Merasa Butuh ke Salon atau Spa di Masa Pandemi? Simak Dulu 5 Hal ini Baik-baik ya!

Salon dan spa saat pandemi

Haduh, udah lama banget nih nggak perawatan ke salon? Tapi masih pandemi, gimana ya?

Advertisement

Gimana SoHip, semenjak pandemi udah berapa lama nih nggak ke salon? Sabar ya, suka nggak suka sekarang ini kita memang masih ada di tengah situasi pandemi. Banyak banget aktivitas kurang mendesak yang harus kita pilah-pilah lagi, salah satunya pergi ke salon dan spa. Tempat ini berisiko banget lo karena aktivitasnya pasti melibatkan kontak fisik kayak massage, potong rambut, creambath, dan lain-lain. Lalu, gimana dong kalau ada sesuatu hal yang memang cuma bisa diselesaikan di salon?

Nah, berikut ini ada beberapa hal yang perlu kamu pastikan dulu nih sebelum memutuskan untuk pergi ke salon dan spa. Hipwee nggak menyarankan kamu saat ini pergi ke tempat-tempat berisiko saat ini, namun jika rasanya sangat mendesak mohon perhatikan hal-hal berikut ini dulu ya.

1. Pertama, kamu harus pastikan dulu nih salon yang mau kamu kunjungi juga menyediakan layanan home service salon atau nggak. Jika memungkinkan, kamu bisa memakai opsi jasa ini

Apakah ada layanan home service? | Photo by Anete Lusina from Pexels

Jangan terburu-buru, kamu bisa cek dulu apakah salon yang mau kamu kunjungi punya layanan home service? Kalau ada, kamu nggak perlu lagi deh ke luar rumah dan menanggung risiko bersinggungan sama banyak orang. Kamu hanya perlu memastikan bahwa karyawan salon dalam keadaan yang sehat dan sudah melakukan prokes ketat saat memberikan layanan home service di rumahmu. Kalau ternyata nggak ada, kamu bisa cek beberapa hal penting lainnya supaya bisa meminimalisir penyebaran virus.

Advertisement

2. Selanjutnya, kamu bisa memastikan salon yang bakal kamu kunjungi menyediakan tempat mencuci tangan atau handsanitizer yang layak

Pastikan ada fasilitas cuci tangan ya~ | Photo by RODNAE Productions from Pexels

Cek terlebih dahulu apakah salon tersebut menyediakan tempat mencuci tangan atau handsanitizer untuk para pengunjung. Hal ini penting karena pegawai salon pasti melakukan kontak fisik dengan orang-orang yang datang. Pastikan juga pegawainya selalu membersihkan tangan atau mengganti sarung tangan dengan rutin demi kesehatan bersama.

3. Sebisa mungkin pilih salon yang menerapkan protokol kesehatan dengan sangat ketat. Ini penting banget lo karena kamu bakal interaksi jarak dekat dengan orang lain~

Jangan lupa cek protokol kesehatannya ya | Photo by Nico Becker from Pexels

Setelah fasilitas cuci tangan, kamu bisa memastikan apakah salon tersebut menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Misal, membatasi jumlah pengunjung setiap harinya, menerapkan aturan reservasi kedatangan terlebih dahulu, melakukan pengecekan suhu tubuh sebelum masuk salon, aturan untuk saling jaga jarak antar pengunjung, dilarang berbicara, pengunjung wajib pakai masker, serta semua pegawai salon menggunakan masker 3 lapis, face shield, dan juga sarung tangan.

4. Cek juga apakah salon tersebut rutin membersihkan ruang perawatan yang dipakai bergantian dengan banyak orang?

Pastikan ruang perawatannya selalu dibersihkan | Photo by Matilda Wormwood from Pexels

Kebersihan ruang perawatan juga harus kamu perhatikan sebelum benar-benar datang ke salon atau tempat spa. Untuk di tempat spa, pastikan pegawai mengganti semua kain yang menjadi alas pijat, ruangannya punya sirkulasi udara yang baik, dan menyemprotkan cairan desinfektan secara rutin ke semua peralatan. Begitu juga dengan salon, pastikan semua alat yang dipakai untuk perawatan selalu dalam keadaan steril.

Advertisement

5. Kalau bisa sih, pilih salon yang bukan di area publik seperti mal, ya. Supaya kamu nggak terlalu banyak bersinggunggan sama orang lain!

Usahakan kunjungi salon yang bukan di area publik | Photo by Delbeautybox from Pexels

Sebisa mungkin sih pilih salon yang lokasinya cukup sepi, bukan di area publik kayak mal, ya. Lebih baik lagi kalau ada salon yang lokasinya dekat dari rumah dan punya fasilitas cukup, jadi kamu nggak perlu deh ke tempat yang ramai banyak orang.

Kalau memang bukan urusan yang mendesak, coba ditahan dulu deh pergi ke area publiknya. Kamu bisa lakukan perawatan sendiri di rumah menggunakan bahan-bahan yang dijual di minimarket atau e-commerce. Coba lakukan me time di rumah dengan creambath rambut sendiri sambil mendengarkan lagu-lagu yang menenangkan dan nyalakan wewangian aromaterapi. Rileksnya lumayan kok kayak ke salon dan spa~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE