Denim atau bahan jeans memang tak terlepas dari gaya fashion kamu sehari-hari. Paling tidak ada dua atau tiga potong celana jeans yang kamu simpan di lemari. Iya kan? Pasalnya bahan jeans ini dinilai kuat dan awet sehingga tahan banting saat di pakai di situasi apa pun. Bentuknya yang bisa diutak-atik juga memungkinkanmu untuk mengenakannya di berbagai kesempatan. Mulai dari situasi formal hingga kasual.

Buat para penggemar denim, pastinya sudah tidak asing lagi dong ya dengan jenis jeans yang akan kita bahas ini. Jadi sebenarnya apa sih jenis jeans selvedge ini?

Selvedge denim di Indonesia sendiri mulai dikenal dan naik pamor sejak pertengahan tahun 2013-2014 lalu. Denim ini memiliki ciri khas jahitan pada tepi kain yang tidak terurai seperti jenis jeans yang lainnya

selvedge denim via www.google.com

Advertisement

Nah, biasanya tepi selvedge itu letaknya pada bagian atas sampai bawah yang mana jika bagian bawah jeans dilipat oleh pemakainya akan terlihat selvedge tersebut. Selvedge denim ini biasanya identik dengan dry jeans atau RAW denim yang menunjukkan bahwa jenis jeans tersebut memiliki kualitas dan keunggulan yang tinggi dibandingkan dengan jenis lainnya.

Di Indonesia, pergerakan selvedge denim ini tergolong cepat, terlebih di kalangan anak muda, meskipun tidak dimungkiri pemakainya juga beragam. Selain terlihat lebih casual edgy bagi para penggemar jeans, jenis selvedge ini rata-rata memiliki jahitan yang lebih rapi dan detail pada bagian-bagian kecilnya.

Pada jenis selvedge denim ini, biasanya material pembuatannya menggunakan jenis jeans yang memiliki satuan berat (oz) di atas 14 oz, satuan berat ini memiliki pengaruh juga terhadap lentur dan kaku jeans yang dibuat.

selvedge denim OZ via www.google.com

Semakin tinggi oz nya, semakin kaku pula jeans tersebut, dan tentu saja semakin mahal. Namun hingga saat ini, penggemar selvedge denim lebih menyukai yang memiliki oz tinggi. Meskipun kaku dan berat, namun dia akan semakin kuat materialnya, apalagi lekukan pada pangkal-pangkal jenas yang terbentuk setelah dipakai, wah cakep banget!

Advertisement

Untuk mengikuti perkembangan dunia denim khususnya di Indonesia, para brand lokal mulai beromba-lomba untuk menciptakan produk selvedge denim buatan sendiri. Tak hanya menciptakan jenis jeans yang kaku, produk lokal di Indonesia juga telah memproduksi jenis selvedge ini dengan kain jeans yang memiliki kelenturan. Jadi meskipun jeans tersebut terlihat lemas dan lentur, namun kerapihan khas yang disajikan oleh selvedge denim tetap dapat membuat jeans tersebut terlihat oke.

Bagi kalian yang baru saja ingin mencoba bagaimana selvedge denim ini, kami sarankan sebaiknya memilih jenis selvedge denim yang reguler dulu atau denim yang memiliki kelenturan dan sudah melalui proses pencucian sebelum dijahit

RAW denim via www.google.com

Kenapa? Karena jika kalian baru pertama kali dan langsung menggunakan selvedge denim yang RAW, bisa dipastikan kalian tak akan merasa nyaman memakainya, sebab selain berat, kekakuan selvedge denim jenis yang RAW akan terasa menyiksa bagai pemula. Sesuai namanya, RAW jeans adalah jeans berbahan mentah yang dijahit langsung setelah proses penenunan tanpa melalui proses pencucian dan pencelupan. Nanti jika sudah terbiasa, bisa kok menggunakan selvedge denim yang RAW. Dan jangan lupa untuk dukung produk lokal ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya