5 Jawaban Atas Pertanyaan, ‘Kenapa Makeup-ku Nggak Pernah Bisa Sebagus Mereka’

Makeup results

Kadang melihat teman atau beauty influencer yang pintar memulaskan makeup ke wajahmu membuat bertanya-tanya, ‘gimana sih caranya?’. Kamu pun banyak melakukan sesuatu termasuk rutin melihat tutorial di Youtube atau langsung praktik sendiri menggunakan alat seadanya. Soal hasil akhir mungkin nggak sepresisi yang lain, namun seenggaknya kamu sudah mencoba, kan?

Advertisement

Berangkat dari situ, berikut ini Hipwee Style coba paparkan 5 jawaban atas pertanyaanmu selama ini tentang mengapa hasil makeup-mu dan orang lain bisa berbeda-beda. Simak, ya!

Bentuk wajah, warna dan kondisi kulit yang berbeda-beda. Ingat, kamu harus tahu bahwa ada berbagai bentuk, warna dan kondisi kulit pada masing-masing orang

face shape via stylesatlife.com

Ada bentuk wajah bulat, oval, kotak hingga persegi. Inilah yang seringkali nggak disadari banyak orang karena jelas memengaruhi hasil makeup. Misalnya, wajah bulat atau kotak tentu membutuhkan bantuan contour di tulang pipi kanan dan kiri jika ingin tampil lebih tirus, sedangkan mereka yang berwajah oval nggak membutuhkannya terlalu banyak.

Kalau soal kondisi kulit, nggak semua orang ditakdirkan memiliki permukaan kulit wajah yang mulus tanpa cela. Ada yang kondisi kulitnya berjerawat, berpori besar, berminyak hingga memiliki banyak bekas jerawat seperti bopeng yang jelas bikin hasil makeup-nya bisa berbeda. Untuk itu, ketahuilah kondisi kulitmu terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan berbagai produk makeup.

Advertisement

Coba lihat dulu bagaimana caramu mengaplikasikan complexion seperti foundation, BB cream, primer hingga cushion. Ingat, complexion adalah kunci!

complexion via www.nyxcosmetics.com

  • Mengaplikasikan berbagai macam complexion hendaknya menggunakan kuas khusus yang ukurannya cukup besar atau beauty blender yang dibasahi agar hasilnya matte serta awet
  • Pilih complexion yang sesuai dengan kondisi wajahmu (ada complexion yang matte untuk kulit cenderung berminyak dan satin finish untuk kulit kering)
  • Cara mengaplikasikan complexion bukannya digeser, melainkan ditepuk-tepuk sekali hinga tiga kali di masing-masing bagian
  • Bukan soal harganya, complexion yang bagus ditentukan dari caramu menyimpan (jangan terpapar langsung sinar matahari atau di tempat lembap) dan takaran saat mengenakannya (jangan terlalu banyak atau sedikit)

Tiap kali pakai pensil alis, hasil milikmu selalu kotak dan nggak melengkung sempurna seperti kebanyakan cewek. Kenapa, ya?

pensil alis via www.littlethings.com

  • Ingat, banyak sekali bentul-bentuk alis yang bisa kamu ikuti salah satunya. Yang paling populer ialah bentuk alis Korea (sejajar) dan Hollywood (melengkung seperti logo Nike terbalik)
  • Kamu sesuaikan dulu dengan bentuk wajahmu, agar hasilnya lebih presisi
  • Gunakan pensil alis yang nggak terlalu lunak agar nggak mbeleber ke mana-mana saat diaplikasikan
  • Jangan lupa pakai spoolie atau sikat alis supaya alismu nampak natural dan bulu-bulu halusnya masih terlihat
  • Pilih pensil alis yang warnanya sesuai dengan warna alami rambutmu, atau pilih warna hitam dan abu-abu agar hasilnya natural

Kadang, hasil makeup-mu jadi abu-abu atau justru kusam alias nggak seperti cewek kebanyakan. Ini alasannya!

  • Warna atau shade complexion-mu kurang pas dengan warna kulitmu. Panduan lengkap cara memilih complexion ada di sini, ya!
  • Kamu nggak memperhatikan tanggal kadaluarsa produk complexion-nya. Ingat, ini hal sepele tapi bisa berimbas fatal yakni membuat kulit kusam hingga iritasi
  • Kamu terlalu banyak mengaplikasikan complexion sehingga hasil akhirnya justru mirip ‘adonan kue’ daripada makeup
Advertisement

Soal lipstik yang hasilnya nggak sama di bibir masing-masing orang, ini dia faktor penyebabnya!

lipstick via www.doramour.com

  • Warna bibir masing-masing orang berbeda. Ada yang masih alami, ada yang sudah menghitam karena berbagai faktor seperti gaya hidup atau terlalu sering menggunakan lipstik
  • Warna bibir yang berbeda mengharuskanmu lebih jeli memilih warna lipstik. Misalnya saja, kamu yang berbibir sangat gelap disarankan untuk mengaplikasikan concealer dulu di seluruh permukaan bibir agar pulasan lipstiknya lebih merata dan terlihat presisi
  • Bibirmu sedang kering atau iritasi? Ini nih yang biasanya membuat lipstikmu jadi kurang awet dan mbeleber ke mana-mana. Jangan lupa pulaskan lip balm atau rutin olesi madu murni dulu biar kulit bibirmu sehat, ya!

Gimana, sudah cukup menjawab belum? Kalau belum, coba kasih Hipwee Style saran dong jawaban apalagi yang kamu inginkan!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Seorang makmum yang taat :)

Editor

Seorang makmum yang taat :)

CLOSE