5 Ide Modifikasi Baju Putih Polos Lama Biar Tampak Baru Lagi

Modifikasi baju putih lama

Memiliki baju putih memang paling mudah untuk dipadupadankan dengan berbagai warna dan model celana atau rok. Selain itu, warna putih juga cocok untuk berbagai suasana, baik itu formal maupun santai. Sayangnya, baju putih polos kalau sudah lama kadang jadi menguning dan lebih mudah terlihat lecek. Hayo, siapa yang malas pakai baju putih polos lama?

Advertisement

Sebenarnya, baju putih polos lama masih bisa dimodifikasi supaya terlihat baru lagi, lo. Jadi, nggak perlu dibuang atau dijadikan lap. Buat kamu yang punya baju putih polos lama dan enggan memakainya lagi, coba yuk simak ide modifikasi baju putih polos berikut!

1. Manfaatkan pewarna tekstil untuk membuat kreasi tie dye dengan baju putih polos lamamu

Ide modifikasi baju lama

Tie dye | Credit by @froggypiggy.in on Instagram

Modifikasi paling mudah yang bisa kamu lakukan pada baju putih polos adalah dengan membuat motif tie dye. Cara ini nggak perlu keahlian khusus untuk menggambar dan melukis. Kamu hanya perlu menyiapkan pewarna tekstil yang bisa dibeli di toko-toko alat jahit. Tie dye dikenal juga dengan teknik ikat celup, tinggal buat ikatan kuat pada baju, lalu celupkan pada pewarna yang sudah dilarutkan. Kamu juga bisa coba metode tetes dengan cara meneteskan pewarna pada baju yang sudah diberi ikatan-ikatan kuat.

Motif tie dye yang abstrak bisa memudahkanmu untuk berkreasi. Bahkan, kamu juga bisa mengkombinasikan beberapa warna yang kamu suka. Ide modifikasi baju lama seperti ini juga bisa kamu terapkan pada warna lain, nggak harus putih. Sementara untuk bahan paling cocok dimodifikasi jadi baju tie dye adalah katun dan rayon, atau bahan yang mudah menyerap cairan, supaya proses pewarnaan lebih mudah.

Advertisement

2. Modifikasi baju putih polos lama dengan membuat hiasan menggunakan tali kur

Ide modifikasi baju lama

Tali kur | Credit by @blueprintdiy on Instagram

Jika malas bermain warna, coba deh modifikasi baju putih lamamu menggunakan tali kur. Tali ini biasanya digunakan untuk membuat kerajinan tangan dan menghias tepi pakaian. Kamu bisa memanfaatkan tali kur untuk membuat motif pada baju polos lamamu biar terlihat baru lagi.

Modifikasi ini juga nggak perlu keahlian khusus kok, kamu hanya perlu menyiapkan tali kur yang bisa dibeli di toko alat jahit dan lem khusus kain. Kamu juga bisa berkreasi untuk membuat motif yang diinginkan. Ide modifikasi baju putih polos ini paling cocok untuk sweater atau pakaian rajut.

3. Modifikasi baju putih lama menjadi model yang baru dengan cara memotong dan mengombinasi detail-detailnya

Advertisement
Ide modifikasi baju lama

Mengubah model baju | Credit by @blueprintdiy on Instagram

Ide modifikasi ini cukup unik karena kamu nggak hanya akan mengubah atau menambah hiasan, tapi juga mengubah modelnya. Sebagai contoh seperti gambar di atas, di mana baju tunik putih dimodifikasi menjadi top crop yang unik. Modifikasi seperti ini bisa membuat baju lamamu benar-benar terlihat baru.

Supaya bisa memodifikasi baju seperti ini kamu harus punya konsep model yang diinginkan sebelum memotong bagian-bagiannya. Jika kesulitan melakukan sendiri, kamu bisa membawa baju lamamu ke tukang permak dan menjelaskan konsep yang kamu inginkan. Modifikasi baju seperti ini bisa kamu terapkan di berbagai jenis bahan, tapi mungkin akan sulit jika dilakukan pada baju berbahan rajutan.

4. Membuat hiasan pada baju putih polos dengan cara payet menggunakan manik-manik supaya terlihat baru lagi

Ide modifikasi baju lama

Payet | Credit by @rumahpayet.89 on Instagram

Ide modifikasi berikutnya adalah dengan membuat payet pada baju putih polosmu. Payet merupakan detail hiasan pada baju yang biasanya terdapat pada kebaya. Namun, kamu juga bisa membuat payet pada kemeja dan blouse putih lamamu. Payet bisa dibuat dengan teknik jahit dan lem. Jika kamu nggak punya keahlian menjahit, gunakan teknik lem yang mudah.

Kamu bisa menentukan letak payet di mana pun sesuai keinginan dan disesuiakan dengan model pakaian, kemudian tentukan motif dengan menyusun manik-manik sebelum diberi lem. Modifikasi ini paling cocok untuk jenis baju-baju formal seperti kemeja dan blouse, karena bisa memberikan kesan anggun dan elegan.

5. Membuat hiasan pada baju putih polos dengan teknik sulam dan bordir, bisa pakai tangan atau mesin

Ide modifikasi baju lama

Sulam | Credit by @carolina.garcia.art on Instagram

Selain payet, kamu juga bisa memodifikasi baju polos lamamu dengan teknik bordir dan sulam. Namun, teknik ini butuh keahlian khusus untuk membentuk benang-benang menjadi pola. Sebagai contoh seperti pada gambar di atas dengan membuat sulaman tangan di bagian belakang kemeja.

Jika kamu tertarik memodifikasi baju polos lamamu seperti ini tapi nggak punya keahlian, coba deh tentukan saja dulu pola atau motif yang kamu inginkan. Kemudian bawa saja bajumu ke tukang bordir untuk merealisasikan pola yang sudah kamu buat. Cara ini jadi terlihat simpel dan mudah, tapi harus merogoh kocek untuk membayar jasa bordir~

Nah, itulah beberapa ide modifikasi baju putih polos lama supaya terlihat baru lagi. Selain bisa hemat karena biaya modifikasi jauh lebih murah dibanding beli baju baru, hal ini juga kegiatan ramah lingkungan dengan cara daur ulang baju. Sebab, baju nggak perlu dibuang karena bisa dipakai lagi. Gimana, tertarik memodifikasi baju-baju lamamu?

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE