Kacamata hitam bukan sekadar gaya-gayaan. Benda ini seringkali digunakan untuk menjadi penyelamat saat panas datang menyengat. Karena diblok lensa kacamata, matamu bisa terhindar dari paparan UV matahari secara langsung.

Tapi jangan asal dalam memilih bentuk kacamata. Memakai kacamata itu bak matematika, kamu kudu pandai menyesuaikan bentuk yang pas agar bisa menunjang penampulan. Dengan begitu, nilai kecantikan pun akan bisa kamu dapatkan.

Advertisement

Di artikel, Hipwee akan berikan panduan khusus agar kacamatamu lebih multiguna bikin penampilanmu lebih menawan. Berikut ini penjelasannya!

1. Sebagai awalan, ketahuilah bahwa wajah manusia tercipta dalam 4 bentuk berbeda: bulat, hati, persegi panjang, dan oval.

Tipe bentuk wajah untuk kacamata

Tipe bentuk wajah untuk kacamata via www.brit.co

Sebelum mulai membahas bentuk kacamata yang pas, kamu perlu tahu bahwa bentuk wajah dikategorikan menjadi 4 :

  • Bentuk bulat : Gestur wajahmu lembut, panjang dan lebar wajahmu tampak seimbang. Wajah tidak terlalu “luas”. Biasanya, tipe wajah ini punya dagu yang kecil dan lancip.
  • Bentuk persegi panjang : Gestur wajah tegas, bentuk wajahmu agak memanjang. Dagumu tidak terlalu lancip namun tetap tegas dan kotak. Kamu juga punya dahi lebar.
  • Bentuk hati : Genstur wajahmu lembut, hampir mirip dengan wajah bulat. Namun dagumu tak terlalu lancip dan wajahmu yang lebih lebar. Kamu juga punya dahi yang sempit.
  • Bentuk lonjong : Gestur wajahmu lembut, memanjang, dan dagumu tidak lancip. Selain itu dahimu juga lebar.

2. Sebagai pemilik wajah bulat, kesan anggunmu jangan sampai rusak hanya karena penggunaan kacamata yang tidak pas. Pilihlah selalu antara dua tipe kacamata ini:

  • Model Wayfarers

Advertisement
Kacamata sesuai wajah

Kacamata sesuai wajah via www.brit.co

Bagi kamu yang punya wajah bulat, alangkah baiknya pilih kacamata yang model Wayfarers. Kacamata yang berbentuk semi persegi ini bisa memberikan kesan tegas pada wajahmu yang lembut. Selain itu, pilihlah tangkai dan frame yang tidak terlalu tebal. Dengan begitu, wajahmu yang tak telalu lebar tak akan “habis” termakan kacamata. Dijamin, wajahmu tak bisa terlihat lebih menawan.

  • Model square frame 

Jenis kacamata sesuai wajah

Jenis kacamata sesuai wajah via www.brit.co

Bentuk wajah yang bulat, gak jarang akan memberikan kesan imut saat dipandang. Nah, agar kesan itu tak menghilang pastikan kamu memilih bentuk kacamata yang pas. Kamu bisa menambatkan hati pada model square frame yang bentuk persegi. Kacamata model ini bisa bikin wajahmu terlihat lebih proporsional. Pastikan kamu pilih sambungan kacamata yang posisinya agak tinggi diatas hidung dan tangkai tidak terlalu lebar. Dengan begitu, aura imutmu bisa makin menawan.

3. Pada pemilik wajah persegi panjang, kacamata yang pas bisa bikin kecantikanmu lebih terpancar maksimal.  Ada dua model kacamata yang bisa jadi pilihan:

  • Model cat eyes

Kacamata untuk wajah persegi panjang

Kacamata untuk wajah persegi panjang via www.brit.co

Kesan cantik nan tegas akan kamu miliki saat kamu punya wajah persegi panjang. Nah, agar kesal lembut juga bisa kamu raup, gunakanlah kacamata dengan model cat eyes. Pilih frame yang berbentuk bulat dengan gagang frame yang cukup tebal dan bridge yang tidak terlalu tinggi. Nah, kacamata dengan bentuk agak runcing di bagian samping bisa membuat wajahmu terlihat lebih proporsional. Gak heran, kamu yang punya garis wajah tegas bisa terlihat lebih fleksibel dan anggun.

