Pentingnya Kandungan Omega 3 Buat Kulit Wajah. Jangan Sepelekan Kalau Mau Cantik Paripurna

Manfaat omega 3 untuk kulit

Pasti kamu udah sering dengar kan kalau minyak ikan punya banyak sekali manfaat untuk tubuh? Makanan seperti ikan kembung, tuna, dan sarden adalah beberapa sumber omega 3. Tapi, ternyata selain ikan laut, sumber makanan seperti biji-bijian dan minyak nabati tertentu juga mengandung omega 3 lo. Dilansir dari laman Klikdokter, ada beberapa cara untuk mendapatkan manfaat dari minyak ikan seperti mengonsumsinya secara langsung atau dalam bentuk suplemen.

Advertisement

Dilansir dari laman Healthline, omega 3 punya beberapa manfaat yaitu untuk mengatasi depresi, menurunkan peradangan, dan juga mengurangi risiko penyakit jantung. Nggak cuma itu, ternyata minyak ikan atau omega3 juga punya manfaat untuk kulit wajah lo! Nah, kira-kira apa aja ya manfaat omega-3 buat kulit kita?

Kandungan omega 3 bisa memberikan perlindungan kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari lo!

Omega 3 bisa melindungi paparan ultraviolet | Photo by Pavel Danilyuk from Pexels

Dilansir dari laman Healthline, ada penelitian yang menunjukkan kalau suplemen dengan kombinasi dua jenis lemak omega-3 yaitu DHA dan EPA bisa melindungi kulit dari sinar ultraviolet A dan B. Dalam studi lain yang menggunakan minyak ikan omega 3 untuk dioleskan ke kulit setelah terkena sinar matahari, hasilnya menunjukkan kalau 25% lebih sedikit yang mengalami kemerahan pada kulit.

Omega 3 atau minyak ikan bisa mengurangi produksi jerawat pada kulit nih, SoHip

Bisa mengurangi tingkat keparan jerawat juga lo~ | Photo by Anthony Shkraba from Pexels

Buat kamu yang punya masalah jerawat pada kulit wajah, kamu bisa coba atasi dengan menggunakan minyak ikan omega-3. Dilansir dari laman Healthline, kandungan omega 3 bisa mengurangi tingkat peradangan pada kulit yang berarti juga bisa mengurangi tingkat keparahan jerawat. Minyak ikan omega 3 dalam bentuk suplemen juga bisa mengurangi efek samping isotretinoin, yaitu obat yang biasa digunakan untuk mengobati jerawat yang parah atau bersifat resisten.

Advertisement

Selain itu, minyak ikan juga bisa melindungi kulit dari risiko iritasi, sensitif, dan juga penuaan dini

Manfaat lainnya juga bisa mengurangi efek penuaan dini | Photo by cottonbro from Pexels

Dilansir dari laman Healthline, kandungan omega 3 juga bisa meningkatkan fungsi skin barrier dan mencegah iritasi lo! Omega-3 bisa melembapkan kulit dan mengatasi kulit kering, gatal, dan juga kemerahan pada kulit. Ada sebuah studi yang menunjukkan kalau mengonsumsi makanan yang mengandung omega 3 seperti biji-bijian bisa meningkatkan hidrasi kulit sampai sebesar 39%. Hasilnya juga menunjukkan kalau setelah mengonsumsi omega 3, kulit jadi lebih lembut dan nggak sensitif.

Omega 3 juga ada kaitannya dengan penurunan risiko dermatitis atopik pada bayi dan gejala psoriasis pada orang dewasa. Dilansir dari laman Healthline, masih perlu lebih banyak penelitian lagi nih SoHip supaya bisa menentukan dosis yang tepat. Sedangkan dilansir dari Klikdokter, kandungan omega 3 juga bisa mengurangi efek penuaan dini seperti kerutan dan bercak hitam. Wah, banyak banget ya manfaatnya?

Nah itu dia SoHip beragam manfaat yang bisa kamu dapatkan dari kandungan omega 3. Konsumsi omega 3 yang berlebihan juga bisa menimbulkan efek kesehatan. Jadi, kamu bisa mengonsumsi dua porsi ikan laut per minggu untuk mendapatkan asupan omega-3 yang cukup untuk kesehatan tubuhmu, ya.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE