7 Rekomendasi Sampo Tanpa SLS Terbaik, Solusi Ampuh untuk Atasi Ketombe!

Sampo tanpa SLS? Sampo memiliki peran penting dalam perawatan rambut. Di pasaran, kini sudah banyak berbagai merek sampo dengan bermacam-macam kegunaan sesuai dengan kebutuhan rambut. Setiap orang memiliki kondisi rambut yang berbeda, jadi harus menggunakan jenis sampo yang tepat pula.

Advertisement

Sebagian besar orang berpendapat bahwa semakin banyak busa di sampo, maka rambut akan semakin bersih. Namun, itu tidak selamanya benar. Banyaknya busa di sampo menandakan bahwa sampo tersebut mengandung SLS.

SLS adalah singkatan dari Sodium Laureth Sulfate yang merupakan kandungan pada perawatan tubuh (salah satunya sampo). Dikutip dari Halodoc, SLS adalah zat yang dapat memunculkan busa pada cairan seperti sampo. Biasanya, SLS terbuat dari minyak bumi dan tanaman seperti minyak kelapa dan minyak sawit.

Namun, sering terpapar SLS akan membuat rambutmu mengalami beberapa masalah. Maslaah tersebut seperti iritasi kulit kepala, ketombe, dan kerontokan. Lantas, produk sampo apa saja yang aman dari kandungan SLS agar rambut tetap sehat? Berikut rekomendasi sampo tanpa SLS.

Advertisement

1. Organix Hydrating Macadamia Oil Shampoo (Rp 278 ribu)

sampo tanpa sls

Organix Hydrating Macadamia Oil Shampoo | Foto dari global-prod.ogxbeauty.com

Organix Hydrating Macadamia Oil Shampoo merupakan produk perawatan rambut yang berasal dari Amerika Serikat. Sampo ini mengandung macadamia oil, sugar cane extract, dan bamboo extract. Dengan kandungan tersebut, akan membuat rambut lebih ternutrisi.

Sampo tanpa SLS ini cocok digunakan untuk jenis rambut kering. Kandungan yang terdapat di dalamnya akan membuat rambut lebih lembab dan lembut. Selain itu juga dapat memperbaiki ujung rambut dan membuat rambut lebih bersinar cemerlang alami.

Dengan segala manfaatnya, sampo ini dibanderol dengan harga Rp 278 ribu. Isi per botolnya juga termasuk banyak, lho, yaitu 385 ml. Tertarik buat mencoba?

Advertisement

2. Sensatia Botanicals Balancing Shampoo, sampo tanpa SLS yang ramah lingkungan (Rp 240 ribu)

sampo tanpa sls

Sensatia Botanicals Balancing Shampoo | Foto dari Instagram @sensatiabotanicals

Bagi kamu yang rambutnya berminyak dan berketombe, mari merapat. Sensatia Botanicals mengeluarkan produk yang bisa menghempaskan ketombe yang membandel di rambutmu. Dengan level pH 4.50-6.00, tidak akan membuat rambutmu menjadi kering dan rusak.

Sampo tanpa SLS ini dari senyawa murni minyak tea tree, minyak peppermint dan ekstrak ginseng, membuat Sensatia Botanicals Balancing Shampoo memiliki aroma mint herbal yang menyegarkan. Bahan-bahan alami tersebut mampu menghilangkan ketombe dan melembabkan kulit kepala tanpa membuatnya berminyak. Selain itu, rambutmu akan terlihat lebih berkilau dan sehat.

Bahan utama tea tree oil yang membantu mengatasi ketombe dan mengurangi minyak berlebih, serta minyak peppermint dan ekstrak ginseng yang mencegah kerontokan dan merangsang pertumbuhan rambut, sampo ini cocok untukmu yang mengusung konsep vegetarian dan vegan karena bahan-bahannya yang ramah lingkungan.

Sampo ini juga tidak diuji coba pada hewan dan proses pembuatannya tanpa membahayakan eksistensi terumbu karang. Dengan harga Rp 240 ribu, sampo ini juga sudah mendapatkan sertifikasi halal. Worth it banget, kan?

3. Yves Rocher Low Shampoo Delicate Cleansing Cream (Rp 125 ribu)

sampo tanpa sls

Yves Rocher Low Shampoo Delicate Cleansing Cream | Foto dari yvesrocher.co.id

Produk keluaran Yves Rocher ini diformulasikan untuk semua jenis rambut dengan kulit kepala yang sensitif. Dengan bahan aktif hawthorn yang bermanfaat untuk menutrisi dan melindungi batang rambut serta agave fructans yang berfungsi untuk melipatgandakan mikrosirkulasi di kulit kepala, menghasilkan rambut yang lembut dan ternutrisi.

Selain itu, kandungan sampo tanpa SLS juga mampu membersihkan rambut dengan tekstur yang creamy dan membuat rambut menjadi mudah untuk diatur. Karena sudah sulfate-free (tidak berbusa), menghasilkan rambut yang lembut dan mudah disisir. Walaupun nggak berbusa banyak, sampo ini tetap maksimal membersihkan rambut.

Dengan keunggulannya tersebut, sampo tanpa SLS ini cukup mudah dijangkau yaitu dengan harga Rp 125 ribu. Isi atau volumenya juga cukup banyak yaitu 200 ml. Worth it to buy, kan?

4. Petal Fresh Pure Scalp Treatment Shampoo (Rp 117 ribu)

sampo tanpa sls

Petal Fresh Pure Scalp Treatment Shampoo | Foto dari Instagram @petalfresh

Sampo tanpa SLS buatan Amerika Serikat ini memanfaatkan sifat herbal organik yang berfungsi untuk membersihkan dan menutrisi rambut tanpa menggunakan bahan kimia yang keras dan berbahaya. Sampo tanpa SLS ini terbuat dari bahan-bahan dasar nabati, bebas paraben, dan diformulasikan dengan bahan organik. Jadi, ramah lingkungan banget!

Terbuat dari tea tree oil yang mengandung sifat antiseptik alami, menghasilkan rambut yang ternutrisi, memulihkan rambut yang kering dan rusak, serta membuat kulit kepala lebih sehat dan rambut yang berkilau. Selain itu, setelah pemakaian kulit kepala akan terasa lebih segar. Rambut pun akan sehat dan ternutrisi secara alami.

Dengan isi per botolnya sebanyak 475 ml,sampo ini dijual dengan harga Rp 117 ribu saja. Terbilang cukup terjangkau di kelasnya, ya! Melihat hasil yang sedemikian bagusnya, nggak ada salahnya untuk kamu coba, kan?

5. Dancoly Verbena Oil Control Shampoo (Rp 359 ribu)

Dancoly Verbena Oil Control Shampoo

Dancoly Verbena Oil Control Shampoo | Fto dari Instagram @dancoly.id

Kalau kamu memiliki masalah rambut berminyak, kamu patut untuk mencoba produk dari Dancoly ini. Dancoly Organic Verbena Shampoo ini terbuat dari tumbuhan verbena yang mampu membersihkan minyak berlebih pada rambut dan kulit kepala tanpa iritasi. Apa saja kandungan yang terdapat pada sampo ini?

Dancoly Organic Verbena Shampoo mengandung ekstrak lemon yang memberikan kesegaran di kulit kepala. Kandungan verbenanya juga memberikan vitamin agar rambut terasa halus, lembut dan harum. Selain itu, walaupun mampu membersihkan minyak berlebih, namun tidak akan membuat kulit kepala terasa kering.

Sampo tanpa SLS ini juga sudah BPOM, tanpa kandungan sulfat, mineral oil, propylene glycol, dan paraben. Selain itu, sampo ini juga tidak melalui uji coba pada hewan dan tentunya bersertifikasi GMP dan FDA. Tersedia dalam berbagai ukuran yaitu 250 ml, 400 ml, dan 800 ml, sampo ini dibanderol dengan harga Rp 151 ribu-Rp 359 ribu.

6. Coconut Rosemary Shampoo by Bali Balance (Rp 200 ribu)

sampo tanpa sls

Coconut Rosemary Shampoo by Bali Balance | Foto dari Instagram @balibalance

Sesuai namanya, Bali Balance merupakan produk lokal asli yang berbasis di Badung, Bali, Indonesia. Sampo berbahan dasar minyak kelapa mentah dan minyak esensial rosemary ini dapat memelihara dan membersihkan rambut. Tidak hanya itu, sampo ini juga merangsang pertumbuhan rambut.

Selain bahan dasar tadi, sampo tanpa SLS ini juga mengandung komposisi ekstrak lidah buaya, vitamin E, air murni, asam laurat, garam laut kusamba, cocamidopropyl betaine, cocodiethanolamide, glycol stearate, D-pathenol, dan asam tetra asetat. Dengan kandungan yang beragam tersebut, tentu memberikan manfaat yang baik untuk rambut.

Produk ini sepenuhnya dibuat di Bali dan tidak melalui pengujian pada hewan. Selain itu juga tidak ada bahan kimia keras yang digunakan. Dengan ukuran per botolnya sebanyak 265 ml, sampo ini dihargai Rp 200 ribu saja. Untuk sebuah produk lokal berkualitas tentu ini sangat terjangkau, bukan?

7. Klorane Strengthening & Revitalizing Shampoo with Quinine & B Vitamins (Rp 245 ribu)

sampo tanpa sls

Klorane Strengthening & Revitalizing Shampoo with Quinine & B Vitamins | Foto dari Instagram @klorane_france

Terakhir, ada produk dari Klorane Strengthening & Revitalizing Shampoo. Sampo dengan bahan dasar quinine dan vitamin B ini cocok untuk digunakan buat kamu yang punya masalah rambut rontok. Dengan kandungannya tersebut, sampo ini mampu mengembalikan kekuatan dan energi rambutmu yang melemah.

Istimewanya, sampo tanpa SLS ini  mampu meningkatkan sirkulasi darah untuk pertumbuhan rambut yang lebih kuat, dan kaya akan keratin untuk merangsang pertumbuhan rambut yang baru. Selain itu, sampo ini juga dapat memelihara keseimbangan rambut dan kulit kepala. Semua itu karena sampo ini mengandung komposisi cocamide, lauryl betaine, biotin, cinchona calisaya bark extract, dan panthenol.

Dengan kelebihan silicone-free dan SLS-free, sampo tanpa SLS ini dijual dengan harga Rp 245 ribu saja. Sudah banyak tersedia di berbagai marketplace sehingga tidak sulit untuk didapatkan. Semakin mudah untuk mendapatkan rambut yang sehat, bukan?

Itu dia 7 rekomendasi sampo tanpa SLS. Ternyata sampo yang memiliki banyak busa tidak selamanya membuat rambut bersih. Kamu udah coba merk sampo yang mana aja, nih?

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Introvert

Editor

Penikmat buku dan perjalanan

CLOSE