  • Model oval frames

Kacamata untuk wajah kotak

Kacamata untuk wajah kotak via www.brit.co

Selain pilihan kacamata berbentuk cat eyes, kamu yang punya wajah kotak bisa pilih kacamata model oval. Pilihlah bentuk frame bulat yang agak memanjang, bridge yang agak tinggi, dan gagang yang tidak terlalu tebal terpasang di bagian atas. Garis wajah tegas yang kamu punya bisa terlihat lebih seimbang dan soft dengan paduan kacamata ini. Dengan begitu, kesan wajah ayu yang imut bisa lebih terpancar darimu.

4. Punya wajah berbentuk hati adalah berkah tersendiri. Kamu bebas memilih model apapun yang kamu minati. Tapi, dua model kacamata ini patut jadi prioritas paling nomor wahid.

  • Model Aviator

Kacamata untuk kamu yang wajahnya hati

Kacamata untuk kamu yang wajahnya hati via www.brit.co

Pemili wajah berbentuk hati lebih leluasa untuk memilih kacamata yang pas di wajah. Namun, kacamata retro model aviator patut menjadi pilihan nomor satu karena mampu memberi kesan lebih tegas pada wajah kecilmu.

Selain itu, biasanya tipe wajah ini punya bentuk pipi yang tembem. Maka, kacamata dengan model aviator bisa menyembunyikannya agar tak terlihat. Dengan begitu kamu akan telihat lebih menawan.

  • Model oversized frame

Kacamata untuk wajah hati

Kacamata untuk wajah hati via www.brit.co

Setalah kacamata dengan model Aviator, kacamata model oversized frames  patut menjadi pilihan kedua bagi kamu yang punya wajah dengan bentuk hati. Kamu bebas memilih bentuk persegi, persegi panjang, ataupun oval, tapi yang yang terpenting ukurannya besar. Lalu pilih posisi gagang yang menyambung di bagian tengah.

Dengan kacamata jenis ini, dahi dan pipimu bisa lebih tertutupi, jadi wajahmu bisa terlihat lebih tirus dan lonjong. Gak heran kamu akan terlihat lebih apik dan menarik.

5. Agar wajah ovalmu terlihat lebih menawan saat sedang liburan, pakai saja kacamata berbentuk flat tops atau lingkaran.

  • Kacamata model flat tops

Kacamata untuk wajah oval

Kacamata untuk wajah oval via www.brit.co

Kamu punya wajah lonjong seperti Raisa? Gak jarang kamu kebingungan memilih kacamata yang pas agar wajahmu terlihat lebih tirus dan menawan. Tenang, sekarang kamu bisa gunakan kacamata model flat tops yang lebar. Pilihlah kacamata dengan frame lensa bagian atas yang lurus, bridge kacamata yang tinggi, dan lensa lebar yang bagian bawahnya melingkar.  Dengan kacamata flat tops seperti ini, dijamin wajahmu yang oval dan lebar bisa terkesan lebih kecil dan tirus. Jadi kamu bisa terlihat lebih cantik lagi.

  • Kacamata model circle frame

kacamata untuk wajah oval

kacamata untuk wajah oval via www.brit.co

Beruntungnya kamu yang punya wajah oval, kamu tak pelu takut menggunakan kacamata berbentuk lingkaran yang unik. Kacamata dengan lensa yang tak terlalu tebal dengan bridge di bagian tengah, dan gagang kecil bisa bikin penempilanmu lebih catchy. Selain itu, wajahm yang memanjang dan  lebar juga lebih terlihat proporsional dengan kacamata lingkaran yang tidak terlalu besar.

Kacamata hitam adalah pelindung dari paparan sinar matahari yang wajib kamu miliki. Apalagi saat kamu sedang melakukan traveling ataupun panas-panasan di jalan. Nah, sembari memberi manfaat untuk kesehatan, penggunaan kacamata hitam yang sesuai dengan bentuk wajah bisa membuat penampilanmu jadi lebih menawan. Panduan dari Hipwee tadi bisa jadi rekomendasi.

Semoga kamu semakin mempesona, ya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya