidak terlihat lagi nuansa warna hijau yang tampak.

6. Sediakan selalu blotting paper untuk mengatasi minyak berlebih ketika kamu mengenakan makeup.

Agar makeup kamu bisa tahan sepanjang hari, tak ada salahnya kamu menyediakan blotting paper di tas kamu. Agar sewaktu-waktu kamu membutuhkannya, tinggal ditepuk-tepuk secara perlahan di kulit agar minyak di wajah terserap. Biasanya, pemilik kulit berjerawat itu punya minyak berlebih. Tak perlu disesali secara berlebihan, justru manfaatkan itu untuk merawat kulitmu lebih baik lagi.

Nah, kulit berjerawat itu bukan halangan untuk tampil cantik dengan makeup kok. Asalkan kamu tau caranya, semua bisa teratasi. Siap tampil menarik?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya