Super Ketat, Begini Ternyata Tata Cara Makeup Anggota Paskibraka Nasional Kala Pandemi

Makeup anggota paskibraka nasional

Dua hari yang lalu, Indonesia baru saja memperingati hari ulang tahun yang ke-76 di tengah situasi pandemi. Biasanya momen peringatan 17 Agustus jadi momen yang dinantikan sama banyak orang karena bisa menyaksikan dan ikut serta dalam lomba yang diadakan di lingkungan rumah. Selain itu, pada momen ini kita juga biasanya melihat prosesi upacara 17 Agustus di Istana Merdeka yang berlangsung khidmat dan penuh warna-warni baju adat khas Nusantara. Tahun ini menjadi tahun kedua upacara di istana dilakukan dengan jumlah peserta yang sangat terbatas dan protokol kesehatan ketat.

Advertisement

Bahkan tim yang betugas untuk mendandani pasukan Paskibraka Nasional juga harus menjalani sejumlah tahapan protokol kesehatan lo! Kira-kira apa aja ya tahapan yang harus dijalani oleh tim MUA selama merias Paskibraka di situasi pandemi? Yuk simak langsung ulasan Hipwee Style berikut!

Mustika Ratu pertama kali dipercaya untuk merias tim Paskibraka Nasional pada tahun 2019

Tim MUA dari Mustika Ratu | Credit via IG @mustikaratuind

Melansir dari laman Mustika Ratu, merek kecantikan lokal ini dipercaya sebagai tim perias anggota Paskibraka pertama kali pada tahun 2019 melalui Kementrian Pemuda dan Olahraga. Selain dipercaya untuk merias para anggota Paskibraka yang akan bertugas di Istana Negara, Mustika Ratu juga dipercaya menjadi tim perias para pejabat Sekretariat Negara untuk beragam acara penting di kementrian dan istana.

Perbedaan tata cara merias anggota Paskibraka Nasional saat pandemi

Tim MUA merias anggota Paskibraka Nasional | Credit via IG @mustikaratuind

Pada tahun 2019, tim rias dari Mustika Ratu lebih mudah melakukan tugasnya karena bisa berinteraksi langsung dengan para adik-adik tim Paskibraka Nasional. Salah satu tim makeup artist dari Mustika Ratu, Tiwie, mengatakan kepada Detik, bahwa terdapat perbedaan saat merias pada tahun 2019, 2020, dan 2021. Pada tahun 2020, tim Paskibraka yang bertugas hanya delapan orang sehingga tim perias lebih mudah melakukan tugasnya. Sedangkan tahun ini, anggota Paskibraka kembali bertugas dengan formasi lengkap yaitu 68 peserta sehingga tim perias harus lebih ekstra dalam menjaga protokol kesehatan.

Advertisement

Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan oleh tim perias sebelum mendandani anggota Paskibraka, yaitu harus menjalani dua kali tes PCR dan karantina. Pada saat merias, tim makeup artist harus mengenakan masker ganda dan alat makeup yang steril. Sedangkan untuk aturan merias masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya, yaitu panjang rambut putri tiga jari di bawah telinga dan panjang rambut 0,1 cm untuk putra. Anggota Paskibraka putri tetap menggunakan full makeup meski mengenakan masker dengan lebih menonjolkan riasan mata.

Rangkaian produk yang digunakan oleh Mustika Ratu untuk perawatan kulit para anggota Paskibraka Nasional

Rangkaian produk yang digunakan untuk merias | Credit via IG @mustikaratuind

Dalam postingan Instagram resmi Mustika Ratu, mereka menggunakan rangkaian produk makeup Beauty Queen Series untuk mendandani para anggota Paskibraka Nasional. Melansir dari laman Mustika Ratu, produk ‘Beauty Queen’ ini terinspirasi dari tata rias yang diperlukan untuk mempercantik para ratu kelas dunia. Rangkaian produk Beauty Queen Series dari Mustika Ratu ini terdiri dari Mustika Ratu High Coverage Foundation Matte Finish SPF 30 Waterproof, Mustika Ratu Ultra Radiant Two Way Cake, Mustika Ratu Eyeshadow & Blush on, Mustika Ratu Bold and Nourishing Lipstick, Mustika Ratu Pro Volume Mascara, dan Mustika Ratu Quick & Easy Eyebrow.

Ternyata, di balik cantik dan gantengnya para anggota Paksibraka Nasional ada peran penting tim MUA yang bekerja keras untuk memberikan riasan yang segar dan menawan lo. Kira-kira kamu mau coba recreate makeup ala anggota Paskibraka juga nggak nih?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE